PENGEMBANAGAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIOLINGUISTIK BERBASIS HYBRID LEARNING MELALUI BORG AND GALL MODEL PADA MAHASISWWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS JAMBI 2019/2020

  • Andiopenta Andiopenta Jurusan PBS FKIP Universitas Jambi
  • Aripudin Aripudin Jurusan PBS FKIP Universitas Jambi
Keywords: Pengembangan Model, Hybrid Learning & Sosiolinguistik

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran Hybrid learning dalam pembelajaran sosiolinguistik pada mahasiswa pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi 2019/2020. Metode penelitian menggunakan model Borg and Gall melalui sepuluh langkah. Subjek penelitian 30 yang diambil dari populasi mahasis prodi pendidikan Bahasa Indonesia semster genap 2019/2020. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan persentase, mean, dan uji-t. Hasil penelitian validasi dari ahli I dan II terhadap rancangan model hybrid learning adalah  rata-rata 4.34 kategoori sangat baik. Hasil Uji lapangan I; parates rata-rata 6,17 dan posttes 6.60. Uji lapangan II parates rata-rata 6,63 dan posttes 7.65. Uji lapangan III parates rata-rata 6,72 dan posttes 7. 69. Hasil uji beda melalui Uji-t pada motivasi belajar t-hitung 9.254, kreativitas mahasiswa 9.796, dan hasil belajar 9.840 dan ternyata t-hitung > t-tabel 2.136 terbukti ada perbedaan secara signifikan sebelum menggunakan model dan setelah menggunakan model hybrid learning. Kesimpulan penelitian bahwa model hybrid learning ang dikembangkan dalam penelitian ini  efektif digunakan dalam pembelajaran sosiolinguistik pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi

References

[1] Chaer, Abdul dan Leoni Agustina, (2010). Sosiolonguistik. Angkasa, Bandung.
[2] Cherswell, Jhon W. (2012). Educational Research; Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative, and Qualitative Research. Boston USA; Pearson.
[3] Huda, Mitahul. (2013). Model-model poengajaran dan Pembelajaran, Isyu isyu Metodis dan Pragmatis, Yogyakarta, Penerbit Pustakia Pelajar.
[4] Nurhayati. (2009). Pengembangan Silabus Bahasa Indonesia untuk SMP. Disertasi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
[5] Park, Jongwon, at all. (2015). Development and Application of The Practical On-Site Cooperation Model (POCOM) for Improving Science Teaching in Secondary Scools. Journal of Baltic Science Education, Edisi February, Vol.14:1, hal;45-63.
[6] Prastowo, Andi. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif; Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta, Penerbit Diva Press.
[7] Putra, Nusa. (2013). Research Development; Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta, Penerbit Radjagrafindo Persada.
[8] Rusman. (2012). Model Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesional Guru; Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Jakarta, Penerbit PT. Radjagrafindo.
[9] Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan.Jakarta, Penerbit PT. Prenada media Group.
[10] Soedjaatmiko. (2010). Menjadi Bangsa yang Terdidik.Jakarta, Penerbit Kompas.
[11] Suyitno, Imam. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Analisis Kebutuhan Belajar. Jurnal Wacana Volume 9 No.1 Edisi April hal;62-78.
[12] Trianto. (2004). Pengembangan Model Bahan Ajar; Penelitian dan Pengembangan Model bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SLTP Sebagai Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Disertasi, Program Pascasarjana Univeritas Negeri Jakarta.
[13] Yusuf, A. Muri. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan; Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jaakarta, Penerbit Prenada Media.
Published
2021-01-28
How to Cite
Andiopenta, A., & Aripudin, A. (2021). PENGEMBANAGAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIOLINGUISTIK BERBASIS HYBRID LEARNING MELALUI BORG AND GALL MODEL PADA MAHASISWWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS JAMBI 2019/2020. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 2011-2018. https://doi.org/10.47492/jip.v1i9.395
Section
Articles