RANCANG BANGUN APLIKASI WEBSITE E-LEARNING PADA LKP ENGLISH CLUB TEMBILAHAN
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dari masa kemasa luar biasa berkembang sangat pesatnya. Perkembangan yang dirasa menyentuh semua aspek dan proses kehidupan manusia, tak terkecuali dunia pendidikan. Dimana semula proses pembelajaran yang dilakukan secara konvensional hari ini mulai bergeser kea rah pembelajaran yang tanpa mengenal batas waktu dan tempat atau biasa disebut dengan electronic learning (E-Learning). E learning ini dimaksudkan sebagai wadah untuk mempermudah dalam setiap proses belajar mengajar yang dilakukan. Lembaga Kursus dan Pelatihan English Club meruupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang berada di kota tembilahan. Dimana saat ini proses belajar mengajar tidak dalat dilakukan secara langsung atau tatap muka dikarenakan sedang dalam masa pandemic Covid 19, oleh sebab itulah perancangan sebuah aplikasi website e-learning ini dibangun sebagai salah satu bentuk solusi untuk tetap dapat melakukan proses belajar mengajar secara efektif walaupun tidak bertemu secara langsung dikelas.
References
[2] A. H. Elyas, “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,” J. War., vol. 56, no. 04, pp. 1–11, 2018.
[3] F. Arifin and T. Herman, “Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa,” J. Pendidik. Mat., vol. 12, no. 2, pp. 1–12, 2018.
[4] S. Sarwandi, M. Giatman, S. Sukardi, and D. Irfan, “Developing mobile-based project-based learning module for project management courses in vocational education,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 9, no. 2, pp. 207–216, 2019, doi: 10.21831/jpv.v9i2.25947.
[5] Sukardi, M. Giatman, S. Haq, Sarwandi, and Y. F. Pratama, “Effectivity of Online Learning Teaching Materials Model on Innovation Course of Vocational and Technology Education,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1387, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1387/1/012131.
[6] G. Schuh, T. Potente, R. Varandani, C. Hausberg, and B. Fränken, “Collaboration moves productivity to the next level,” Procedia CIRP, vol. 17, pp. 3–8, 2014, doi: 10.1016/j.procir.2014.02.037.
[7] N. Tvenge and K. Martinsen, “Integration of digital learning in industry 4.0,” Procedia Manuf., vol. 23, no. 2017, pp. 261–266, 2018, doi: 10.1016/j.promfg.2018.04.027.
[8] I. W. Fatmawati, S. Siswanti, and D. Nugroho, “Aplikasi E-Learning Sekolah Dasar (Sd) Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Untuk Menambah Interaksi Guru Dan Siswa,” J. TIKomSin, vol. Vol 3, No, p. 9, 2015, [Online]. Available: https://p3m.sinus.ac.id/jurnal/index.php/TIKomSiN/article/view/198.
[9] B. Rianto, “Wesite penyedian informasi rumah kos kab.inhil,” JUTI-UNISI (Jurnal TenikIndustri UNISI), vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2019.
[10] R. S. Teuku Fadjar Shadek, “Pengembangan Aplikasi Sistem E-Learning Pada Seluruh Mata Kuliah Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor ( Php ) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Proses Dan Hasil Pembelajaran,” J. ProTekInfo, vol. 4, pp. 1–18, 2017, doi: https://doi.org/10.30656/protekinfo.v4i0.407.
[11] M. Ramli and M. Apriyanto, “Manajemen Keuangan untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Masa Pandemi COVID-19,” Selodang Mayang, vol. 6, no. 3, pp. 145–152, 2020.
[12] I. P. Sari, “Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Claroline,” Res. Dev. J. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 75–87, 2017, doi: 10.30998/rdje.v4i1.2070.