EFEKTIFITAS PEMBERIAN FOOT MASSAGE DAN MUROTAL AL-QURAN PADA PASIEN LANSIA DENGAN HIPERTENSI

  • Hafizh Qalbi Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas harapan Bangsa
  • Madyo Maryoto Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas harapan Bangsa
Keywords: Hipertensi, Foot Massage, Murotal AL-Quran

Abstract

Lanjut usia (Lansia) merupakan seseorang dengan usia lebih dari 60 tahun, dimana saat usiatersebut akan mengalami masa penuaan, Seiring terjadinya proses penuaan pada lansia akan menglami perubahan fisik dimana pada system kardiovaskuler terjadi peningkatan tekanan darah atau hipertensi akibat resistensi pembuluh darah peifer meningkat. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan tenang. Penelitian ini bertujuan Untuk menggambarkan asuhan keperawatan pada Tn. H Dengan Hipertensi Dengan Intervensi Kombinasi Pemberian Foot Massage Dan Murotal Al Quran Di Desa Dawuhan Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Desain penelitian ini adalah deskriptif melalui studi kasus pada Keluarga Tn. H Dengan Hipertensi. Peneliti dalam mengumpulkan data melalui tahapan proses anamnesis, pengamatan, phsysical assessment, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya tindakan terapi massage punggung dan murottal Al- Quran surat Ar-Rahman pada Tn. H di dapatkan klien merasa lebih rileks dan mengatakan nyeri pada daerah leher dan kepala berkurang. Sebelumnya klien dengan skala nyeri 4 setelah dilakukan tindakan massage punggung dan murottal Al- Quran surat Ar-Rahman menjadi skala 2. Hal ini sesuai  penelitian efektifitas massage punggung untuk mengurangi nyeri kepala pada penderita hipertensi yang dialkukan oleh Purwandari, dkk yang menunjukan hasil bahwa pemberian terapi nonfarmakologis pijat punggung efektif untuk menurunkan skala nyeri kepala pada pasien hipertensi

References

[1] Abdul Muhith. (2016). Pendidikan Keperawatan Gerontik (P. Christian (ed.)). Andi.
[2] Ansar J, Dwinata I, M. A. (2019). Determinan Kejadian Hipertensi Pada Pengunjung Posbindu Di Wilayah Kerja Puskesmas Ballaparang Kota Makassar. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, 1(3), 28–35.
[3] Bowling, N. A., & Kirkendall, C. (2012). Workload : A Review of Causes , Consequences , and Potential Interventions. 2.
[4] Febriyanti, F., Rini, S., Ulfah, M., & Dewi, P. (2021). The Influence of Murotal Therapy on the Decrease of Blood Pressure on Puerperal and Preeclampsia Women: Literature Review. 34(Ahms 2020), 2017–2019. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.210127.017
[5] Gobel, M., Mulyadi, N., & Malara, R. (2016). Hubungan Peran Parawat Sebagai Care Giver Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat Di Rsu. Gmibm Monompia Kotamobagu Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 4(2), 108313.
[6] Harsismanto, J., Andri, J., Payana, T. D., Andrianto, M. B., & Sartika, A. (2020). Kualitas Tidur Berhubungan dengan Perubahan Tekanan Darah pada Lansia. Jurnal Kesmas Asclepius, 2(1), 1–11.
[7] Kemenkes RI. (2019). Hipertensi Si Pembunuh Senyap. Kementrian Kesehatan RI, 1–5.
[8] Nade, M. S., & Rantung, J. (2020). Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Tuberulosis Paru Di Wilayah Kerja Puskesmas Gading Rejo. CHMK Nursing Scientific Journal, 4(1), 1–7.
[9] Prabhakara, G. (2010). Health Statistics (Health Information System). In Short Textbook of Preventive and Social Medicine. https://doi.org/10.5005/jp/books/11257_5
[10] Prof. Dr. Jatie K. Pudjibudojo, S. U. P., Adelia Kesumaningsari, S. P. M. S., & Tilawah Hasanah Puteri Pertiwi, S. P. (2021). Berbagi Seputar Usia Lanjut. Zifatama Jawara.
[11] Sitanggang, Y. F., Frisca, S., Sihombing, R. M., Koerniawan, D., Tahulending, P. S., Febrina, C., Purba, D. H., Saputra, B. A., Rahayu, D. Y. S., & Paula, V. (2021). Keperawatan Gerontik. Yayasan Kita Menulis.
[12] Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (1 ed.). Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
[13] Tim Pokja SLKI DPP PPNI. (2019). Standar Luaran Keperawatan Indonesia (1 ed.). Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
Published
2023-10-05
How to Cite
Qalbi, H., & Maryoto, M. (2023). EFEKTIFITAS PEMBERIAN FOOT MASSAGE DAN MUROTAL AL-QURAN PADA PASIEN LANSIA DENGAN HIPERTENSI. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(5), 957-962. https://doi.org/10.47492/jip.v4i5.2807
Section
Articles