PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Dian Kencana Sari Pasca Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Fauzan Dosen Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Padang
  • Nurhizrah Gistituati Dosen Administrasi Ilmu Pendidikan, FIP Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil Belajar, LKPD & Problem Based Learning

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian pengembangan ini adalah kurangnya penguasaan matematika dan kemampuan befikir matematis dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagai pendukung proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari LKS pada pelajaran matematika yang digunakan guru belum didasarkan pada karakteristik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 08 Tabek Panjang Kecamatan Baso dengan subjek penelitian adalah peserta didik  kelas V berjumlah 15 siswa.  Analisis data dalam penelitian ini adalah secara statistik deskriptif dan teknik deskriptif.  Hasil penelitian terlihat bahwa hasil belafar siswa dengan menggunakan LKPD berbasis Pendekatan Problem Based Learning menunjukkan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal tergolong tinggi yaitu 86,67%. Dapat disimpulkan bahwa  dengan menggunakan LKPD berbasis Pendekatan Problem Based Learning dapat dietrapkan untuk peserta didik  di kelas V

References

[1] Arnawa, I. M., Yerizon, Nita, S., & Putra, R. T. (2019). Development of students’ worksheet based on apos theory approach to improve student achievment in learning system of linear equations. International Journal of Scientific and Technology Research.
[2] Fauzan, A. (2002). Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary Schools (Disertasi Doktoral). In Thesis University of Twente, Enschede. - With refs. - With summary in Ducth. University of Twente, Enschede.
[3] Fitria, Y., Hasanah, F. N., & Gistituati, N. (2018). Critical Thinking Skills of Prospective Elementary School Teachers in Integrated Science-Mathematics Lectures. Journal of Education and Learning (EduLearn). https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.9633
[4] Made, I., Citra, A., & Hadi Nasbey, W. (2015). Improvement of Learning Process and Learning Outcomes in Physics Learning by using Collaborative Learning Model of Group Investigation at High School (grade X, SMAN 14 Jakarta). Journal of Education and Practice.
[5] Oktadela, R., Mukhaiyar, Gistituati, N., & Amri, Z. (2020). Developing problem based learning / PBL model based on character. International Journal of Scientific and Technology Research.
[6] Purnawati, S., Fauzan, A., & Rasidin, S. (2019). Contextual Learning Styles-Based Approach to Improve Mathematics Learning Outcomes In Primary School. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.18
[7] Rahmat, H., & Arnawa, I. M. (2019). Development of learning media based on interactive multimedia in mathematics learning for class viii junior high school in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research.
[8] Sinurat, R. T., & Daulay, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Kompleks Kelas XI SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa. https://doi.org/10.24114/kjb.v6i2.10822
[9] Sunuyeko, N., Lani, A., & Wahyuni, L. (2016). Analisis kebutuhan guru dalam pengimplementasian kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar.
[10] Yulia, N., & Miaz, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash CS6 Pada Materi Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitarku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.42
[11] Zulfah, Fauzan, A., & Armiati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Matematika Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika.
Published
2021-02-24
How to Cite
Sari, D., Fauzan, A., & Gistituati, N. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2171-2176. https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.417
Section
Articles