The APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES DIGESTIVE SYSTEM MATERIAL CLASS VIIIB SMP NEGERI 2 WAIBAKUL

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 WAIBAKUL

  • Asnonia Rambu Weja Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Keywords: PBL, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian adalah PTK, model Kemmis dan Mc. Taggart dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian terdiri dari kegiatan prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Waibakul TA 2022/2023, berjumlah 23 orang. Prasiklus, siswa yang tuntas 35,2%, yang tidak tuntas 64,8%. Siklus 1, aspek afektif 11 orang predikat baik, 12 orang predikat cukup. Yang tuntas 56,5%, tidak tuntas 47,1%. Siklus 2 aspek afektif 13 siswa predikat sangat baik, 10 predikat baik. Yang tuntas 76,6%, yang tidak tuntas 11,8%. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia.

Author Biography

Vidriana Oktoviana Bano, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Pendidikan Biologi, FKIP

References

[1] Hajar, N, A. Djoko, D. & Atik C, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta
[2] Sanjaya, W. (2006). Metode berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
[3] Rusman, (2014). Model-model pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
[4] Novitasari, A, B. (2015). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta
[5] Sumenari, K. (2017) Meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penerapan model Problem Based Learning. Jurnal of Education research vol:2, no:2
[6] Suryati, O. (2019). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada kelas VIIIA SMP BOPKRI 3 Yogyakarta T.A 2018/2019. FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
[7] Hardiwiyono, A, S. (2018). Pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V. FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
[8] Eti, A. U. R., & Bano, V. O., (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Umbu Ratu Nggay. Fourmosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), Vol.1, No,8,2022:1601-1616
[9] Mulyasa. Mega. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan model Problem Based Learning. Universitas Negeri Medan
[10] Arends, & Trianto (2004). Desain Model Inovatif progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group
[11] Koi, Y. D., Bano, V. O., & Taranau, O. K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi Biogenerasi, 7(1), 225-230
[12] Udju, A. D., Bano, V. O., & Enda, R. R. H., (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Mauliru. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.4, No.1
Published
2023-11-03
How to Cite
Weja, A., & Bano, V. (2023). The APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES DIGESTIVE SYSTEM MATERIAL CLASS VIIIB SMP NEGERI 2 WAIBAKUL. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(6), 1073-1080. https://doi.org/10.47492/jip.v4i6.2818
Section
Articles