Penerapan Model PjBL dengan Teori Bruner dalam Materi Bangun Datar Kelas 1 SD

  • Devi Fitriyani Universitas Negeri Semarang
  • Abu Fitroh Firmansyah Jurusan PGSD, Universitas Negeri Semarang
  • Arifa Ramadhani Jurusan PGSD, Universitaas Negeri Semarang
  • Dewi Lokasari Jurusan PGSD, Universitaas Negeri Semarang
  • Junita Dewi Fransiska Jurusan PGSD, Universitaas Negeri Semarang
  • Triana Solikhah Jurusan PGSD, Universitaas Negeri Semarang
  • Trimurtini Trimurtini Jurusan PGSD, Universitaas Negeri Semarang
Keywords: PjBL, Teori Bruner, Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran matematika materi bentuk bangun datar dengan model PjBL yang mengintegrasikan teori belajar Bruner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas IA di Sekolah Dasar Negeri Tambangan 02, Semarang, Jawa Tengah. Jumlah siswa sebanyak 25 yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas 1A diperoleh informasi bahwa anak kelas 1A mempunyai karakteristik yang aktif dan cenderung sulit dikondisikan. Selain itu, masih terdapat banyak siswa yang merasa bahwa Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai yang diperoleh mengalami peningkatan, rata-rata nilai pretest adalah 86,8. Sedangkan, saat posttest rata-rata naik menjadi 95,2. Dengan demikian, terbukti bahwa melalui penerapan model PjBL dengan mengintegrasikan Teori Bruner mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas I SD mengenai konsep bentuk bangun datar. 

Kata Kunci: PjBL, Teori Bruner, Bangun Datar

 

This study aims to improve the understanding of the concept of learning mathematics flat shape material with the PjBL model that integrates Bruner's learning theory. The method used in this research is qualitative using a descriptive qualitative approach through data collection techniques, namely interviews, observation, and documentation. The subjects in this study were taken from class IA students at Tambangan 02 State Elementary School, Semarang, Central Java. The number of students is 25 consisting of 13 male students and 12 female students. From the results of observations and interviews with class 1A teachers, information was obtained that class 1A students have active characteristics and tend to be difficult to condition. In addition, there are still many students who feel that Mathematics is a difficult subject. Based on the research results, the average score obtained has increased, the average pretest score is 86.8. Meanwhile, during the posttest the average rose to 95.2. Thus, it is proven that through the application of the PjBL model by integrating Bruner's Theory is able to improve the understanding of grade I elementary school students regarding the concept of flat shapes.

References

Aditya, D. Y., & Solihah, A. (2021, July). Mengembangkan Konsep Bangun Ruang dengan Teori Belajar Bruner Pada Sekolah Menengah Pertama. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).
Wahyudi. 2012. Matematika Realistik dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran Matematika. Salatiga: UKSW.
Ewid, N. A., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(2):283–295.
Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down Syndrome Dan Autisme. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1): 1-14.
Hatip, A., dan Windi Setiawan. (2021). Teori Kognitif Bruner dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2): 88-89.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T.K., Tahrim, T., Anwari, A.M., Rahmat, A., Masdiana, M. and Indra, I., 2021. Media Pembelajaran. Tahta Media Grup: Klaten.
Sundari, I. M. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan siswa (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan XI OTKP 2 SMKN 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2): 314.
Iraqi, H. S., Lena, M. S., Reviana, F. R., & Sulastri, J. (2023). Pengaruh Penggunaan Lagu-lagu dalam Pembentukan Karakter siswa di Sekolah Dasar. YASIN, 3(4): 672-683.
Prastica, Y., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5): 3260-3269.
Wulandari, A. N., & Mawardi, K. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2): 10-17.
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2): 1526-1539.
Published
2023-12-02
How to Cite
Fitriyani, D., Firmansyah, A., Ramadhani, A., Lokasari, D., Fransiska, J., Solikhah, T., & Trimurtini, T. (2023). Penerapan Model PjBL dengan Teori Bruner dalam Materi Bangun Datar Kelas 1 SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(7), 1203-1212. https://doi.org/10.47492/jip.v4i7.2891
Section
Articles