PENGARUH TANGIBLES, RELIABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE DAN EMPATHY TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KOPERINDAG MENTAWAI

  • Jasmalinda Jasmalinda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen, STIE Perdagangan
Keywords: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy & Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan mutu pelayanan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang baik harus tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan melalui bimbingan teknis, pelatihan, studi banding dan menjalin kerja sama dengan perusahaan yang menggunakan pelayanan dari unit layanan pengujian lingkungan kerja/pemeriksaan kesehatan tenaga kerja.Untuk peningkatan kecepatan pelayanan dengan menambah jumlah peralatan yang digunakan untuk melakukan pengujian/pemeriksaan,  sehingga permintaan pengujian/pemeriksaan dapat terlayani dengan cepat yang disertai dengan meningkatkan ketelitian di dalam pelaksanaan pengujian/pemeriksaan.

References

[1] Achmad. 2009. Perilaku Organisasi : konsep dan dasar aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
[2] Arikunto. 2012. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
[3] Ashari. 2005. Koperasi : Teori dan Praktik : Erlangga.
[4] Azwar. 2005. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pelayanan Publik :Studi Kasus Implementasi Program Audit Sosial di LOD DIY. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
[5] Aryani, Dwi dan Rosinta, Febrina. 2010. Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Kesetiaan Pelanggan. Jurnal Online, diakses 29 Maret 2013.
[6] Dwi Aryani dan Febrina Rosinta. 2010. Jaminan Kualitas Pelayanan Konsumen.
Penerbit Liberty, Yogyakarta.
[7] Fransisca Andreani. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Penerbit Pustaka
Belajar.
[8] Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan
Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
[9] I Gusti Nyoman Kaler Saputra dan I Wayan Wardita. 2010. Restoran dan Segala Permasalahannya. Edisi IV. Yogyakarta : Andi Offset.
[10] Indriantoro dan Supomo dalam Puspasari. 2013. Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Ekonomi UNY.
[11] Irawan. 2012. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta.
[12] John Mahendra Istianto dan Maria Josephine. 2011. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta. Salemba Empat.
[13] Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa, Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
[14] Lupiyoadi. 2012. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Salemba Empat.
[15] Margaretha. 2012. Kualitas Pelayanan :Teori Aplikasi. Penerbit Mandar Maju, Jakarta.
[16] Martul. 2014. Implementasi Dimensi Kualitas Pelayanan Konsumen. Penerbit Sinar Grafika, Jakarta.
[17] Moeheriono. 2009. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta.
[18] Narimawati. 2012. Bekerja Sama Dengan Kolega Dan Pelanggan. Bogor : Yudhistira.
[19] Nasution dalam Damastria. 2011. Manajemen Kualitas Pelayanan. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Belajar.
[20] Parasuraman. 2012. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York.
[21] Puspasari. 2013. Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer Pada Motif,
[22] Tujuan dan Keinginan Konsumen. Edisi Revisi, Cetakan ke-4. Jakarta: Kencana.
[23] Rofiatun dan Masluri. 2011. Manajemen Pelayanan : Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta, CV.
[24] Santoso dan Ashari. 2005. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
[25] Sakaran. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA.
[26] Slovin. 2013. Perilaku Konsumen. Surabaya : Pustaka Utama.
[27] Subagyo. 2010. Marketing In Business Studi Kasus UMK & LKM (Usaha Mikro Kecil & Lembaga Keuangan Mikro). (Edisi Pertama). Jakarta : Mitra Wacana Media.
[28] Sunyoto. 2004. Jminan Kualitas Pelayanan Konsumen. Penerbit Liberty, Yogyakarta.
[29] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA.
[30] Sriwidodo dan Budhi, Agus. 2010. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
[31] Sri Hardiati dan Sari Ruci. 2010. Analisis Statistim dengan Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta : Andi.
[32] Stemvelt. 2004. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan Pertama. Yogyakarta : CAPS (Center For Academic Publishing Service).
[33] Tjiptono dan Chandra. 2014. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta : Andi.
[34] Tjiptono. 2012. Kualitas Pelayanan Organisasi, Yogyakarta : Andi.
[35] Umar. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
[36] Zeithaml dan Berry. 2012. Competency Management : Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi Untuk Menigkatkan Kualitas Pelayanan Organisasi. Penerjemah : Octa Melia Jalal. Jakarta : PPM
Published
2021-02-24
How to Cite
Jasmalinda, J. (2021). PENGARUH TANGIBLES, RELIABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE DAN EMPATHY TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KOPERINDAG MENTAWAI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2157-2164. https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.416
Section
Articles