DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM (STUDI KASUS UMKM ZEA FOOD DI KOTA MATARAM)

  • Sharfina Nabilah Universitas Mataram
  • Muhammad Nursan Universitas Mataram
  • Pande Komang Suparyana Universitas Mataram
Keywords: Covid-19, UMKM, Strategi

Abstract

Artikel ini difokuskan pada dampak Covid-19 terhadap UMKM serta strategi yang digunakan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan omset penjualan dimasa pandemic Covid-19. Metode penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengambilan data berupa wawancara langsung kepada pemilik usaha Zea Food dan dari beberapa sumber jurnal lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pandemic Covid-19 terhadap UMKM Zea Food cukup tinggi, yaitu terjadi peningkatan omset penjualan sebesar 60 persen dimasa pandemic Covid-19. Hal ini disebabkan karena Zea Food menggunakan digital marketing untuk melakukan promosi penjualan produknya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh UMKM untuk bertahan serta meningkatkan omset penjualannya dimasa pandemic, antara lain dengan e-commerce, digital marketing, peningkatan kualitas produk dan pelayanan, serta CRM.

References

[1] Badan Pusat Statistik. (2021). Ekonomi Indonesia Triwulan I 2020 Tumbuh 2.97 Persen. Jakarta: Badan Pusat Statistik. URL: https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1736/ekonomi-indonesia-triwulan-i-2020-tumbuh-2-97-persen.html
[2] Chaerani, D., Talytha, M.N., Perdana, T., Rusyaman, E., Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, Vol.9 (No.4).
[3] Hardilawati, W.L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol.10 (No.1).
[4] Ihza, K.N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Umkm Ikhwa Comp Desa Watesprojo, Kemlagi, Mojokerto). Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1 (No.7).
[5] Kusumastuti, A.D. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Bisnis UMKM dalam mempertahankan Business Continuity Management (BCM). eJournaal Administrasi Bisnis, Vol.8 (No.3).
[6] Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2016). E-commerce 2016: business. technology. society. In Global Edition. www.pearsonglobaleditions.com
[7] Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah, No.93. Sekretariat Negara. Jakarta.
[8] Suryani E. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Umkm (Studi Kasus : Home Industri Klepon Di Kota Baru Driyorejo). Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 (No.8).
[9] Susilo, A., Rumende, C.M., Pitoyo, C.W., Santoso, W.D., Yulianti, M., Herikurniawan., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E.J., Chen, L.K., Widhani, A. WIjaya, E., WIcaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C.O.M., Yunihastuti, E., (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, Vol.7(No.1).
Published
2021-04-28
How to Cite
Nabilah, S., Nursan, M., & Suparyana, P. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM (STUDI KASUS UMKM ZEA FOOD DI KOTA MATARAM). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2655-2660. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.438
Section
Articles