PENDIDIKAN EMANSIPATORIS DALAM PERSPEKTIF PAULO FREIRE DAN MUHAMMAD ABDUH

  • Patur Alparizi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep
  • Ach. Nurholis Majid Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan
Keywords: Pendidikan Emansipatoris, Paulo Freire, Muhammad Abduh

Abstract

Pendidikan merupakan wadah untuk menampung keterampilan dan memberikan kebebasan bagi peserta didik, pendidikan merupakan usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun tujuan-tujuan mulia tersebut sudah tercoreng dan banyak mendapat kritik dari tokoh-tokoh pemikir pendidikan salah satunya Paulo Freire dan Muhammad Abduh. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pemikiran Paulo Freire dan Muhammad Abduh tentang pendidikan emansipatoris. Data dikumpulkan dengan pendekatan kualitatif jenis pustaka, sumber data pokok penelitian ini yaitu buku-buku karya dari kedua tokoh, kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Pendidikan emansipatoris perlu diterapkan dalam dunia pendidikan saat ini, mengingat sudah banyak pencemaran-pencemaran yang mencoreng nama baik pendidik. Konsep pendidikan emansipatoris kedua tokoh dapat dilihat dalam konsep, kurikulum, kedudukan pendidik dan peserta didik, serta tujuan pendidikan yang harus didasarkan atas spirit humanisme, kesetaraan, dan pembebasan dari belenggu.

References

Abduh, Muhammad. 1979. Risalah Tauhid. Cet. 7. Jakarta: Penerbit Bulan Bintang.
Abduh, Muhammad. 2005. Islam, Ilmu Pengetahuan Dan Masyarakat Madani. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
AM, Supriadi. 2016. “Konsep Pembaharuan Sistem Pendidikan Islam Menurut Muhammad Abduh.” Kordinat XV(1):31–60.
Anon. 2020. “Angka Kekerasan Siswa di Sekolah Capai 153 Aduan.” Fajar Indonesia Network. Retrieved September 27, 2020 (https://fin.co.id/2020/01/02/angka-kekerasan-siswa-di-sekolah-capai-153-aduan/).
Asifa, Falasifatul. 2018. “Pemikiran Pendidikan Muhammad Abduh Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam XV(1):88–98.
Baedowi, Ahmad. 2015. Potret Pendidikan Kita. Jakarta: PT Pustaka Alvabet.
Datunsolang, Rinaldi. 2018a. “Konsep Pendidikan Pembebasan Dalam Perspektif Islam (Studi Pemikiran Paulo Freire).” Jurnal Ilmiah AL-Jauhari (JIAJ) 3(1):49–77.
Datunsolang, Rinaldi. 2018b. “Konsep Pendidikan Pembebasan Dalam Perspektif Islam (Studi Pemikiran Paulo Freire).” Jurnal Ilmiah AL-Jauhari (JIAJ) 03:49–77.
Escobar, Miguel. 2016. Sekolah Kapitalisme Yang Licik. Yogyakarta: IRCiSoD.
Fauzan and Suwito. 2003. Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan. Bandung: Percetakan Angkasa.
Freire, Paulo. 2007. Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan Dan Pembebasan. VI. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Freire, Paulo. 2011. Pendidikan Masyarakat Kota. Yogyakarta: LKiS.
Freire, Paulo. 2018. Pendidikan Kaum Tertindas. 9th ed. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Hamka. 2010. “Sekolah: Memberdayakan Atau Memperdaya Masyarakat.” Jurnal Hunafa 7(1):79–90.
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian Filosofis, Teoritis, Aplikasi, Proses, Dan Hasil Penelitian. Revisi. Malang: Literasi Nusantara.
Majid, Ach. Nurholis. 2021b. “KARAKTERISTIK DAN ORIENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM.”
Mansyur, Masykur H. 2014. “Pendidikan Ala Paulo Freire Sebuah Renungan.” Jurnal Ilmiyah Solusi 1(1):64–76.
Nasional, Departemen Pendidikan. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”
Nasution, Harun. 1982. Pembaharuan Dalam Islam Sejarah Pemikiran Dan Gerakan. II. Jakarta: PT. Bulan Bintang.
Pohan, Indra Satia. 2019. “Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh.” Wahana Inovasi 8(1):83–89.
Prasetya, Juni. 2018. “Konsep Pendidikan Islam Muhammad Abduh Serta Implikasinya Tehadap Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 6:381–402.
Samsukadi, Mochamad. 2014. “Perspektif Gender Dalam Tafsir Muhammad ‘Abduh.” Marâji‘: Jurnal Studi Keislaman 1(1):242.
Siswanto. 2007. “Pendidikan Sebagai Paradigma Pembebasan (Telaah Filsafat Pendidikan Paulo Freire).” Tadris 2(2):250–63.
Supriyanto. 2013. “Paulo Freire: Biografi Sosial Intelektual Modernisme Pendidikan.” Jurnal Al-Ta’dib 6(2):99–115.
Yusuf, Nasrudin. 2011. “Perbandingan Pemikiran Muhammad Abduh Dan Rasyid Ridha Tentang Pendidikan.” Jurnal Sosial Budaya 8(1):64–85.
Published
2021-01-18
How to Cite
Alparizi, P., & Majid, A. N. (2021). PENDIDIKAN EMANSIPATORIS DALAM PERSPEKTIF PAULO FREIRE DAN MUHAMMAD ABDUH. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 1885-1896. https://doi.org/10.47492/jip.v1i9.352
Section
Articles