PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

  • Nurul Aufa Dosen STIT Hamzah Fansuri Kota Subulussalam
  • Cut Morina Zubainur Dosen FKIP Matematika Unsyiah
  • Said Munzir Dosen MIPA Matematika Unsyiah
Keywords: Perangkat Pembelajaran, model Missouri Mathematics Project & software GeoGebra

Abstract

 Matematika penting diajarkan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Pembelajaran matematika tidak cukup diajarkan dengan mencatat dan contoh-contoh saja, akan tetapi harus diikuti dengan mengerjakan latihan-latihan tentang materi yang sudah diajarkan. Kurikulum 2013 mengamatkan untuk mengintegrasikan ICT dalam pembelajaran, salah satunya pada materi matriks. Matriks merupakan salah satu materi matematika yang dirasakan sulit oleh siswa, siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan matriks. Hal ini disebabkan guru hanya memberikan contoh-contoh saja dan kurangnya menggunakan latihan-latihan dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dalam masalah ini adalah model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep yaitu model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Model pembelajaran MMP merupakan suatu program yang didesain untuk membantu guru dalam hal efektivitas penggunaan latihan-latihan agar siswa mencapai peningkatan pemahaman konsep. Pelaksanaan model pembelajaran MMP dapat lebih maksimal dengan memanfaatkan ICT dalam pembelajaran seperti software GeoGebra, namun hingga saat ini belum tersedia ide dan cara mengajar yang mengintegrasikan ICT dalam pembelajaran matematika yang dapat digunakan guru. Sedangkan kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran yang mengintegrasikan ICT masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas tahap investigasi awal, tahap perancangan, dan tahap penilaian. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 2 Subulussalam. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh perangkat pembelajaran Model MMP berbantuan Software GeoGebra dikatakan valid terlihat dari hasil validasi menunjukkan kreteria valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakan praktis terlihat dalam rekomendasi validator bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi dan keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 5 tergolong kriteria sangat baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakan efektif terlihat dari rata-rata aktivitas on task siswa baik, rata-rata aktivitas siswa juga baik, adanya peningkatan skor tes formatif, guru dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan perangkat pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model MMP berbantuan software GeoGebra yang terdiri atas materi ajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar (THB) memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

References

[1] Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rieneka Cipta.
[2] NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). (2008). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
[3] Faradhila, N., Sujadi, I., & Kuswardi, Y. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri mathematics Projecs (MMP) pada materi pokok Luas Permukaan serta Volume Prisma dan Limas ditinjau dari kemampuan Spasial siswa kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 67-74.
[4] Sutarman, dkk. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Think Talk Write dan Missouri mathematics Projecs (MMP) ditinjau dari gaya Belajar Siswa kelas VII SMP Negeri diKabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(10), 1008-1030.
[5] Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra, Tersedia: www.geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf.
[6] Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik, dan Metodelogi Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: SUKSES offset.
[7] Trianto, (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.
[8] Novianti, S., Kartono, dan Suhito. (2014). Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Project pada Kemampuan Komunikasi Lisan Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Kreano, ISSN:2086-2334 Vol.5 No.2.
[9] Rohani, Ahmad. (2004). Pengelolaan pengajaran dikelas. Jakarta: Rineka Cipta.
[10] Suhendar, Narlan. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa Dengan Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Skrispsi.Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
[11] Muchtar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Modification Action, Process, Object, Schema (M-APOS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
[12] Rengganis, Willy. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas VII Antara Pembelajaran Model NHT dan Make A Match. Skrispi. Semarang: UNNES.
[13] Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Allfabeta.
[14] Plomp, T. (2013). Educational and Training System Design. Enschede. Netherlands: Univercity of Twente.
[15] Nieveen, Nienke. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In Jan Van den Akker, R.M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen & Tj. Plomp (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training (pp 125 – 135) Kluwer Academic Publishers, Dordrecht, the Nederlands.
[16] Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R dan D. Bandung: Alfabeta.
[17] Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
[18] Kemp, Jerrold.E, Morisson, Gary.R, dan Ross, Steven. M. (1994). Designing Effective Instruction. New York: Macmillan College Publishing, Inc.
[19] Rangkuti, F. (2004). Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
[20] Royan, F. M. (2004). Marketing Selebriti “Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti Dalam Memasarkan Diri Sendiri". Jakarta: Alex Media Komputido.
[21] Royan, F. M. (2004). Marketing Selebriti “Selebriti dalam Iklan dan Strategi". Jakarta: Alex Media Komputindo
Published
2021-03-28
How to Cite
Aufa, N., Zubainur, C., & Munzir, S. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2377-2394. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.484
Section
Articles