STRATEGI EL-PSIKA DALAM MENGHADAPI MULTIKULTURAL PERSONALITY SANTRI TARBIYATUL MUALLIMIN AL-ISLAMIYAH (TMI) PUTRA AL-AMIEN PRENDUAN

  • Syahrir Ridho Program Studi Bimbingan & Penyuluhan Islam, Institut Dirosat Islamiyan Al-Amien Prenduan
  • Heri Fadli Wahyudi Program Studi Bimbingan & Penyuluhan Islam, Institut Dirosat Islamiyan Al-Amien Prenduan
Keywords: Strategi, Multikultural & Santri

Abstract

Multikultural adalah keberagaman budaya masyarakat yang bertujuan untuk menciptakan suatu kenyamanan dalam membentuk persatuan dan kesatuan yang utuh. Keberagaman budaya yang ada di Indonesia itu sangat banyak, begitu pula dengan Pondok Pesantren Tarbiyatul Muallimin Al-Islamiyah (TMI) Putra Al-Amien Prenduan, sehingga dengan keragaman budaya yang dibawa oleh para santri harus di hilangkan sejenak, karena harus mengikuti sistem pendidikan dan kebudayaan yang berada di Al-Amien prenduan, hal tersebut menuntut para santri untuk beradaptasi secara baik dalam budaya yang ada di pesantren Al-Amien. Tujuan penelitian ini adalah agar bisa tahu tentang cara-cara yang dilakukan El-Psika untuk mengatasi keragaman budaya santri yang ada di Al-Amien, dan bisa membimbing mereka agar bisa tahu budaya yang ada di Al-Amien. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik berupa teknik wawancara, observasi, dokumentasi dalam pengambilan datanya. Adapun teknik pengecekan keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah melakukan triangulasi. Dari hasil penelitian tersebut adalah santri yang masih baru harus bisa beradaptasi dengan budaya yang berada di Al-Amien, karena Al-Amien sudah mempunyai aturan-aturan yang wajib diikuti oleh semua santri. Mengenai tentang strategi El-Psika jikalau menangani suatu kasus dari seorang santri yaitu dengan melakukan penyadaran, pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut

References

[1] Amirullah Khaliq, Bagus. Strategi El-Psika Dalam Menghadapi Santri, January 24, 2021. Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.
[2] Ariswanti Triningtyas, Diana. Konseling Lintas Budaya. Cet Ke 1. Magetan: CV. AE Media Grafika, 2019.
[3] Azmi, Rafida, and Anisia Kumala. “Multikultural Personality Pada Toleransi Mahasiswa.” Jurnal Tazkiya 7, No. 1 (2019): 1–10.
[4] Azmi, Zul, Abdillah Arif N, and Wardayani. “Memahami Penelitian kualitatif Dalam Akuntansi.” Jurnal Ilmu Akuntansi 11, No. 1 (2018): 160–68.
[5] Azzuhri, Muhandis. “Konsep Multikulturalisme Dan Pluralisme Dalam Pendidikan Agama.” Jurnal Forum Tarbiyah 10, No. 1 (June 2012): 13–29.
[6] Fitrah, and Luthfiyah. Metode Penelitian, Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, Study Kasus. Sukabumi: CV. Jejak, 2017.
[7] Halimatussa’diyah. Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Cet Ke 1. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2020.
[8] Hanafy, Sain. “Pendidikan Multikultural Dan Dinamika Ruang Kebangsaan.” Jurnal Diskursus Islam 3, No. 1 (2015): 119–39.
[9] Haryadi, Rudi. “Interelasi Kompetensi Profesional, Multikultural, Dan Efikasi Diri Konselor Sekolah.” Jurnal Bimbingan dan Konseling 17, No. 2 (December 2020): 33–42.
[10] M. Luddin, Abu Bakar. Dasar-Dasar Konseling Tinjauan Teori Dan Praktik. Cet Ke 1. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2010.
[11] Nofriansyah, Deny. Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2018.
[12] Rahayu, Mustaghfiroh. “Keragaman di Indonesia Dan Politik Pengakuan (Suatu tinjauan Kritis).” Jurnal Pemikiran Sosiologi 4, No. 2 (August 2017): 1–18.
[13] Ridwan. “Problematika Keragaman Kebudayaan Dan Alternatif Pemecahan.” Jurnal Madaniyah 2, No. 9 (August 2015): 254–56.
[14] Sarinah. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Cet Ke 1. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2019.
[15] Subandi. “Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan.” Jurnal Harmonia 11, No. 2 (December 2011): 173–79.
[16] WARKAT PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN, 2020.
[17] Yaqin, Ainul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: LKiS, 2019.
Published
2021-03-28
How to Cite
Ridho, S., & Wahyudi, H. (2021). STRATEGI EL-PSIKA DALAM MENGHADAPI MULTIKULTURAL PERSONALITY SANTRI TARBIYATUL MUALLIMIN AL-ISLAMIYAH (TMI) PUTRA AL-AMIEN PRENDUAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2369-2376. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.483
Section
Articles