P PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS TEKNIK PEMBELAJARAN FISH BOWL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA MADRASAH

  • revi dahlianti uin suska riau
  • Rian Vebrianto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Buku Saku, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Buku saku merupakan yang dirancang demi meningkatkan kemampuan berfikir kritis serta percaya diri siswa. Pada masa ini, teknologi dan maklumat berkembang pesat dalam arus globalisasi yang mempengaruhi cara dan teknik serta menjadi cabaran dalam pelaksanaan proses pengajaran dan pembelajaran. Inovasi media pengajaran merupakan komponen penting dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Objektif kajian ini adalah untuk mereka bentuk, membangun dan mengesahkan suatu media pembelajaran sains yang diberi nama buku saku. Dalam kajian ini dilibatkan sebanyak 2 orang pakar, 2 orang guru matapelajaran IPA dan sebanyak 10 orang siswa sekolah dasar. Kajian ini menggunakan kaedah tinjauan, instrumen dalam kajian ini berupa soal selidik penilaian Buku Saku. Kajian ini menunjukkan bahawa buku saku pengajaran Buku Saku boleh dikekalkan dan digunakan dalam proses pengajaran dan pembelajaran di pembelajaran IIPA. Diharapkan dengan adanya instrumen penilaian buku saku pengajaran ini boleh menghasilkan media pengajaran Buku Saku yang berkesan dalam pengajaran dan pembelajaran inovatif dan efesien.

References

Agung, A. A. Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Pramudita, W., & Anugraheni, I. (2017). Studi Penguasaan Matematika Dan Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 70-82.

Prasasti, Ratna Yeni, dkk. 2012.”Pengembangan Insrumen Asesmen Berpikir Kritis Melalui Membaca untuk Siswa SD/MI”. Jurnal Universitas Malang
Safitri, A. (2015). Probing Prompting Method in Rising The Critical Thingking Ability's Student Of Elementary School in IPS Learning .

Salam, B. 2002. Pengantar pedagogik (dasar-dasar ilmu mendidik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudiarta, I G. P. 2008. Membangun kompetensi berpikir kritis melalui pendekatan open-ended. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Graha Ilmu.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yuliariatiningsih, Margaretha & Dede Margono. (2009). Pendidikan IPA di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Kampus Cibiru
Published
2021-04-28
How to Cite
dahlianti, revi, & Vebrianto, R. (2021). P PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS TEKNIK PEMBELAJARAN FISH BOWL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA MADRASAH. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2601-2608. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.399
Section
Articles