EFEKTIVITAS ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA MENGGUNAKAN APLIKASI ANATES DI SMPN 2 KANATANG

  • Leonardus Kaka Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yohana Njoeroemana Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Keywords: Analisis Butir Soal, Pilihan Ganda, Anates

Abstract

Soal tes yang berkualitas yaitu soal yang dapat memberikan informasi yang tepat tentang hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas menganalisis butir soal pilihan ganda menggunakan aplikasi Anates pada Penilaian Akhir Semester tahun ajaran 2022/2023 di SMPN 2 Kanatang yang terdiri dari 30 butir soal. Sampel penelitian diambil dari 22 responden jawaban pada VIID dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan aplikasi Anates. Hasil penelitian menunjukkan butir soal yang dipakai tergolong sukar 55%, butir soal yang tergolong sedang 45% dan butir soal yang tergolong sukar sekali 5%. Analisis daya beda soal menunjukkan 30% butir soal tersebut sudah memiliki daya beda yang baik, soal yang memiliki daya pembedaya sedang 28% sedangkan soal yang daya pembedanya tidak baik 42% perlu direvisi. Analisis efektivitas option pengecoh dari butir soal diketahui 88% dari total option pengecoh pada butir soal tersebut termasuk baik dan sisanya tidak baik dan perlu direvisi. Berdasarkan hasil analisis tingkat validitas di kategorikan soal yang baik 26 (88%) sedangkan soal yang tidak valid 4 (12%) dibuang. Koefisien reliabilitas sebesar 0.62 sehingga disebut soal belum memiliki reliabilitas yang tinggi atau reliabel

References

[1] Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. 2023. Pendidikan Formal, Pendidikan NonFormal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131.
[2] Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90–98.
[3] Yektiana, N., & Nursikin, M. 2023. Konsep Dasar Pengukuran, Penilaian, Dan Evaluasi Hasil Belajar. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 263–266.
[4] Bano, V.O., Marambaawang, D.Nd., & Njoeroemana, Y. 2022. Analisis Kriteria Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Waingapu. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(1), 145-152. DOI: 10.32884/ideas.v8i1.660
[5] Muchlizani, N. A., Mania, S., & Rasyid, M. N. A. 2023. Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Mi Radhiatul Adawiyah Makassar. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 12(1), 224–240.
[6] Masulili, R. R., Dama, L., & Abdul, A. 2021. Analisis Butir Soal Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Di Sman 3 Gorontalo dan SMAN 5 Gorontalo. Jambura Edu Biosfer Journal, 3(2), 2656–0526.
https://doi.org/https://doi.org/10.34312/jebj.v3i2.7211
[7] Sapitri, A., Kurniati, T., & Yuliawati, A. 2022. Analisis Kualitas Soal UAS Biologi SMA Kelas X dan XI MIA. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(1), 45–56.

[8] Rahayu, R., & Djazari, M. 2016. Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 85–94.
[9] Bagiyono. 2017. Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16(1), 1–12.
[10] Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
[11] Sudijono, A. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 370-387
[12] Wandri, R., Malahati, F., Romadhon, K., & Ramadhan, S. 2023. Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choice Questions pada Penilaian Harian Sekolah Dasar. 10(2), 93–105.
[13] Mawardi, M.S., Fuady A., & Sunismi 2023. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Menggunakan Anates pada Penilaian Tengah Semester Kelas VII D SMP Negeri 1 Ngajum Kabupaten Malang. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 75(1), 31-41
[14] Rahmasari, D & Ismiyati. 2016. Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, EEAJ, 5 (1)
[15] Darus, M.F., Imami, A.I., & Abadi, A.P. 2021. Analisis Soal Dalam Buku Matematika Kelas Vii Semester 1 Berdasarkan Kriteria Dari Higher Order Thinking Skills (Hots). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4(4), 777–788.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.777-788
[16] Anica., Idi, A., & Ismail, F. 2023. Evaluasi Hasil Belajar Siswa Pada Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Peandemi. TAFANI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21-33.
[17] Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar.PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
[18] Masulili, R.R., Dama, L., & Abdul, A. 2021. Analisis Butir Soal Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi di SMAN 3 Gorontalo dan SMAN 5 Gorontalo. Jambura Edu Biosfer Journal, 3(2), 58-67
[19] Arikunto, S. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta
[20] Arifin, Z. 2019. Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.Bandung
[21] Nadhifa, A.A., & Firdaus, E.F., 2023. Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Matematika Tahun pelajaran 2021/2022 di SMA An-Nuriyyah Bumiayu ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Dialektika P. Matematika, 10 (1), 819-837
[22] Arifin, Z. 2019. Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
[23] Thoha, M.C. 2001. Teknik Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
[24] Sari, P., I., & Yudha, R., I. 2020. Pemanfaatan Penerapan Media Berbasis Software Anates pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 81.
https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i1.732
[25] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD. Alfabeta: Bandung.
[26] Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. 2019. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 11–17.
[27] Arbiatin, E., & Mulabbiyah. 2020. Analisis Kelayakan Butir Soal Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas VI di SDN 19 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. El-Midad: Jurnal PGMI, 12(2), 146–171.
[28] Hapsari, T. P. R. N., Krissandi, A. D. S., & Sumarwati. 2023. Analisis Butir Soal Model Klasik Pada Penilaian Harian Bersama (PHB) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Education and Learning, 7(1), 31–46.
https://doi.org/10.31002/ijel.v7i1.835
[29] Fatayah, F., Ika Farida Yuliana., Layla Muf’idah. 2022. Analisis Validitas dan Reliabilitas dalam Mendukung Ketuntasan Belajar Model STEM. Buana Pendidikan. Volume 18, Nomor. 1, 49-60.
[30] Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). UNY Press: Yogyakarta.
Published
2024-03-01
How to Cite
Kaka, L., Bano, V., & Njoeroemana, Y. (2024). EFEKTIVITAS ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA MENGGUNAKAN APLIKASI ANATES DI SMPN 2 KANATANG. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(9), 1441-1450. https://doi.org/10.47492/jip.v4i9.3124
Section
Articles