PROXY MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK JASA TERAPI BEKAM

  • Diah Kusumayanti Jurusan Biokewirausahaan, Institut Bisnis dan Informasi Kesatuan
  • Eco Femiandini Jurusan Komputerisasi Akuntansi, Politeknik Kent Bogor, Institut Bisnis dan Informasi Kesatuan
Keywords: Minat Beli, Atribut Produk, Kepercayaan Konsumen, Kualitas Informasi, Persepsi Risiko.

Abstract

Masyarakat memiliki banyak pilihan layanan kesehatan yang diyakini dapat menjadi sumber memperoleh kesehatan jasmani, mulai dari pengobatan konvensional (medis) hingga tradisional. Zaman yang semakin modern justru terjadi fenomena kenaikan pengguna jasa layanan pengobatan tradisional baik berupa upaya preventif (pencegahan) ataupun penyembuhan terhadap penyakit. Bekam memiliki potensi bisnis yang akan sangat berkembang untuk menjadi bagian dari gaya hidup sehat masyarakat di masa depan. Meningkatnya minat beli masyarakat terhadap produk jasa terapi bekam ini perlu diberi perhatian mengingat belum banyak survei dan riset yang mengangkat perilaku konsumen pengguna jasa terapi bekam. Penelitian ini diyakini dapat membantu merumuskan komunikasi pemasaran dan kebijakan pemasaran yang efektif mengacu pada pola perilaku konsumennya melalui karakteristik demografi dan sosio-ekonomi, atribut produk, kepercayaan konsumen, kualitas informasi dan persepsi risiko. Metode penelitian ini berupa anlisis deskriptif, analisis indeks jawaban dan Partial Least Squares (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS. Peminat jasa terapi bekam didominasi oleh perempuan di usia dewasa produktif dengan taraf pendidikan well educated, dan berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga dengan pendapatan ekonomi menengah. Faktor atribut produk berupa promosi melalui potongan harga/diskon dan undian berhadiah dalam produk jasa terapi bekam tidak menjadi perhatian dalam memunculkan minat beli konsumen. Dukungan autentifikasi kompetensi terapis menjadi proxy bagi konsumen dalam menimbulkan perasaan aman dan nyaman dalam benak konsumen. Minat beli konsumen terhadap jasa bekam tidak dipengaruhi dari kualitas informasi yang beredar saat ini. Pemahaman literasi informasi risiko terapi bekam bagi konsumen cenderung berperan secara aktif dalam mitigasi resiko pembelian jasa bekam

References

[1] Mulyana, D., Hidayat, D.R., Dida, S., Silvanam, T., Karlinah, S., Suminar, J. R., & Suryana, A., 2020, The Personalistic System of Healthcare in Indonesia: A Case Study. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, (5)1, 1-9.
[2] Dida, S., Lusianab, E., Noviantic, E., Rodiahd, S., & Yulianie, R., 2020, Female Patients’ Treatment-Seeking Behaviour and Factors that Influence their Seeking of Islamic Solutive Treatment, International Journal of Innovation, Creativity and Change, (11)8.
[3] Setyoningsih, A., & Artaria, M. D., 2016, Pemilihan Penyembuhan Penyakit Melalui Pengobatan Tradisional Non Medis Atau Medis, Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, (29)1, 44-56,
[4] Sato, A., 2012, Does Socio-Economic Status Explain Use of Modern and Traditional Health Care Services?, Elsevier: Social Science & Medicine, 1450-1459,.
[5] Jennifer, H., & Saptutyningsih, E., 2015, Preverensi Individu Terhadap Pengobatan Tradisional di Indonesia, Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, (16)1, 26-41.
[6] Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2013, Laporan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Tahun 2013 Dalam Bentuk Angka. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.
[7] Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2019, Laporan Nasional Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.
[8] Kamaluddin, 2010, Pertimbangan dan Alasan Pasien Hipertensi Menjalani Terapi Alternatif Komplementer Bekam di Kabupaten Banyumas, Jurnal Keperawatan Soedirman (5)2.
