PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERORIENTASI STRATEGI PQ4R DI KELAS IV SD

  • Silvia Meirisa STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
Keywords: Bahan Ajar, Membaca & PQ4R

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang dihadapi peserta didik Sekolah Dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap isi teks bacaan. Hal ini disebabkan proses pembelajaran membaca yang berlangsung dalam kelas tidak melalui tahapan membaca yaitu prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Namun kenyataanya, bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam kurikulum. Dalam penelitian ini dikembangkan bahan ajar keterampilan membaca kelas IV Sekolah Dasar dengan menerapkan model PQ4R. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar pembelajaran keterampilan membaca berbasis PQ4R yang valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan menunjukkan bahan ajar membaca yang dikembangkan memperoleh rata-rata 3,61 kategori sangat valid. Hasil observasi keterlaksanaan RPP memperoleh persentase 92% kategori sangat praktis. Angket respon guru memperoleh persentase 95% kategori sangat praktis. Angket respon peserta didik memperoleh persentase 92% kategori sangat praktis. Hasil penilaian keterampilan membaca berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar membaca berorientasi preview, question, read, reflect, recite, review untuk kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

References

[1] Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
[2] Tarigan, Henry Guntur. 2005. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
[3] Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
[4] Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
[5] Purwanto. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[6] Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.
[7] Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
[8] Bush, C and Huebner M. 2006. Strategies For Reading in The Elementary School. United States Of America.
[9] Lines, Caroline. 2005. Pratical English Language Teaching. Young Learners. New York: The Mc Graw Hill Campanies.
[10] Taufik dan Muhammadi. 2009. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.
[11] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-12-20
How to Cite
Meirisa, S. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERORIENTASI STRATEGI PQ4R DI KELAS IV SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1683-1690. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.326
Section
Articles