IMPLEMENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SD GISIKDRONO 02 SEMARANG

  • Aqila Zahra Latifa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Desty Putri Tariska Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Inka Sabrina Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Rizqi Nur Hidayah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Tiara Liza Mayada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Zahra Apriliana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Trimurtini Trimurtini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Implementasi, PBL, Aktivitas Belajar

Abstract

Tujuan dari ditulisnya artikel ini adalah untuk menjelaskan penerapan dari PBL pada pembelajaran pecahan senilai pada kelas IV SDN Gisikdrono 02. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data digunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil dari diterapkannya metode PBL yaitu meningkatnya aktivitas belajar dari siswa kelas IV SDN Gisikdrono 02 baik di ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Penggunaan metode PBL ini juga memudahkan siswa untuk lebih memahami materi dan lebih aktif. Hal yang perlu ditingkatkan pada penerapan PBL di kelas IV SDN Gisikdrono 02 yaitu pada proses diskusi.

References

[1] Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL).
[2] Agustina, N. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 9(1), 55-62.
[3] Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal For Physics Education And Applied Physics, 3(1), 27-35.
[4] Dwiastuti, I., Tantiani, F. F., Widyatno, A., & Irtadji, M. (2019). Implementasi Problem-Based Learning (PBL) Pada Pendidikan Tinggi: Evaluasi Proses Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Sains Psikologi, 8(2), 218-227.
[5] Effendi, R., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1814–1819. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.640
[6] Febriani, Rahmatina. 2020. “Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V Sekolah Dasar.” 4: 2354–59.
[7] Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355.
[8] Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753
[9] Koeswanti, H. D. (2018). Eksperimen Model Kooperatif Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis. Satya Wacana Press.
[10] Ngalimun. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
[11] Novianti, A., Alwen B., & Ahmad Z. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(4), 194-202
[12] Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., Ekonomi, J. P., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1-10.
[13] Oktaviani, B. A. Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2018). Perbedaan Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 132-141.
[14] Prastowo, A. (2021). Analisis Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Digital Model Instructional Games Untuk Sd/Mi. Jkpd (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(2), 159-166.
[15] Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388.
[16] Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250
[17] Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III P-ISSN 2598-5973, November, 242–248. http://eprints.uad.ac.id/9787/
[18] Rumiati, W. (2019). Implementasi Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Pecahan. KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 9916, 69–78.
[19] Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.
[20] Saputra, A. T. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 1(1), 1–16. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/2008
[21] Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1313
[22] Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494
[23] Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
[24] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
[25] Widana, I. W., & Anik Diartiani, P. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. Https://Doi.Org/10.5281/ZENODO.4657740
[26] Widyastuti, Riski Tri., & Gamaliel Septiana, A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu., 3(5), 1120-1129.
[27] Wulandari, N. D. T. U., Waluyo, D., & Suarsana, I. M. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-3 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 68-78.
[28] Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17-24.
Published
2024-01-17
How to Cite
Latifa, A., Tariska, D., Sabrina, I., Hidayah, R., Mayada, T., Apriliana, Z., & Trimurtini, T. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SD GISIKDRONO 02 SEMARANG. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(8), 1345-1354. https://doi.org/10.47492/jip.v4i8.3051
Section
Articles