ANALISIS STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI KRISIS DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Achmad Alfin UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
Keywords: COVID-19, Strategi Bertahan, UMKM

Abstract

Di Era pandemi covid-19 yang saat ini telah melanda indonesia mengakibatkan kelesuan ekonomi di berbagai sektor. Sektor yang terdampak diantaranya adalah sektor umkm. Banyak pelaku usaha yang mengalami penurunan pembeli yang mengakibatkan penurunan omset penjualan. Hal ini disebabkan pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat agar tetap berdiam dirumah. Maka dari itu perlu adanya strategi yang bisa membuat mereka terus bertahan dan meningkatkan kembali omset pendapatan mereka.metode penelitian yang digunkan adalah dengan analisis kualitatif dengan langkah eksploratif dengan menggunakan teknik observasi partispatif. Hasil penelitian ini memberikan berbagai macam strategi yang bisa dilakukan pelaku usaha diantaranya melakukan penjualan secara E-commerce, melakukan pemasaran secara digital, memperbaiki kualitas produk dan layanan, serta menjalin hubungan baik dengan konsumen atau menjalin hubungan pemasaran pelanggan. Hasil penelitian bisa dilakukan oleh pelaku usaha mengingat terjadinya perubahan kondisi dan diharapkan pelaku usaha bisa bertahan

References

ARTIKEL JURNAL
Achjari, Didi, 2000. “ Potensi manfaat dan problem E-commerce” . Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol.15, No.3. Hal. 388-395
Aco ambo, Endang Andi Hutami, 2017, ” Analisis bisnis e-commerce pada mahasiswa universitas islam Negeri alaudin Makssar”.
Dedi Purwana ES,Rahmi, Shandy A, 2017, “ Pemanfaatan digital marketing Bagi usaha mikro, kecil, dan menengah, (UMKM) Di kelurahan malaka sari, duren sawit “. JPMM, Vol.1, No.1,, Hal 1-17
Farida, N., Naryoso, A., & Yuniawan, A. 2017. “ Model of Relationship Marketing and E-Commerce in Improving Marketing Performance of Batik SMEs “. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(1) , Hal. 20–29.

Hardilawati, W. L.(2019).”The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business” .373, 83–87
Hardilawati, W. L. (2019). “Model Pemasaran Hubungan Pelanggan, Inovasi Dan E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ukm Di Pekanbaru” . Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 9(2), 213–222
Hardilawati WL, “ Strategi Bertahan UMKM Di tengah Pandemi Covid-19”, jurnal akuntansi dan ekonomika, Vol 10. No.1, Juni 2020, hal 94
Helmalia, H., & Afrinawati, A. 2018. “ Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang ”. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2),hal. 237.
Lestari, S. P., & R, K. A. 2019.” The Effect Of Product Quality Toward Interest In”. 5(2). Hal 95–102.

BUKU
Putra, Heddy Shri Ahimsa. 2003. Ekonomi Moral, Rasional dan Politik.Yogyakarta: Kepel Press.
Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya (Arita L (ed.)). Grasindo

Undang-Undang

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, krcil dan Menengah

WEBSITE

DDTCNews , 2020. “ Survei Terbaru BPS: 82,8% Pelaku Usaha Akui Alami Penurunan Pendapatan ”, Available at: https://news.ddtc.co.id/survei-terbaru-bps-828-pelaku-usaha-akui-alami-penurunan-pendapatan-23934
(Diakses : 31 Oktober 2020)

Ekarina, 2020, “ Pandemi ubah Perilaku belanja: Non-pangan E-Commerce naik, Mal anjlok “, Available at : https://katadata.co.id/ekarina/berita/5f7efbf709045/pandemi-ubah-perilaku-belanja-non-pangan-e-commerce-naik-mal-anjlok
(Diakses : 31 Oktober 2020)

Jurnalisme data, 2020, “ Digitalisasi , strategi UMKM selamat dari krisis “, Available at: https://katadata.co.id/0/analisisdata/5f03cf11e0198/digitalisasi-strategi-umkm-selamat-dari-krisis
(Diakses: 31 oktober 2020 )

Laudon dan traver, 2017. “ Definisi e-commerce “ Available at: https://sinta.unud.ac.id/uploads/dokumen_dir/30891dcc38a57617b6b0c7593f45a1f2.pdf
(Diakses : 31 oktober 2020)

Pasar dana, 2020, “ Kadin sebut lebih dari 6,4 juta pekerja dirumahkan dan di PHK akibat pandemi ”. Available at : https://pasardana.id/news/2020/10/7/kadin-sebut-lebih-dari-6-4-juta-pekerja-dirumahkan-dan-phk-akibat-pandemi/
(Diakses : 31 Oktober 2020 )
OECD. 2020. “ SME Policy Responses “. Available at :
https://read.oecd-ilibrary.org/view/?ref=119_119680-di6h3qgi4x&title=Covid-19_SME_Policy_Responses
(Diakses : 31 oktober 2020)

Proxsis.east , “ pengertian produk, definisi kualitas produk, dan dimensi kualitas produk “, Available at :
https://surabaya.proxsisgroup.com/pengertian-produk-definisi-kualitas-produk-dan-dimensi-kualitas-produk/#:~:text=Kualitas%20Produk%20(Product%20Quality)%20adalah,Quality%20Manajemen%20(TQM)%E2%80%9D.
(Diakses 2 november 2020 )

Setiawan, “Sebanyak 37.000 UMKM terdampak virus corona”. Available at : https://money.kompas.com/read/2020/04/17/051200426/sebanyak-37.000-umkm-terdampak-virus-corona (Diakses : 31 Oktober 2020)
Worldometers. (2020, April 23). Avaliable at : COVID-19 Coronavirus Pandemic:
https://www.worldometers.info/coronavirus/
(Diakses :15 November 2020)
Published
2020-12-20
How to Cite
Alfin, A. (2020). ANALISIS STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI KRISIS DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543-1552. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.280
Section
Articles