Isu Global Manajemen Kualitas Total Dalam Pendidikan Islam

Studi pada Lembaga Pendidikan “IIBS” Malang Jawa Timur

  • Rajo Bungsu UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mukhtar Latif UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Kasful Anwar UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Manajemen, Total, Quality, Pendidikan, Boarding School.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh lembaga Pendidikan Islam Tazkia IIBS  Malang dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikannya. Serta untuk mengetahui gambaran bagaimana manajemen kualitas total pada lembaga Pendidikan Tazkia IIBS Malang. Melalui pendekatan kualitatif – analitif ini, diharapkan terangkat gambaran mengenai kualitas, realitas dan efektifitas lembaga pendidikan Tazkia IIBS Malang khususnya dari aspek manajemen kinerjanya. Dimana dapat ditunjukan hasil dari  manajemen kualitas total pada lembaga Pendidikan Islam pada Tazkia IIBS, memberikan efek positif yang luar biasa baik bagi lembaga yang bersangkutan, dan  juga umat Islam, khususnya umat Islam Indonesia dan umumnya umat Islam seluruh dunia.

References

M. Munir, “MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH,” vol. 4, no. 1, pp. 104–128, 2019.

“About - Leysin American School in Switzerland.” [Online]. Available: https://www.las.ch/about.

“Swiss Boarding Schools.” [Online]. Available: https://www.mypremiumeurope.com/top-private-schools/switzerland/leysin-american-school.htm.

L. S. Group, L. Inter-, and C. Uri, “Brocure Lemania International School Altdorf,” 2020.

Hamid Fahmy Zarkasyi, “Modern Pondok Pesantren: Maintaining Tradition in Modern System,” Tsaqafah, vol. 8, no. 2, pp. 85–103, 2017.

Charlene Tan, “Educative Tradition and Islamic Schools in Indonesia,” J. Arab. Islam. Stud., vol. 14, pp. 47–62, 2014, [Online]. Available: https://repository.nie.edu.sg/handle/10497/17260.

M. Agmon, C. Zlotnick, and A. Finkelstein, “The relationship between mentoring on healthy behaviors and well-being among Israeli youth in boarding schools : a mixed-methods study,” BMC Pediatr., pp. 1–11, 2015, doi: 10.1186/s12887-015-0327-6.

L. Behaghel, C. De Chaisemartin, and M. Gurgand, “Ready for Boarding? The Effects of a Boarding School for Disadvantaged Students,” vol. 9, no. 1, pp. 140–164, 2017.

Kasful Anwar, “The Leadership of Kyai in Islamic Boarding School ( A Study of Islamic Boarding School in Jambi ),” pp. 88–95, 2001.

Mukhtar Latif, Muntholib, and Suprihatin, Budaya kumunitas pesantren. 2018.

M. Rusidi, “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada,” 2019.

S. Arifin, “MARKETING PENDIDIKAN Strategi Dan Implementasi Pada Lembaga Pendidikan,” vol. 14, no. 1, pp. 112–123, 2020.

M. K. F. Raya, “MARKETING JASA DI INSTITUSI PENDIDIKAN ( Analisis Pemasaran dalam Pendidikan ),” Falasafa, vol. 7, no. 1, p. 21, 2016.

R. Noviyanti, “Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship di Lingkungan Pesantren: Studi Kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1,” J. Penelit. Ilm. Intaj, vol. 1, no. 1, pp. 77–99, 2017.

M. Purnomo, “Dinamika Pendidikan Kewirausahaan: Pemetaan Sistematis Terhadap Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran Kewirausahaan,” J. Din. Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 97–120, 2015, doi: 10.15294/jdm.v6i1.4300.

Azis, “PENDIDIKAN ISLAM DAN ENTERPRENEURSHIP,” vol. 3, pp. 16–35, 2016.

S. Wiratno, “Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Tinggi,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 18, no. 4, p. 454, 2012, doi: 10.24832/jpnk.v18i4.101.

H. S. Zainiyati, “Model Dan Strategi,” Model dan Strateg. pembelajaran aktif Teor. dan Prakt. dalam pembelajaran Pendidik. Agama Islam, p. 222, 2010.

M. M. Solichin, “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam,” Tadris, vol. 12, no. 2, pp. 214–231, 2017.

Irjus & Zaenal dkk, Manajemen Pendidikan Islam, 1st ed. Banyumas: Pena Persada, 2020.

A. M. H.- Matthew B. Miles, Qualitative Data Analysis_ An Expanded Sourcebook-Sage Publications, Inc (1994).pdf. 1994.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. 2013.

“Gontor Kirim Utusan ke Jepang - Gontor.” 2013, [Online]. Available: https://www.gontor.ac.id/berita/gontor-kirim-utusan-ke-jepang.

“Jalin Kerjasama, Pimpinan PMDG Berkunjung ke Yordania - Gontor.” 2014, [Online]. Available: https://www.gontor.ac.id/berita/jalin-kerjasama-pimpinan-pmdg-berkunjung-ke-yordania.

Robi‘ul Afif Nurul Aini, “ANALISIS STRATEGI DAN KUNCI KEBERHASILAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM,” Int. J. Open Inf. Technol., vol. 7, no. 2, pp. 124–143, 2019.

P. Kotler and G. Armstrong, “Prinsip-Prinsip PEMASARAN Principle of Marketing,” pp. 1–63, 2012.

Published
2021-02-24
How to Cite
Bungsu, R., Latif, M., & Anwar, K. (2021). Isu Global Manajemen Kualitas Total Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2139-2148. https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.381
Section
Articles