PENENTUAN INTENSITAS CURAH HUJAN DALAM MENENTUKAN DEBIT LIMPASAN UNTUK REKOMENDASI PEMBUATAN SALURAN AIR TERHADAP TIPE DINDING SALURAN AIR YANG BERBEDA (Lokasi Penambangan PT. Baratama Rezeki Anugerah Sentosa Utama, Kabupaten Bungo)

  • Doli Jumat Rianto Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik Universitas Muara Bungo
Keywords: Intensitas Curah Hujan & Tipe Dinding Saluran

Abstract

  1. Baratama Rezeki Anugerah Sentosa Utama secara administratif terletak di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Metode penambangan yang diterapkan dengan tambang terbuka, dan kegiatan system penambangan backfilling dimana material overburden ditempatkan pada galian yang sudah terekspos batubaranya untuk segera diangkut dan ditempatkan distockpile. Metode penelitian menerapkan metode pada pendekatan rumus dalam penyelesaian masalah. Adapun tujuan penelitian terdiri dari menghitung intensitas curah hujan dilokasi penambangan, rekomendasi permukaan saluran yang tepat dilokasi penambangan. Intensitas curah hujan dengan curah hujan rencana diperoleh sebesar 147,94 mm, dari curah hujan tersebut diperoleh intensitas curah hujan sebesar 89,05 mm/jam. Permukaan dinding saluran tanah dan batu tidak jauh perbedaan ukuran dimensi yang diperoleh, nilai dimensi saluran yang berubah signifikan hanya terletak pada lebar permukaan saluran, pada tipe dinding saluran tanah nilai permukaan saluran sebesar 1,45 meter, sedangkan pada tipe dinding saluran dengan permukaan dasar yang berbahan dari batu, nilai lebar permukaan saluran 1,54 meter. Adapun saran dalam penelitian ini adalah Menentukan intensitas curah hujan dengan menggunakan metode gumbel merupakan salah satu metode dalam penentuan intensitas curah hujan. Dinding saluran tanah lebih efisien dari pada penggunaan dinding saluran yang berbahan batu.

References

[1] Halim Hasmar (2011). Drainase Terapan Universitas Islam Indonesia Press. Yogyakarta.
[2] Pratiwi, Oktafiani Catur. 2007. Banjir Kolektif Pengelolaan Bumi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 11, Nomor 2. Hal 249.
[3] Purwanigsih, Diyah Ayu dkk 2015. Kajian Dimensi Penyaliran Pada Tambang Terbuka PT. Baturona Adimulya Kabupaten Musi Banyuasin, Jurnal Geologi Pertambangan.
[4] Haryono Putro, 2013. Variasi Koefisien Kekasaran Manning (n) pada Flume Akrilic pada Variasi Kemiringan Saluran dan Debit Aliran. Jurnal MKTS. Volume 19 No 2.
[5] Waterman SB. 2018. Perencanaan Tamban. Edisi Kedelapan.
[6] Mulyono Tri, 2017. Jalan Raya 2. Modul 1. Perencanaan Drainase Jalan. Program Studi D3 Transportasi. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Hal 38.
Published
2021-01-18
How to Cite
Rianto, D. (2021). PENENTUAN INTENSITAS CURAH HUJAN DALAM MENENTUKAN DEBIT LIMPASAN UNTUK REKOMENDASI PEMBUATAN SALURAN AIR TERHADAP TIPE DINDING SALURAN AIR YANG BERBEDA (Lokasi Penambangan PT. Baratama Rezeki Anugerah Sentosa Utama, Kabupaten Bungo). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 1795-1804. https://doi.org/10.47492/jip.v1i9.357
Section
Articles