IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LITERASI OLEH YAYASAN RUNSRAM DI SD INPRES SAWAI BIAK- PAPUA
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendalami pelaksanaan implementasi pendidikan literasi oleh Yayasan Rumsram di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Yayasan Rumsram sebagai fasilitator pendampingan guru di SD Impres Sawai Biak- Papua. Subjek penelitian adalah Direktur Yayasan Rumsram, Fasilitator Rumsram, Guru, dan Peserta Didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan implementasi pendidikan literasi oleh Yayasan Rumsram di SD Impres Sawai Biak- Papua berada pada tahap pembiasaan. Upaya-upaya yang dilakukan oleh Yayasan Rumsram pada sekolah dalam melaksanakan implementasi pendidikan literasi sekolah adalah: 1) (Kesadaran Cetak (Siap membaca) ), 2) (Fonologi), 3)(Pengetahuan Alphabet), 4) (Fonik), 5) (Pemahaman), 6) (Kosa Kata), 7) (Berbicara), 8) (Tata Bahasa), 9) (Menulis).Dengan demikian, implementasi pendidikan literasi di SD Impres Sawai Biak- Papua perlu ditingkatkan ke tahap pengembangan dengan melibatkan berbagai pihak.
References
[2] Moleong, L. J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
[3] Puspita, G. A., & Irwansyah, I. (2018). Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia: Studi Kasus Pembaca E-Book Melalui Aplikasi iPusnas. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 13–20. https://doi.org/10.17977/um008v2i12018p013
[4] Vera Yulinda , Reno Fernandes. 2019. Jurnal Implementasi Pendidikan Literasi Intrakurikuler Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan, PT Universitas Negeri Padang
[5] Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(No.2). https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
[6] Yulisa Wandasari. 2017. Jurnal Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter