PERANCANGAN APLIKASI KALKULATOR FISIKA PADA MATERI GAYA NEWTON

  • Indica Yona Okyranida Universitas Indraprasta PGRI
  • Fita Widiyatun Universitas Indraprasta PGRI
  • Dwi Aprillia Setia Asih Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: GUI Matlab, gaya Newton, aplikasi

Abstract

Fisika merupakan ilmu yang mempunyai banyak persamaan untuk setiap pokok materinya. Perhitungan fisika memerlukan ketelitian dalam pengerjaannya agar tidak terjadi kesalahan dalam mengerjakan soal, melakukan praktikum, dan melakukan perhitungan yang berhubungan dengan materi fisika Penelitian bertujuan untuk membuat kalkulator fisika sederhana dalam materi Gaya Newton. Metode yang digunakan adalah merancang dan membuat kalkulator fisika dengan menggunakan  GUI Matlab. Hasil yang diperoleh adalah kalkulator fisika yang dibuat dapat digunakan dengan baik sesuai dengan hasil dari perhitungan secara manual.

Author Biographies

Indica Yona Okyranida, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Pendidikan Fisika

Dwi Aprillia Setia Asih, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Pendidikan Biologi

References

[1] N. Dwitiyanti, S. A. Kumala, and F. Widiyatun, “Using the ADDIE Model in the Development of Physics Unit Conversion Application Based on Android as Learning Media,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 10, no. 2, pp. 125–132, 2020, [Online]. Available: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/index.
[2] A. MS and Muh. Husein Baysha, “Pengaruh Media Pembelajaran Matrix Laboratory (Matlab) Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Teknol. Pendidik., vol. 3, pp. 10–20, 2018.
[3] R. M. Hutauruk and P. Rengi, “Estimasi Perhitungan Kebutuhan Daya Kapal dengan Menggunakan Matlab,” J. Perikan. dan Kelaut., vol. 21, no. 1, pp. 54–61, 2016.
[4] S. P. Astuti and T. W. Alhidayatuddiniyah, “Pemanfaatan Software Matrix Laboratory ( Matlab ) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Fisika Kinematika,” Pendek. J. Pendidik. Berkarakter, vol. 3, no. 2, pp. 54–57, 2020.
[5] M. Abdullah, Fisika Dasar 1. 2016.
[6] MathWotks, MATLAB® Creating Graphical User Interfaces. 2020.
Published
2020-12-20
How to Cite
Okyranida, I., Widiyatun, F., & Asih, D. (2020). PERANCANGAN APLIKASI KALKULATOR FISIKA PADA MATERI GAYA NEWTON. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1663-1668. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.297
Section
Articles