EFEK LIFESTYLE DALAM MEMODERASI PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERENCANAAN KEUANGAN

  • Eka Desy Purnama Magister Manajemen FEB UKRIDA-Jakarta
  • Fetrik Erwanto Simarmata Magister Manajemen FEB UKRIDA-Jakarta
Keywords: Pengetahuan Keuangan, Literasi Keuangan, Lifestyle & Perencanaan Keuangan

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menguji efek gaya hidup  (lifestyle)  dalam memoderasi pengaruh pengetahuan keuangan dan literasi keuangan terhadap perencanaan keuangan.  Penelitian ini dilakukan pada karyawan Bank Panin KCU Plaza Pasifik Kelapa Gading dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang responden. Berdasarkan hasil analisis data statistik menggunakan Smart PLS menunjukkan bahwa variabel pengetahuan keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan keuangan  karyawan. Variabel literasi keuangan tidak memiliki pengaruh terhadap perencanaan keuangan karyawan. Selanjutnya penelitian ini menunjukkan bahwa lifestyle dapat memoderasi pengetahuan keuangan terhadap perencanaan keuangan karyawan, akan tetapi lifestyle tidak dapat memoderasi pengaruh literasi keuangan terhadap perencanaan keuangan karyawan Bank Panin KCU Plaza Pasifik Kelapa Gading.

References

[1] Sembel, R., Ichsan, M., & Lubis P. (2003). Smart Saving and Borrowing for Ordinary Family. Jakarta, Indonesia: Elex Media Komputindo.
[2] www.ojk.go.id Survey OJK 2019: Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan
[3] Pritazahara, R., & Sriwidodo, U. (2015). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Pengalaman Keuangan Terhadap Perilaku Perencanaan Investasi dengan Self Control Sebagai Variable Moderating, Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(1), 28–37.
[4] Yulianti, Norma dan Silvy, meliza.2013. Sikap Pengelola Keuangan dan Perilaku Perencanaan Investasi di Surabaya. Journal of Business and Banking .Vol.3 No 1, 57-68.
[5] Budiono, Tania. 2015. Keterkaitan Financial Attitude, Financial Behavior dan Financial Knowledge pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Atmajaya Yogyakarta. Universitas Atmajaya Yogyakarta.
[6] Sugiono. 2006. Analisis tentang faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsmen. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol 4 No 2.
[7] Setiadi, Nugroho J. 2003, Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana
[8] Naila Al Kholilah & Iramani, Rr. 2013.“Studi Financial Management
[9] Behavior pada Masyarakat Surabaya”.Journal of Business and Banking, Vol.3, No.1, pp. 69-80.
[10] Al-Kholilah, N. & Iramani. 2013. Studi Financial Management Behavior Pada Masyarakat Surabaya, Journal of Business and Banking, Vol.3. No 1.
[11] Remund, D. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2), 276-295
[12] Palameta, B., Nguyen, C., Hui, T. S. W., & Gyarmati, D. (2016). The link between financial confidence and financial outcomes among working-aged Canadians. The Social Research and Demonstration Corporation (SRDC).
[13] Financial Planning Standards Board Indonesia. (2013)
[14] Latan & Gozhali, Partial Least Squares: Concepts, Techniques and Applications using SmartPLS 3, Edition: 2nd Publisher: Diponegoro University Press, ISBN: 979.704.300.2
[15] Yopie Kurnia Erista Halim & Dewi Astuti. (2015). Financial Stressors, Financial Behavior, Risk Tolerence, Financial Knowledge, dan Kepuasan Financial, FINESTA, Vol 3 No 1; 19-23
[16] Lai Ming-Ming dan Tan Wei-Khong. 2009. “An Empirical Analysis of Personal Financial Planning In An Emerging Economy”. European Journal of Economics, Finance and Administrative Sciences. Issue 16.
Published
2020-12-20
How to Cite
Purnama, E., & Simarmata, F. (2020). EFEK LIFESTYLE DALAM MEMODERASI PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERENCANAAN KEUANGAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1567-1574. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.322
Section
Articles