PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MENGINAP DI GLAMPING TRIZARA RESORT

  • Superwiratni Superwiratni Jurusan Perhotelan, Akademi Pariwisata NHI Bandung
Keywords: Media Sosial Instagram, Geotag, Follow, Share, Like & Keputusan Tamu Menginap

Abstract

Kepopuleran media sosial instagram membuat para pelaku bisnis mendapatkan peluang yang efektif untuk mempromosikan produk dari usahannya. Trizara Glamping adalah salah satu akomodasi yang memanfaatkan instagram sebagai media promosi. Trizara glamping mengulas fasilitas glamping, produk yang dimiliki, berbagai promosi penjualan, dan segala aktifitas tamu yang dilakukan di instagram. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menganalisis mengenai pengaruh media sosial instagram terhadap keputusan tamu menginap di glamping Trizara Resort dengan variabel bebas dalam penelitian ini adalah media sosial instagram (X) yang terdiri dari beberapa dimensi yaitu Hastag (X1), Geotag (X2),Follow(X3), Share (X4), Like (X5), Komentar (X6), Mention (X7), sementara variabel terikat dalam penelitian ini adalah Keputusan Tamu Menginap (Y) yang terdiri dari Pengenalan Masalah, Pencarian Informasi, Evaluasi Alternatif, Keputusan Pembelian, Prilaku Pasca Pembelian. Responden penelitian ini adalah tamu keluarga, individu, dan grup. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Media sosial Instagram terhadap keputusan tamu menginap di Trizara Glamping, kategori baik. Dengan menggunakan uji atau pengujian secara parsial dimensi geotag,follow,share,like dan mention memiliki pengaruh secara signifikan sedangkan dimensi hastag dan komentar tidak berpengaruh secara signifikan. Pengujian dengan menggunakan uji F secara simultan atau bersama-sama seluruh dimensi Media sosial Instagram berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan tamu menginap.

References

[1] Adi, Bambang, Instagram Handbook. Jakarta : Media Kita, 2015
[2] Arikunto, Suharsimi, 2008. Prosedur Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
[3] Azwari, Saefuddin. 2007. Metode Penelitian. Yogya: Pustaka Pelajar.
[4] Belch, George E., Belch, Michael A. (2009) Advertising and Promotion: an Integrated Marketing Comunication Prerspective. 8 th Edition. New York: Mc Graw-Hill.
[5] Bojanic, David C. (2008). Houspitality Marketing Mix and Service Marketing.
[6] Buchory, Herry Achmad & Saladin. (2010). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
[7] Clow,K.E and Black, D.(2002)Integrated Advertising Promotion abd Marketing Communication. New Jersy: Pearson Education/ Prentice Hall.
[8] Djaslim, Saladin. (2007) Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung : CV. Linda Karya.
[9] Edith. (2015). TOP 10 Unique Glamping Types That Will Generate Your Wanderlust.
[10] Griffin, Ricky w. and Ronald J. Ebert. (2006). Bussiness Esentials. 8th Edition Prentice Hall.
[11] Glamping, S. (2017). Sandat Glamping Tents. Diambil kembali dari Sandat Glamping Tents
[12] Hasan, Ali. 2013. Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
[13] Hermawan Kartajaya. 2010. Brand Operation The Official MIM Academy course book. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
[14] Hurriyanti, Ratih. 2010. Bauran pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung Alfabetain,
[15] Husein, Umar. (2008).Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Ghalia Indonesia, ISBN: 979-450468-6.
[16] Husein, Umar. (2008).Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Ghalia Indonesia, ISBN: 979-450468-6.
[17] I. P. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.
[18] Nasrullah, Rulli. Media Sosial:PerspektifKomunikasi, Budaya, danSosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2015.
[19] Ridwan, 2008. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung Alfabeta
[20] Riduan (2010). Dasar-Dasar statistika. Bandung: Alfabeta.
[21] Rohmana, Rosev, 2014. Analisi Faktor-faktor Motivasi Wisatawan Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung ke Daya Tarik wisata Cibulan Kuningan.
[22] Lupiyoadi,Rambat, A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
[23] Sekaran, Uma, 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Edisi 4. Jakarta: Salemba
[24] Aditya, R. (2015). “Pengaruh Media SosialInstagramTerhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaru”. Pekanbaru: Jom FISIP Volume 2 No 2
[25] Anang Sugeng Cahyono, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu PolitikUniversitas Tulungagung(2016
[26] Dhita Widya Putri; Maulida De Mormes, “Analisis Strategi Perencanaan Pesan Pada Akun Instagram E-Commerce @thekufed” The Messenger Volume 9, No. 1(2017)
[27] Diambil kembali dari Top Inspired: http://www.topinspired.com/top-10- uniqueglamping-types-that-will-generate-your-wanderlust/
[28] Glamping rancabali.com (2017).Pinisi Resto dan Glamping lakeside Rancabali.http//nativainindonesia.com
[29] glamping.com. (2017). Glamping Types. Diambil kembali dari Glamping:
[30] https://www.glamping.com/glamping-types glampinghub.com. (2017). Types of Glamping. Diambil kembali dari Glamping Hub:
[31] Irwan Sahaja, “Pengertian Media Sosial, Manfaat, dan Jenisnya”, diakses dari http://irwansahaja.blogspot.com/2013/05/pengertian-media-sosial-manfaat-dan.html pada tanggal 10 Maret 2020 pukul 11:45
[32] Kasmari, MoechammadIrsyad. 2017. Analisis Tingkat Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Smartphone –Android. Dinamika Tekhnik. Vol. X, No.1, 50-66
[33] Lodge, G. L. (t.thn.). Glamping Legok Kondang Lodge. Diambil kembali dari Glamping Legok Kondang: www.legok-kondang.com/Mahadewi,https://www.researchgate.net/publication/324007889_NOMADIC_TOURISM_WISATA_PENDIDIKAN_DIGITALISASI_DAN_WISATA_EVENT_DALAM_PENGEMBANGA
[34] Permatasari ,Gita. 2006. Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai MediaPromosi Produk Olahan Pertanian “Yoghurt Cimory” . Departemen Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, Bogor.
[35] Perhotelan, I. (2013, April). Dipetik Mei 10, 2017, dari Perhotelan dalam Kepariwisataan: Puguh Kurniawan, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh” Kompetensi, Vol. 11, No. 2 (2017)
Published
2021-03-28
How to Cite
Superwiratni, S. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MENGINAP DI GLAMPING TRIZARA RESORT. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2409-2430. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.487
Section
Articles