Peran Kepanduan Hizbul Wathan Dalam Pembentukan Karakter Bagi Siswa Tuna Laras

  • Alfi Sihati Universitas Ahmad Dahlan
  • Salsabila Difany Universitas Ahmad Dahlan
  • Difa'ul Husna Universitas Ahmad Dahlan
  • Iefone Shiflana Habiba Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Kata Kunci: Pendidikan karakter, ABK tuna laras, Kepanduan Hizbul Wathan

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebuah pendidikan sebagai pembentukan keprbadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang mana hasilnya dapat terlihat dalam tindakan nyata. Fenomena degradasi moral membutuhkan peran seluruh masyarakat dalam menumbuhkan dan menguatkan pendidikan karakter.  Sebagai salah satu kepanduan yang besar, Hizbul Wathan dapat berkontribusi dalam program pembelajaran dalam rangka membentuk karakter anak berkebutuhan khusus terutama Tuna Laras. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur, bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya peran kepanduan Hizbul Wathan sebagai model pembelajaran berbasis karakter bagi anak berkebutuhan khusus jenis tuna laras. Hasil penelitian menunjukan, bahwa gerakan kepanduan Hizbul Wathan , bisa menjadi salah satu media alternatif pembentukan karakter terhadap ABK Tuna Laras. Dengan memberikan kesempatan yang sama terhadap penyandang tuna laras, maka potensi diri mampu terbentuk secara utuh, tanpa menghilangkan jati diri mereka sebagai  anak-anak luar biasa.

Kata Kunci: Pendidikan karakter, ABK tuna laras, Kepanduan Hizbul Wathan

References

Agency, T. B. (2009). Melejitkan Kecerdasan Emosi (EQ) Buah Hati. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Al-Hilali, M. (2011). Agar Alqur'an Menjadi Teman. Jakarta : Zaman .
Faliyandri, F. (2019). Tri Pusat Kecerdasan Sosial . Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi .
Ibrahim, R. (2005). Psikologi Pendidikan Jasmani Olah Raga. Jakarta : Depdiknas .
Jansen, E. (2007). Rahasia Otak Cemerlang . Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama .
Khirjan Nahdi, M. F. (2018). Konstruksi Kebangsaan Dalam Sejarah Nahdlatul Wathan . Yogyakarta : Cakrawala Yogyakarta .
Ma'arif, A. S. (2007). Komik Muhammadiyah . Bandung: Mizan .
Mahabbati, A. (2010). Pendidikan Inklusif Untuk Anak Dengan Gangguan Emosi dan Perilaku (Tuna Laras). Jurnal Pendidikan Khusus , Vol. 07 No. 02.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan . Manajer Pendidikan , Vol. 09 No. 03.
Sholeh, M. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah Inklusi (Studi Multi Situs di SDN Sumbersari 1 Kota Malang dan SD Muhammadiyah Kota Batu). Tesis, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Wathan, K. P. (2006). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan .
Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan . Jakarta: PT. Adhitya Andrebina Agung .
Published
2020-12-20
How to Cite
Sihati, A., Difany, S., Husna, D., & Habiba, I. (2020). Peran Kepanduan Hizbul Wathan Dalam Pembentukan Karakter Bagi Siswa Tuna Laras. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1669-1674. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.299
Section
Articles