STUDI KASUS KUALITATIF KEBERHASILAN RESTORAN NON WARALABA DI YOGYAKARTA

  • Wardiyanta Wardiyanta Universitas Ahmad Dahlan
  • Retnosyari Septiyani Universitas Ahmad Dahlan
  • Marsudi Endang Sri Rejeki Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Restoran, Restoran Waralaba/ Independen, Kesuksesan Restoran & Yogyakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan restoran non waralaba (independen) di wilayah Yogyakarta, Restoran-restoran ini tampaknya menjadi pilihan investasi pengusaha yang menarik, namun, restoran-restoran independen ini mengalami kegagalan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan restoran berjejaring / waralaba. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan dengan melakukan wawancara dengan 15 pemilik / pengelola usaha restoran di Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo, Sleman dan kota Yogyakarta. Selain itu juga didukung dengan wawancara dengan beberapa pengunjung restoran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif. Metode ini digunakan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja restoran independen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur, kasus-kasus dari lima belas restoran yang sukses. Ada lima faktor yang berpengaruh terhadap suksesnya restoran: faktor kewirausahaan, operaional usaha, aspek produk, promosi dan pemangku kepentingan. Temuan ini diharapkan dapat membantu wirausahawan di masa depan dan mereka yang berinvestasi di restoran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu rujukan dalam perumusan rencana pengembangan bisnis restoran. Selain itu juga dapat berfungsi sebagai pendukung pengembangan manajemen bisnis kuliner.

References

[1] Bertagnoli, L. (2005). How low can they go? Restaurants & Institutions, 115(3), 57–58,60.
[2] Budhwar, K. (2004). Understanding the success factors for independent restaurants in the Delhi / Gurgaon region: An analysis of the gap between management perceptions and customer expectations. Journal of Services Research, 4(2), 7–30,32–36,44.
[3] Camillo, A. A., Connolly, D. J., & Kim, W. G. (2008). Success and failure in Northern California critical success factors for independent restaurants. Cornell Hospitality Quarterly, 49(4), 364–380. doi:10.1177/1938965508317712
[4] Dittmer, P. (2003). Principles of food, beverage, and labor cost controls(7th ed.). New York: J. Wiley.
[5] Kim, H., & Gu, Z. (2006). Predicting restaurant bankruptcy: A logit model in comparison with a discriminant model. Journal of Hospitality & Tourism Research, 30(4), 474–493. doi:10.1177/1096348006290114
[6] Kwansa dan Cho (1995), Bankruptcy cost and capital structure: the significance of indirect cost, dalam International Journal of Hospitality Management Volume 14, Issues 3–4, September–December 1995, Pages 339-350
[7] Ludmila Ivanova et al, (2014) “Characteristics_of_traditional_food_-_the_viewpoint_of_the_tourism_business” https://www.researchgate.net/publication/280304903_
[8] Mandabach, K. H., Siddiqui, M. A., Blanch, G. F., & VanLeeuwen, D. M. (2011). Restaurant viability: Operations rating of contributing success factors. Journal of Culinary Science & Technology, 9(2), 71–84. doi:10.1080/15428052.2011.580707
[9] Parsa, H. G., Self, J. T., Njite, D., & King, T. (2005). Why restaurants fail. Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, 46(3), 304–322.
[10] Power, D. (2005). The making of a bestseller: Success restaurant stories. Chicago: Kaplan Publishing.
[11] Schmidgall, R. S., Hayes, D. K.,& Ninemeier., J. D. (2002). Restaurant financial basics. Hoboken, NJ: John Wiley.
[12] Selfa dan Qazi, 2005, Place, Taste, or Face-to-Face? Understanding Producer–Consumer Networks in “Local” Food Systems in Washington State in Agriculture and Human Values 22(4):451-464
[13] Slattery, P. (2002). Finding the hospitality industry. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education (Oxford Brookes University), 1(1), 19–28.
[14] Vasconcelos, F. C., & Ramirez, R. (2011). Complexity in business environments. Journal of Business Research, 64(3), 236–241. doi:10.1016/j.jbusres.2009.11.007
[15] Žaklina Stojanovi dan Dominique Barjolle (2013) https://www.researchgate.net/publication/276228783
Published
2020-11-30
How to Cite
Wardiyanta, W., Septiyani, R., & Rejeki, M. (2020). STUDI KASUS KUALITATIF KEBERHASILAN RESTORAN NON WARALABA DI YOGYAKARTA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1475-1486. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.285
Section
Articles