[9] Risniati, Y., Afrilia, A. R., Lestari, T. W., Nurhayati, & Siswoyo, H., 2019, Pelayanan Kesehatan Tradisional Bekam: Kajian Mekanisme, Keamanan dan Manfaat Traditional Cupping Therapy: A Review of Mechanism, Safety and Benefits, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, (3)3,
[10] Sirotujani, F., Kusbaryanto, & Yuniarti. F.A, 2019, Pengaruh Terapi Bekam Terhadap Penurunan Skala Nyeri dan Peningkatan Kualitas Tidur Pada Pasien Low Back Pain (LBP), Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 10(1), 146-156.
[11] Sardaniah, S., Nurhasanah, H., & Marlena, F, 2020, Pengaruh Terapi Bekam Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Pondok Pengobatan Alternatif Miftahusyifa, Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 3(1), 85–102.
[12] Hasina, S., & Hariyani, E., 2021, Terapi Bekam Berpengaruh Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Darah Total, Jurnal Keperawatan, 13(1), 11-18.
[13] PBI (Persatuan Bekam Indonesia), 2023,https://www.pbinasional.org/semua-anggota.html, diakses pada 22 September 2023.
[14] Mardiah, Pahrul, D., Marleni, L., Saputra, A., & Ematiyana. (2022). The Effect of Beaming Therapy on Blood Pressure Reduction in Hypertension Patients at Home Healthy Ibnusina Palembang. Jurnal Surya Medika (JSM). (7)2. 174 – 180
[15] Ikhwan, Susanti, N., Salamuddin, Darmayanti, N., & Agustina, D., (2023), Eksistensi Penggunaan Bekam dan Efek Sampingnya: Analisis Kuantitatif di klinik BPR Kota Medan, Quality: Jurnal Kesehatan, (17)1, 42-51. DOI: 10.36082/qjk.v17i1.778.
[16] Munthe, N., Rokan, M. K., & Rahmani, N. A., 2022, Pengaruh Peran Manajer, Kualitas Pelayanan Islami dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Bekam Sebagai Variabel Intervening Pada Mitra Sehat Thibbun Nabawi di Masa Covid-19, Jurnal Surya Medika (JSM), (7)2, 174 – 180.
[17] Zhuang, W., Luo X., & Riaz, M. U., 2021, On the Factors Influencing Green Purchase Intention: A Meta-Analysis Approach, Front, Psychol, 12:644020,
[18] Koch, J., Frommeyer, B., & Schewe, G., 2020, Online Shopping Motives during the COVID-19 Pandemic—Lessons from the Crisis, Sustainability, (12)24.
[19] Syahputri, N. M., & Marliyah, 2023, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Terhadap Terhadap Shopping di Kalangan Mahasiswa UINSU. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, (6)1.
[20] Balla, E., 2015, How Do Product’s Attributes Effect Consumer Behavior An Empirical Evidence of The Brand Choice, International Journal of Economics, Commerce and Management United Kingdom, (3)8.
[21] Bourne, P. A., 2009, Socio-demographic determinants of Health care-seeking behaviour, selfreported illness and Self-evaluated Health status in Jamaica, International Journal of Collaborative Research on Internal Medicine & Public Health, (1)4, 101-130.
[22] Adhim, C, 2020, Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Butik Yulia Grace, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 239–247.
[23] Islam, M. S., & Begum, P., 2020, The Impact of Socio-Economic and Demographic Factors on Health Seeking Behavior of Urban Households
[24] Laz˘aroiu, G., Negurit˘a, O. Grecu, I., Grecu, G., & Mitran, P. C., 2020, Consumers’ Decision-Making Process on Social Commerce Platforms: Online Trust, Perceived Risk, and Purchase Intentions, Front, Psychol, DOI: 10.3389/fpsyg.2020.00890.
[25] Widiani N. L. M., Indiani, N. L. P, & Wahyuni, N. M., 2020, Pengaruh Citra Merek danKualitas Informasi Terhadap Minat Konsumen Berbelanja Kembali di Zalora, J.IMB, (4)2, 127-36.
[26] Khan, K. U., Atlas F, Arshad M. Z., Akhtar, S., & Khan F. U., 2022, Signaling Green: Impact of Green Product Attributes on Consumers Trust and the Mediating Role of Green Marketing, Front. Psychol,13:790272, DOI: 10.3389/fpsyg.2022.790272
[27] Shite, E. L., & Marhayeni, 2008, Pengaruh Atribut Produk Terhadap Sikap Konsumen Green Product Cosmetic (Studi Kasus Pada Putri Ayu Martha Tilaar Sun Plasa Medan). Jurnal Manajemen Bisnis. 1(1),10-17.
[28] Bag, S., Tiwari, M. K., & Felix, T. S, 2019, Predicting The Consumer's Purchase Intention of Durable Goods: An Attribute-Level Analysis, ELSEVIER: Journal of Business Research, Vol. 94, 408-419.
[29] Gunawan, A. I., & Hardiyanto, N. (2019). Dekomposisi Variabel Minat Kunjungan Pada Ritel Modern (Mall) Dengan Variabel Prediktor Gaya Hidup Dan Faktor Demografis (Studi pada Ritel Modern di Kota Cirebon). Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. (10)1.
[30] Khairullah, M. (2020). Analisis Pengaruh Variabel Demografis TerhadapMinat BeliJajanan Tradisional di Kecamatan Kraton Yogyakarta. IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business Volume (5). 15-31.
[31] Ersaningtyas, A. P., & Susanti, E. D. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Kualitas Informasi Terhadapa Minat Menggunakan Rekening Bersama Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). Jurnal Bisnis Indonesia. (10)2. 185-198.
[32] Riyanto, M., & Masjud, Y. I., 2017, Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi. FIRM: Journal of Management Studies, (2)2, DOI: http://dx.doi.org/10.33021/firm.v2i2.335
[33] Schiffman, L., & Kanuk, L. L, 2004, Perilaku Konsumen (7th ed.), Jakarta: Indeks.
[34] Hartanto, B., & Indriyani, L., 2022, Minat beli di Marketplace Shopee, Padang Sidempuan: PT. Inovasi Pratama Internasional.
[35] Sari, S. P., 2020, Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen, Psikoborneo, (8)1, 147-155.
[36] Rizky, M. F., & Yasin, H, 2014, Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan, Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(02).
[37] Setyawan, E. B., & Fatimah, S., 2023, Pengaruh Faktor Manfaat dan Faktor Demografi Terhadap Loyalitas Konsumen Okid Café Yogyakarta, Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, (31)2, 42-53.
[38] Eatwell, J., Milgate, Murray, Newman, & Peter, 1989, Social Economics: The New Palgrave, The New Palgrave: A Dictionary of Economics, London: Palgrave, Macmillan, DOI:10.1007/978-1-349-19806-1.
[39] Durlauf, S. N., & Young, H. P., 2001, The New Social Economics, Social Dynamics, Cambridge: MIT Press, 1–14.
[40] Becker, Gary S., 1974, A Theory of Social Interaction, Journal of Political Economy, Chicago Journals, 82 (6), 1063–1093, DOI: 10.1086/260265.JSTOR 1830662.
[41] Becker, Gary S., Murphy, & Kevin M., 2003, Social Economics: Market Behavior in a Social Environment, Harvard University Press, ISBN 9780674011212.
[42] Tommasi, M., Ierulli, & Kathryn, 1995, The New Economics of Human Behavior, Cambridge: Cambridge University Press.
[43] Hubungan Ekonomi terhadap Nilai Sosial' merupakan judul yang bersesuaian dengan JEL: A13 dalam kode klasifikasi Journal of Economic Literature.
[44] Benhabib, J., Bisin, Alberto, Jackson, & Matthew, 2011, Handbook of Social Economics, Elsevier, ISSN 1570-6435.
[45] Malik, M, A., & Azam Syed, S.I., 2012, Socio-Economic Determinants of Household Out-of-Pocket Payments on Healthcare in Pakistan, Int J Equity Health, (11)51.
[46] Veronika, N. P., 2022, Pengaruh Promosi, Atribut Produk, dan Loyalitas Konsimem Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, (11)4., 371-377.
