ANALISIS WACANA KRITIS BERITA KONFLIK DI MEDIA AMBON EKSPRES DAN SIWALIMA

  • Muhammad Iqbal Husein Ilmu Komunikasi, Universitas Pattimura
  • Marno Wance Ilmu Pemerintahan, Universitas Pattimura
Keywords: Wacana Kritis, Struktur Makro, Kelompok Agama & Struktur Mikro

Abstract

Artikel pada penelitian ini melihat analisis wacana kritis berita konflik di media Ambon Ekspres dan Siwalima. Metode deskriptif kualitatif untuk melakukan wawancara secara langsung di dua media. Adapun hasil analisis penelitian keenam teks berita di Harian Ambon Ekspres dan Siwalima, ditemukan, ideologi kelompok atau agama masih terlihat dari setiap konstruksi berita yang dimuat kedua koran ini. Hal ini juga teridentifikasi dalam Struktur Makro, Super Struktur dan Struktur Mikro, serta konteks sosial. (a). Struktur Makro: Ambon Ekspres dan Siwalima selalu mengambil sudut pandang pemberitaan melalui dua pilihan, menjelaskan tentang kita (agama atau kelompok) atau menjelaskan tentang mereka (agama lain atau kelompok lain). (b). Super Struktur: pemilihan sudut pandang, yang dipertegasĀ  dengan fakta-fakta atau penceritaan yang mendukung kita atau merugikan mereka. (c). Struktur Mikro: penyimpulan posisi kita (hasil penilaian wartawan) atauĀ  posisi mereka

References

[1] Brown, G dan Yule, G. 1996. Analisis Wacana. Penerjemah I. Soetikno. Jakarta: P.T. Gramedia.
[2] Bungin, Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana. (2007). Konstruksi Media Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana (2001). Imaji Media Massa. Yogyakarta: Jendela
[3] Bungin, M. B. (2008). Konstruksi sosial media massa: kekuatan pengaruh media massa, iklan televisi dan keputusan konsumen serta kritik terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Kencana.
[4] Eriyanto. (2002). Analisis Framing. Yogyakarta: LKis.
[5] Eriyanto. (2001). Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta : LKIS Yogyakarta.
[6] Herizal, H., Mukhrijal, M., & Wance, M. (2020). Pendekatan Akuntabilitas Pelayanan Publik Dalam Mengikuti Perubahan Paradigma Baru Administrasi Publik. Journal of Governance and Social Policy, 1(1).
[7] Sumartono, S. (2005). OBJEKTIVITAS KONFLIK AMBON PADA PEMBERITAAN KOMPAS DAN REPUBLIKA. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 2(2).
[8] Hamad, I. (2004). Konstruksi realitas politik dalam media massa: Sebuah studi critical discourse analysis terhadap berita-berita politik. Yayasan Obor Indonesia.
[9] Pace, R. W., & Faules, D. F. (1994). Organizational communication . Eaglewood Cliffs.
[10] Wance, Marno, and Raoda M. Djae. "Modalitas Dinasti Ahmad Hidayat Mus Pada Pemilihan Kepala Daerah Di Maluku Utara 2018." Sosiohumaniora 21, no. 3 (2019): 256-268.
[11] Pemberitaan Koran Ambon Ekspres
[12] Pemberitaan Koran Siwalima
Published
2021-01-25
How to Cite
Husein, M., & Wance, M. (2021). ANALISIS WACANA KRITIS BERITA KONFLIK DI MEDIA AMBON EKSPRES DAN SIWALIMA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 1995-2010. https://doi.org/10.47492/jip.v1i9.392
Section
Articles