ANALISIS MENTAL MAHASISWA BARU SAAT PEMBELAJARAN ONLINE ERA COVID-19 (Mahasiswa Baru Progam Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muara Bungo Angkatan 2020)

  • Laula Dwi Marthika Fakutlas Ekonomi Universitas Muara Bungo
Keywords: Kuliah Online, COVID-19 & Mahasiswa.

Abstract

COVID-19 atau yang dapat disebut Corona Virus Disease 2019 yang menjadi pandemi di dunia dan tak lain juga di indonesia. Pandemi ini mengakibatkan juga pada dunia pendidikan, akibatnya keluarlah Surat Edaran Menteri Pendidikan Nomor : 36963/MPK.A/HK/ 2020, tentang Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah. Hasil survey penelitian ini adalah walaupun Mahasiswa masih antusias dalam melaksanakan perkuliahan online, karana hanya 6,9% yang merasakan tidak mendukung dalam hal tidak setuju bahwa mereka antusias dalam mengikuti kuliah online. Dan pada saat perkuliahan online, mahasiswa tidak telalu mengalami kesulitian,hal ini dikarenakan hanya 17,2% orang yang menganggap dirinya kesulitan dalam menggunakan aplikasi perkuliahan online. Namun,  Mahasiswa marasakan bahwa tugas yang mereka kerjakan atau yang dosen berikan lebih banyak saat online daripada offline sebanya 48%. Hal ini mengakibatkan ketika memikirkan tugas, mahasiswa susah tidur sebanyak 62,1%. Keinginan  mahasiswa untuk kuliah offline dari pada kuliah online sebanyak 75%. Namun apabila pelaksanaan kuliah oneline juga dilaksanakan maka ada 2 hal yang harus ditingkatkan yaitu dosen lebih responsif dan ketika memberikan penjelasan contoh baik dalam bentuk video tutorial maupun dalam bentuk penjelasan lebih rinci.

References

[1] Adijaya, N., & Santosa, L. P. 2018. Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 105–110.
[2] Anzwar, Saifuddin.2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal-4-38
[3] Bandura, A. 1997. Self-efficacy: The exercise of control. New York: WH. Freeman.
[4] Kusnayat, Agus. 2020. Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa
[5] Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pendidikan Tinggi. 2020 Surat Edaran Menteri Pendidikan Nomor : 36963/MPK.A/HK/ 2020, tentang Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah.
[6] Limbong, T., & Simarmata, J. 2020. Menentukan Matakuliah yang Efektif Belajar Daring (Belajar dan Ujian) dengan Metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT). Jurnal Resti, 4(2), 370–376.
[7] Nailul Mona. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious ( Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia ) Jurnal Sosial Humaniora Terapan., 2(2), 117–125.
[8] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta.
[9] Zimmerman, B. J. 1989. Models of self-regulated learning and academic achievement. In B. J.
Published
2020-12-20
How to Cite
Marthika, L. (2020). ANALISIS MENTAL MAHASISWA BARU SAAT PEMBELAJARAN ONLINE ERA COVID-19 (Mahasiswa Baru Progam Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muara Bungo Angkatan 2020). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1527-1534. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.321
Section
Articles