[47] Oscar, B., & Megantara, H. C., 2020, Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Muslim Army, Jurnal Bisnis dan Pemasaran, (10)1.
[48] Indarto, E. W., Suroso, I., & Sudaryanto, 2018, The Effect of Brand Image and Product Attributes on Customer Satisfaction adm Customer Loyalty, Jurnal Aplikasi Manajemen, (16)3.
[49] Choi, M., Han, K. & Choi, J, 2015, The Effects of Product Attributes and Service Quality of Transportation Card Solutions on Service User’s Continuance and Word-of-Mouth Intention, Serv Bus 9, 463–490.
[50] Ngantung, V. N., 2013, Determinant Factors of Product Attributes to Consumer Buying Behavior of Motorcycles, Jurnal EMBA, (1)4, 582 - 708.
[51] Hidayat, A. T., Elita, F. M., & Setiaman, 2012, Hubungan Antara Atribut Produk Dengan Minat Beli Konsumen, EJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, (1)1.
[52] Mawey, T. C., Tumbel, A., & Ogi, I. W. J., 2018, Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Sulutgo, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, (6)3.
[53] Ferrinadewi, Erna, 2008, Merek dan Psikologi Konsumen, Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.
[54] Fakhrudin, A., 2022, Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Harga Berpengaruh Terhadap Keputusan Kuliah Penerbangan di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Manajemen Dirgantara, (15)1.
[55] Widiani N. L. M., Indiani N. L. P., & Wahyuni N. M., 2019, Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Konsumen Berbelanja Kembali di Zalora, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, (4)2.
[56] Nabella, S. D., 2021, Improve Consumer Purchasing Decisions Through Quality of Service, Promotion And Quality of Information At PT. Ng Tech Supplies. International Journal of Science, Technology & Management, 2(3), 880-889.
[57] Suhir, M., Suyadi, I., & Riyadi, 2014, Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online, Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 1–10.
[58] Shaleh, A. R., & Wahab, M. A., 2004, Psikologi Suatu Pengantar : Dalam Perspekif Islam, Jakarta: Kencana,.
[59] Tangesow, N., & Tumbel, A. L, 2019, Pengaruh Gaya Hidup Dan Persepsi RisikoTerhadap Keputusan Pembelian Pakaian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Unsrat 2014), Jurnal EMBA, 7(3), 3468–3477.
[60] Saktiana, N., & Miftahuddin, M. A., 2021, Pengaruh Sikap Konsumen, Persepsi Harga dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal (Studi pada Konsumen Pengguna Kosmetik Berlabel Halal di Purwokerto, Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan, (1)1, 45–62.
[61] Fitriani, & Darmayanti, E. F., 2022, Pengaruh risiko Pembelian dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa FEB UM Metro Angkatan 2020), DERIVATIF: Jurnal Manajemen, (16)2, DOI: 10.24127/jm.v16i2.1126.
[62] Ferdinand, A., 2014, Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen, Universitas Diponegoro, Semarang.
[63] Hair, J.F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., & Danks, N.P., Ray, S., 2021, An Introduction to Structural Equation Modeling. In: Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Classroom Companion: Business, Springer, Cham.
[64] Wijaya, A.,2019, Metode Penelitian Menggunakan Smart PLS 03, Innosain, Indonesia.
[65] Muharram S., Kasmawati, & Musdalipa, 2019, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Masyarakat dalam Memilih Pengobatan Alternatif Bekam, BIMIKI, 7(1).
[66] Hakim, L. N., 2020, Urgensi Revisi Undang-Undang Rentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, (11)1.
[67] Suharjo, S. N., & Harianto, A., 2019, Perbedaan Gaya Hidup Sehat dan Sikap Terhadap Makanan Organik dari Generasi Baby Boomers, X, Y di Surabaya, Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), 45-58.
[68] Kristiyanto, A., 2018, Peluang dan Ancaman Revolusi Industri 4.0 Bagi Gaya Hidup Sehat Generasi Milenial (Telaah Survey Indeks Partisipasi Olahraga dan Kebugaran Generasi Milenial di Provinsi Jawa Tengah), National Seminar of Sport Science “Pengembangan IPTEK Keolahragaan untuk Memajukan Generasi Milenial yang Bugar dan Berprestasi”, UNS Press.
