PERSEPSI MAHASISWA STKIP SINGKAWANG TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS ZOOM MEETING

  • Dina Anika Marhayani STKIP Singkawang
Keywords: E-learning, Zoom Meeting, Persepsi Mahasiswa STKIP Singkawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa STKIP Singkawang terhadap penggunaan e-learning berbasis zoom meeting. Persepsi mahasiswa STKIP Singkawang terhadap penggunaan e-learning berbasis zoom meeting dibatasi pada aspek kemudahaan penggunaan e-learning berbasis zoom, persepsi kebermanfaatan penggunaan e-learning berbasis zoom, dan persepsi penerimaan penggunaan e-learning berbasis zoom. Jenis penelitian yakni penelitian kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PGSD semester 5 STKIP Singkawang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang hanya berfokus pada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar sejak diberlakukan pembelajaran daring karena pandemi COVID-19. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang diisi secara daring oleh mahasiswa dengan menggunakan Google Form. Selain itu juga digunakan wawancara mendalam kepada beberapa mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah persepsi mahasiswa dalam penggunaan e-learning berbasis zoom meeting saat perkuliahan dari segi kemudahan sebesar 66,4%, aspek kebermanfaatan sebesar 63,4%, dan aspek penerimaan sebesar 60,5% sehingga dapat dikategorikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan e-learning berbasis aplikasi zoom meeting dari aspek kemudahan, aspek kebermanfaatan, aspek penerimaan adalah positif.

References

[1] Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.
[2] Ismawati, Dwi & Prasetyo Iis. 2021. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Jurnal Obsesi). Vol 5, No.1.
[3] Liu, An Nisaa Al Mu’min. 2020. Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK). Vol. 6, No1 Tahun 2020.
[4] Sitaresmi, dkk. Penerapan konsep gamifikasi pada e-learning untuk pembelajaran animasi 3 dimensi. Jurnal telematikasi 2016. Vol. 9, No 1. ISSN: 1979 E-ISSN: 2442-4528.
[5] Sisco, Ashley. (2010). Nations First for elearning of effectiveness the Optimizing. Ottawa: The Conference Board of Canada.








[6] Rosyid, Muhammad Nur., Thohari, Ilyas., Lismanda, Yorita Febry. Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Kuliah Statistik Pendidikan Di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam. Volume 5, No 11 Tahun 2020.
[7] Brahma, Ismail Akbar. 2020. Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal (AKSARA). Volume 2, No 02. http ://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index.
[8] Firda, Ayu, dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis Online SocialNetworking (OSN) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis ArgumentativeEssay Mahasiswa. Prosiding Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan Aspek Psikologinya .ISSN: 2548-5407. PascaSarjana Universitas Negeri Malang. Hal. 145-150.
Published
2020-12-20
How to Cite
Marhayani, D. (2020). PERSEPSI MAHASISWA STKIP SINGKAWANG TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS ZOOM MEETING. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1637-1646. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.305
Section
Articles