POSITIONING AKADEMI PARIWISATA NHI BANDUNG BERDASARKAN PERSEPSI SISWA-SISWI SMK PROGRAM PERHOTELAN DI KOTA BANDUNG
Abstract
Akademi Pariwisata NHI Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang kepariwisataan, peneliti melakukan penelitian dengan judul Positioning AKPAR NHI Bandung berdasarkan pada persepsi siswa-siswi SMK Perhotelan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Mengetahui posisi AKPAR NHI Bandung berdasarkan pemetaan persepsi siswa-siswi SMK Program Perhotelan dan Mengetahui pesaing terdekat AKPAR NHI Bandung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Kesimpulan dari penelitian ini dimana Positioning AKPAR NHI berdasarkan pemetaan persepsi siswa-siswi SMK Program Perhotelan di Kota Bandung terdiri dari 5 (lima) atribut yaitu produk, harga, fasilitas, citra dan pelayanan. Pada Atribut produk Akpar NHI Bandung berada pada posisi skor tertinggi. Pada Atribut harga Akpar NHI Bandung berada pada posisi ketiga setelah Akparindo dan Akpar BSI. Pada Atribut fasilitas AKPAR NHI Bandung berada pada posisi tertinggi dan Pada Atribut citra AKPAR NHI Bandung berada pada posisi tertinggi, sedangkan pada Atribut pelayanan AKPAR NHI Bandung berada pada posisi tertinggi, dan Pesaing terdekat AKPAR NHI Bandung yaitu Akpar Sandy Putra pada Produk yang tinggi dengan Harga yang rendah, Akparindo pada Fasilitas yang tinggi dengan pelayanan yang tinggi, dan Akpar BSI pada citra yang tinggi dengan pelayanan yang tinggi
References
[2] Kotler, Philip (2000). Prisnsip- Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
[3] Durianto, D.,Sugiarto & Sitinjak, T, (2004). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
[4] Kasali, Rhenald.(1992). Manajemen Periklanan. Pustaka Utama Garfiti. Jakarta.
[5] Aeker, David A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value OF A Brand Name. New York: The Free Press.
[6] Belch, E George & Michael A Belch. (2007). Advertising and Promotion “An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: McGraw-Hill/Irwin.
[7] Hurriyati, Ratih. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
[8] Rambat, Lupiyoadi, dan A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi, Kedua. Jakarta; Salemba Empat.
[9] Rakhmat, Djalaludin. (2001). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
[10] Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi,(2006), Metode Penelitian Survei (Editor), LP3ES, Jakarta.
[11] Bimo, Wlgito. (2001). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.
[12] Kotler, (1992). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT Midas Surya Grafindo.
[13] Dermawan, Wibisono. (2005). Riset Bisnis: Panduan bagi Praktisi dan Akademisi. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
[14] Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta
[15] Danial dan Wariah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
[16] Ridwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
[17] Moleong, Lexy J. (1991). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.