KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA SMAN 69 JAKARTA DI PULAU PRAMUKA KEPULAUAN SERIBU DKI JAKARTA TAHUN 2019

  • Tri Damayanti Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma
  • Lasminiasih Lasminiasih Universitas Gunadarma
Keywords: Pendidikan, Bimbingan Belajar, Siswa SMAN & Pulau Pramuka

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, karena dengan pendidikan dapat merubah karakter

seseorang dan cara pandang dalam menyelesaikan masalah selain itu dengan dapat seseorang

berfikir secara rasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa

SMAN 69 Jakarta di pulau Pramuka dalam memahami mata pelajaran yang telah di sampaikan

oleh guru bimbingan belajar dari berbagai universitas sebelum melaksanakan ujian nasional

menjelang kelulusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.

Objek penelitian ini adalah siswa SMAN 69 Jakarta kelas XII. Hasil penelitian ini jumlah siswa

SMAN 69 Jakarta sebanyak 163 siswa. Terdapat mata pelajaran pilihan baik untuk kelas IPA dan

IPS. Untuk kelas IPA mata pelajaran pilihan yang paling diminati adalah mata pelajaran Biologi.

Sedangkan untuk kelas IPS mata pelajaran pilihan yang paling diminati adalah Sosiologi. Jumlah

kehadiran siswa yang mengikuti bimbingan belajar sebanyak 98% dan 2% tidak mengikuti bimbel.

Nilai kelulusan siswa SMAN 69 Jakarta sebanyak 12% nilainya sangat baik, sebanyak 13%

nilainya cukup dan 75% nilainya masih kurang. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa masih

banyak siswa yang mengikuti latihan ujian dalam kegiatan bembingan belajar kurang maksimal

sehingga mendapatkan nilai yang kurang memuaskan karena nilainya masih di bawah rata-rata

kelulusan.

References

[1] Gemilau Ignatius Rp dkk, 2013.
“Bimbingan Belajar Efektif Untuk
Meningkatkan Kebiasaan Belajar Pada
Siswa Kelas VII”. Jurnal Prediksi Kaljian
Ilmiah Psikologi No.1, Vol. 2 Jan-Jun 2013
Hal 1-4
[2] Hamalik, O. 2004.”Psikologi Belajar dan
Mengajar”. Bandung: Sinar Baru
Algensindo
[3] Hidayati, Arina, 2015. “Perancangan Karir
Sebagai Bentuk Investasi Pendidikan Siswa
SMK (Studi Kasus di SMK Negeri
Batang)”. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial,
Vol. 25, No.2 Desember 2015, ISSN: 1412-
3835
[4] Mulyasa, 2009. “Menjdadi Guru
Profesional Menciptakan Pembelajaran
Kreatif dan Menyenangkan”. Bandung
Remaja Rosdakarya.
[5] Rifda EF dan Adi PP, 2016.”Penerapan
Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik di SMP N 12
Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Bimbingan dan
Konseling 03 (2) 2016 Hal. 229-244
[6] Surya, M. 2004. “Psikologi Pembelajaran
dan Pengajaran. Bandung. Pustaka Bani
Quraissy
[7] Syahputra, Dedi. 2017. “Pengaruh
Kemandirian Belajar dan Bimbingan
Belajar Terhadap Kemampuan Memahami
Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA
Melati Perbaungan”. Jurnal AtTawassuth, Vol. II, No. 2, 2017 No. 368-
388
[8] Thahir Andi dan Hidriyanti Babay,
2014.”Pengaruh Bimbingan Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok
Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah
Kota Karang”. Jurnal Bimbingan dan
Konseling 01 (2) 2014 63-76, E-ISSN
2355-8539
[9] Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
2020-12-20
How to Cite
Damayanti, T., & Lasminiasih, L. (2020). KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA SMAN 69 JAKARTA DI PULAU PRAMUKA KEPULAUAN SERIBU DKI JAKARTA TAHUN 2019. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1627-1636. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.313
Section
Articles