[69] Syahputra, H., Dalimunthe, A., Nazliniwaty, & Nasution, L.R., 2022, Pelayanan Informasi dan Konseling oleh Apoteker tentang Penyakit Degeneratif serta Pemeriksaan Kesehatan kepada Masyarakat di Desa Ndokum Siroga, PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(4), 573-579.
[70] Damayanti S, Muharani F, & Gunawan B., 2012, Profil Penggunaan Terapi Bekam di Kabupaten/Kota Bandung ditinjau dari Aspek Demografi, Riwayat Penyakit, dan Profil Hematologi, Acta Pharmaceutica Indonesia, (37)3, 102-109.
[71] Arista, W., 2021, Konstruksi Sosial Masyarakat pada Pengobatan Alternatif Sebagai Solusi Penyembuhan Penyakit (Studi pada Pengguna Pengobatan Alternatif di Pandaan), Masters (S2) Thesis: Universitas Muhammadiyah Malang.
[72] Rahman, S., Ramazani, A. K., Satria, D., Azharudding, & Salawati, L., 2023, Hubungan Tingkat Pendidikan dan Sikap Terhadap Pilihan Pengobatan Trauma Muskuloskeletal di Kota Banda Aceh, Indonesia, Intisari Sains Medis, (14)1, 81-87, DOI: 10.15562/ism.v14i1.1589
[73] Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 561.7/kep.776-kesra/2022 Tentang Upah Minimum Kabupaten/kota Di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.
[74] Yanti, I, 2021, Kebiasaan Masyarakat dalam Memilih Pengobatan Alternatif Terhadap Suatu Penyakit di Desa Samaulue Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang, Jurnal Ilmiah: Manusia dan Kesehatan, (4)1, DOI: https://doi.org/10.31850/makes.v4i1.529
[75] Purnomo, D. D., Permana, A. R., Irawan, D., & Qomariah, N., 2023, The Influence of Service Quality, Brand Image, and Customer Satisfaction on Customer Loyalty of Bekam Therapy Center Jember, International Journal of Management Science and Information Technology (IJMSIT), 3(2).
[76] Utami, C. W, Pranatasari, F. D, & Sudyasjayanti, C., 2018, Manajemen Jasa: Paradigma Jasa Modern dalam Industri Jasa di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.
[77] Helisa, G. P., 2022, Manfaat Terapi Bekam Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien: Literature Review, Jurnal Medika Hutama, (4)1, 3171-3177.
[78] Suharmanto, S., 2023, Manfaat Terapi Bekam bagi Kesehatan Tubuh, Jurnal Penelitian Perawat Profesional. 5(4), 1617-1624.
[79] Prabandini, R. T., & Rachmawati, I. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli Sociolla. Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa. (18)1.
[80] Andrew, J., & Erdiansyah, R. (2021). Analisis Pengaruh E-WOM, Online Review, dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Beli di Marketplace Tokopedia. Prologia. (5)1.
[81] Yandi, D. R., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna E-Commerce Situs Blibli.Com dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Masyarakat Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha. (1)3.
[82] Irianto, D. F., & Emi A., 2020, Analisa Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Jajanan Pasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang, Journal of Food System and Agribusiness, 5(1), 19-27. http://dx.doi.org/10.25181/jofsa.v5i1.1790.
[83] Yunita, N. R., Hadi, S., & Umi F. (2019). Perngaruh Persespi Risiko, Kepercayaan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online di Bukalapak (Studi Kasus pada Komunitas Bukalapak Ponorogo). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. 3(1), 60-105.
[84] Purboyekti, S. (2017). Gambaran Persepsi Masyarakat Terhadap Pengobatan Komplementer dan Alternatif di Wilayah Kelurahan Pondok Benda RW013 Pamulang 2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.
Published
2023-11-03
How to Cite
Kusumayanti, D., & Femiandini, E. (2023). PROXY MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK JASA TERAPI BEKAM. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(6), 1015-1034. https://doi.org/10.47492/jip.v4i6.2837
Section
Articles