PENGARUH KUALITAS PELAYANAN LOGISTIK PADA KEPUASAN PELANGGAN

  • Suroyo Suroyo STIE Tribuana
Keywords: Pelayanan Logistik, Kualitas Pelayanan & Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komponen standar kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. Tokai Rika, Indonesia. Populasi penelitian ini adalah 210 responden PT. Tokai Rika Indonesia, untuk menambah informasi tambahan dengan memaksimalkan penggunaan teknologi pendataan yang ada. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis yang telah dilakukan maka dapat ditarik suatu kesimpulan untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan yaitu terdapat hubungan yang kuat antara variabel independen (kualitas layanan) dengan variabel dependen (kepuasan pelanggan), dengan koefisien korelasinya sebesar 0,703. Berdasarkan analisis regresi, koefisien determinasi adalah 0,494 atau 49,4%. Artinya proporsi variable Kepuasan Pelanggan PT. Tokai Rika Indonesia terhadap kualitas pelayanan logistik sebesar 49,4% sedangkan sisanya sebesar 50,6% dipengaruhi oleh variable lain di luar kualitas pelayanan seperti pelatihan, motivasi, dan lain-lain.Berdasarkan analisis regresi diketahui.

References

[1] Cannon, Perreault dan McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat
[2] Candra, R N. 2013. Hubungan Pola Konsumsi Makanan Jajanan Dengan Status Kesehatan Anak Usia Sekolah Di SDN Ketintang I Surabaya. Ejournal Boga. 2, (1), 183 – 189.
[3] Bowersox, D.J. 2002. Supply Chain Logistics Management. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
[4] Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta.
Published
2021-01-18
How to Cite
Suroyo, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN LOGISTIK PADA KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 1907-1912. https://doi.org/10.47492/jip.v1i9.365
Section
Articles