GADGET OPTIMIZATION AND ITS IMPLICATIONS ON CHILDREN'S PATTERNS

OPTIMASI GADGET DAN IMPLIKASINYA TERHADAP POLA ASUH ANAK

  • Ai Farida Universitas Ahmad Dahlan
  • Unik Hanifah Salsabila Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, UAD, Yogyakarta
  • Liska Liana Nur Hayati Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, UAD, Yogyakarta
  • Jihan Ramadhani Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, UAD, Yogyakarta
  • Yulia Saputri Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, UAD, Yogyakarta
Keywords: Gadged, Anak Dibawah Umur, & Masalah Sosial

Abstract

Teknologi di zaman milenial saat ini sangatlah berkembang pesat, kita dapat mencari informasi apapun melalui teknologi terutama dalam bidang pendidikan. Ada beberapa macam alat teknologi yang dapat kita gunakan sebagai sumber informasi, yaitu handphone, laptop, komputer dan masih banyak lagi. Handphone adalah alat yang teknologi yang sering digunakan karena mudah dibawa kemana-mana, mudah digunakan pula oleh berbagai kalangan dan biasa disebut dengan gadged. Tujuan dibuatnya tulisan ini untuk mengetahui seberapa penting teknologi bagi anak dibawah umur. Saat ini tidak hanya orang dewasa saja yang pandai menggunakan teknologi tetapi anak-anak dibawah umur pun sudah pandai menggunakannya. Dengan sering bermain gadged dirumah, dapat mempengaruhi masalah sosial yang dapat mengganggu anak.

References

Yusufhadi Miarso (2004). MENYEMAI BENIH TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Jakarta : Prenadamedia Group.
Edi Subkhan (2016). SEJARAH DAN PARADIKMA TEKNOLOGI PENDIDIKAN Untuk Perubahan Sosial. Jakarta : Prenadamedia Group.
Derry Iswidharmanjaya, Beranda Agency (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget. Bisakimia.
Usep Kusniawan (2016). Buku Pengembangan Media Pengembangan Anak. Malang : Gunung Samudera.
Jonathan. Dkk (2015). Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak. Surabaya: Universitas Kristen Pertra Surabaya .
Hastuti (2012).Psikolog Perkembangan Anak. Yogyakarta: Tugu Publisher.
Hery Nuryanto. Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT Balai Pustaka (Persero).
Ramdhan, Rina, Nurhananik, Neneng (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIK Vol. VI, No. 1, Februari 2018
Junierissa Marpaung. Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. Jurnal Kopasta 5 (2), (2018) 55-64
Dian Kurniawati (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2020
Putri Hana Pebriana (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 1 Issue 1 (2017) Pages 1 – 11.
Zuli Dwi Rahmawati (2020). Pengaruh Media Gadget dalam Aktivitas Belajar dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Anak. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol.3 No.1 Januari 2020
Muchlis, Nurainiah (2018). Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja DI Desa Dayah Meunara Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Al-Ijtimaiyyah/Vol. 4, No. 2, Juli-Desember 2018
Priantari Swatika. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD
Hilman Fauzi (2020). Pemanfaatan Teknologi Gadget terhadap Pengaruh Sosial Emosi PAUD dalam Konsep Pembelajaran Literasi Digital. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 20 No 1 (2020)
Rr. Dina Kusuma Wardhani (2016). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Psikologis bagi Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian dan Perkembangan Anak Usia Dini. Vol 3 No 1, November 2016
Musdalifah, Novita (2017). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda. SNITT- Politeknik Negeri Balikpapan 2017. ISBN: 978-602-51450-0-1
Arif, Erfian (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya Dengan Metode TAM. Jurnal Informatika. Vol.4 No.2 September 2017, pp. 163~173
Published
2020-12-20
How to Cite
Farida, A., Salsabila, U., Hayati, L., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2020). GADGET OPTIMIZATION AND ITS IMPLICATIONS ON CHILDREN’S PATTERNS. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1701-1710. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.316
Section
Articles