HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA YANG BERORGANISASI DI UNIVERSITAS X

  • Ignatius Yudhistira Permata Putra Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Doddy Hendro Wibowo Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Konformitas, Prokrastinasi Akademik & Mahasiswa Berorganisasi

Abstract

Pada mahasiswa berorganisasi di universitas sering ditemui adanya fenomena prokrastinasi akademik terhadap tugas perkulihan dikarenakan adanya perilaku konformitas yang terjadi sebagai dampak tuntutan loyalitas terhadap organisasi yang telah diikuti oleh mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat mengenai terdapatnya hubungan antara konformitas dan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang berorganisasi di universitas X. Peneliti menggunakan teknik sampling jenuh dengan total populasi 95 anggota Lembaga Kemahasiswaan Universitas X. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment menggunakan SPSS. Terdapat dua skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala Konformitas dan skala Prokrastinasi Akademik. Hasil penelitian menunjukan adanya korelasi sebesar 0.397 dan nilai sig. adalah 0.000 (p<0.05) yang berarti terdapat hubungan positif signifikan antara konformitas dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang berorganisasi di Universitas X. Korelasi positif mengartikan bahwa semakin tinggi tingkat konformitas maka semakin tinggi juga prokastinasi akademik. Sebaliknya semakin rendah konformitas maka semakin rendah juga prokastinasi akademik

References

[1] Ardini, D. (2017). Hubungan Manajemen Diri dan Orientasi Masa Depan Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Aktif Kuliah dan Organisasi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(4), 510–520. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4469
[2] Azizah, N., & Kardiyem. (2020). Pengaruh Perfeksionisme, Konformitas, dan Media Sosial terhadap Prokrastinasi Akademik dengan Academic Hardiness sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 119–132. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37240
[3] Baron, R. A., & Branscombe, N. . (2012). Social Psychology, 13th Edition. Pearson Education.
[4] Caesari, Y. K., Listiara, A., & Ariati, J. (2013). “Kuliah Versus Organisasi” Studi Kasus Mengenai Strategi Belajar Pada Mahasiswa Yang Aktif Dalam Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Undip, 12(2), 164-175–175.
[5] Cinthia, R., & Kustanti, E. (2017). Hubungan Antara Konformitas Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Empati, 6(2), 31–37.
[6] Darman, N. A., & Rinaldi. (2019). Hubungan antara Konsep Diri dengan Konformitas pada Mahasiswa yang Berorganisasi. Jurnal Psikologi Sosial, 05, 1–12.
[7] Dluha, M. S., & Solicha, S. (2019). Pengaruh Perfeksionisme, Achievement Goal Orientation dan Jenis Kelamin Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. TAZKIYA: Journal of Psychology, 6(1), 53–68. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v6i1.11003
[8] Dzakiah, S., & Widyasari, P. (2021). Regulasi diri sebagai mediator interaksi mindfulness dan prokrastinasi akademik. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 48–62. https://doi.org/10.30996/persona.v10i1.4129
[9] Endrianto, C. (2014). Hubungan antara self control dan prokrastinasi akademik berdasarkan TMT. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1–11.
[10] Ferrari, Joseph R, Johnson Judith L, M. W. G. (1995). Procrastination and.
[11] Ganta, B. A., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Laki-Laki. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 404. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.7984
[12] Hanggardewa, A. A. (2018). Hubungan Kohesivitas Kelompok dengan Komitmen Organisasi Pada Anggota Organisasi Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya Periode 2017. Jurnal Penelitian Psikologi, 5(3), 1.
[13] Hertz, N., & Wiese, E. (2018). Under Pressure: Examining Social Conformity With Computer and Robot Groups. Human Factors, 60(8), 1207–1218. https://doi.org/10.1177/0018720818788473
[14] Kosasih, K. (2017). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Civic Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 188. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i2.6196
[15] Kurniawati, R., Leonardi, T., Psi, M., Psikologi, F., & Airlangga, U. (2013). Hubungan Antara Metakognisi dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang Aktif Berorganisasi di Organisasi Mahasiswa Tingkat Fakultas. Telp, 2(01), 1–6.
[16] Liu, P. (2016). Research on College Students’ Conformity in Sports. Creative Education, 07(03), 449–452. https://doi.org/10.4236/ce.2016.73045
[17] McCloskey, J., & Scielzo, S. A. (2015). Finally!: The Development and Validation of the Academic Procrastination Scale. Manuscript Submitted for Publication, March, 1–38. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23164.64640
[18] Mehrabian, A., & Stefl, C. A. (2006). Basic Temperament Components of Loneliness, Shyness, and Conformity. Social Behavior and Personality: An International Journal, 23(3), 253–263. https://doi.org/10.2224/sbp.1995.23.3.253
[19] Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868
[20] Noorradya, T. (2020). Hubungan Konformitas Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Di Kota Makassar. Alami Journal (Alauddin Islamic Medical) Journal, 4(1), 18. https://doi.org/10.24252/alami.v4i1.10221
[21] Ramadhani, A. (2016). Hubungan Konformitas dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Tidak Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3), 383–390. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4098
[22] Smith, L. J., & Chenoweth, J. D. (2015). The Contributions Of Student Organization Involvement To Students Self-Assessments Of Their Leadership Traits And Relational Behaviors. American Journal of Business Education (AJBE), 8(4), 279–288. https://doi.org/10.19030/ajbe.v8i4.9422
[23] Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503–509. https://doi.org/10.1037//0022-0167.31.4.503
[24] Sukirno, A., & Ramanda, P. (2022). INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL COUNSELING Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau dari Keaktifan. 6(2), 111–117. https://doi.org/10.30653/001.202262.198
[25] Susanti, E., & Nurwidawati, D. (2014). Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Unesa. Program Studi Psikologi Unesa, 02(3), 1–7.
[26] Wati, L. (2021). Regulasi Diri dan Konformitas Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 608. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6513
Published
2023-12-02
How to Cite
Putra, I., & Wibowo, D. (2023). HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA YANG BERORGANISASI DI UNIVERSITAS X. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(7), 1169-1180. https://doi.org/10.47492/jip.v4i7.2898
Section
Articles