PENGARUH GAYA MENGAJAR INKUIRI DAN KOMANDO TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR

  • Afwa Raufi Pendidikan Olahraga, STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
Keywords: Gaya Inkuiri, Gaya Komando & Keterampilan Gerak Dasar

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan terlihat bahwa peserta didik Sekolah Dasar Negeri 159/III Semumu Kecamatan Devati VII Kabupaten Kerinci memiliki keterampilan gerak dasar yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya mengajar terhadap keterampilan gerak dasar Peserta didik Sekolah Dasar Negeri 159/III Semumu Kecamatan Devati VII Kabupaten Kerinci. Secara khusus untuk mengungkap efektifitas antara gaya mengajar inkuiri dan komando pada keterampilan gerak dasar kelas V dan VI. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan the two group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh Peserta didik yang berada pada tahun ajaran 2016/2017 di Sekolah Dasar Negeri 159/III Semumu Kecamatan Devati VII Kabupaten Kerinci. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini digunakan teknik Stratafied Sampling sehingga 34 Peserta didik di tetapkan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan. Data dianalisis menggunakan Uji t. Hasil temuan menyimpulkan, (1) gaya mengajar inkuiri berpengaruh signifikan terhadap keterampilan gerak dasar Peserta didik dengan thitung = 8,46 > t tabel = 2,12, (2) gaya mengajar komando berpengaruh signifikan terhadap keterampilan gerak dasar Peserta didik dengan thitung = 8,90 > t tabel = 2,12, dan (3) gaya mengajar inkuiri lebih efektif dari gaya mengajar komando terhadap gerak dasar Peserta didik dengan thitung  = 2,46 > t tabel 2,12.

References

[1] Abdul K.A. 1992. Asas Dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud
[2] Adisasmita, Y. 1989. Hakikat, Filsafat Dan Peranan Pendidikan Jasmani Dalam Masyarakat. Jakarta: Depdikbud.
[3] Alnedral. 2008. Strategi Spektrum Gaya Pengajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Padang: UNP Press
[4] ------------2015. Strategi Pembelejaran Pjok. Yogyakarta:Andi
[5] Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
[6] Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) DEPDIKNAS R.I. (2005) Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Jakarta: Depdiknas R.I
[7] Bakhtiar,S.1995, Perkembangan Motorik Anak-Anak Dan Faktor Yang Mempengaruhinya (Artikel Yang Dimuat Dalam Jurnal Forum Pendidikan No:03, Tahun Xx-1995), Padang: IKIP Padang Press.
[8] ------------1999. Kemampuan Gerak Dasar Pelajar Sekolah Dasar Negeri Kota Padang (Laporan Penelitian), Padang: IKIP Padang.
[9] ------------2015, Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP Press
[10] Gallahue. 1989. Understanding Motor Develovment Infants, Children Adolescent. New York: Macmilan Publishing Company.
[11] Gusril, 2003. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Madya Padang”, Jakarta:PPs Universitas Negeri Jakarta.
[12] ------------2008. Model pengembangan Motorik Pada Siswa Sekolah Dasar. Padang: UNP Press
[13] ------------2009. Perkembangan Motorik Pada Masa anak-anak. Padang:UNP Press
[14] Husdarta, 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
[15] Kiram, Y. 2000. Belajar motorik. Jakarta: Dirtjendikti, Depdikbud.
[16] Kusmaedi, dan Husdarta. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
[17] Maidarman. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani.
[18] Mosston, M and Ashwort, . 1994. Teaching Physical Education. New York: Macmilan Collage Publishing Education.
[19] ------------2002. Teaching Physical Education- 5th ed. New york: McMillan Collage Publishing.
[20] Metzler, Michael W. 2005. Intructional Models For Physical Education. Georgia
[21] Pangrazi, Robert. 2007. Dynamic Phyisical Education For Elementary School Children, (15th ed.) San Francisco: Pearson Benyamin Cummings.
[22] Rahuyu, Trisna E. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
[23] Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Sagala,
[24] Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran, Untcuk Membantu Memecahkan Problema Belajar Dan Mengajar, Alfabeta. Bandung.
[25] Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Beroientasi Standar Proses Pendidikan.
[26] Syahara. 2011. Pertumbuhan & Perkembangan FISIK-MOTORIK. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Press.
[27] Syarifudin, A Dan Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.
[28] Ulrich, D. A. 2000. The Test of Gross Motor development (2nd ed). Austin, TX: Pro-ed.
[29] Umar. 2014. Fisiologi Olahraga. Padang: UNP Press
[30] Undang-undang no 3 tahun 2005, 2012. Sistem Keolahrgaan Nasional. Jogjakarta: Buku Biru.
[31] Undang-undang No 20 tahun 2003, 2012. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional
[32] Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara. Jakarta.
[33] Winarno. 2005. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Published
2021-02-24
How to Cite
Raufi, A. (2021). PENGARUH GAYA MENGAJAR INKUIRI DAN KOMANDO TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2191-2198. https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.420
Section
Articles