PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI PT MDK

  • fandi fandi Kwik Kian Gie
Keywords: Kualitas Layanan, Harga, Kepercayaan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Salah satu hal utama dalam perusahaan penyedia jasa adalah Kepuasan Konsumen. PT Moobel Design Konstruksi merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa di bidang konstruksi berupaya mencari faktor penting yang menjadi keinginan Konsumen dalam Kepuasan Konsumen. Dengan mengetahui faktor penting tersebut diharapkan dapat menjadi tolak ukur perusahaan dalam mengembangkan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran tentang pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Kepercayaan apakah menjadi faktor penting dalam kepuasan yang diinginkan oleh Konsumen dalam bidang jasa konstruksi. Penelitian ini menggunakan teori Kualitas Layanan, Harga, Kepercayaan, dan kepuasan konsumen. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu variabel indpenden dan variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kualitas Layanan, harga, dan kepercayaan, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan konsumen.Objek Penelitian ini adalah PT Moobel Design Konstruksi yang berdomisili di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen dan mitra usaha PT Moobel Design Konstruksi sebanyak 127 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, uji f, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari uji analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X (Kualitas Layanan, Harga, dan Kepercayaan) mempengaruhi variabel Y (Kepuasan Konsumen). Penelitian ini menunjukkan responden memberikan penilaian yang cukup baik terhadap Kualitas Layanan, harga, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kualitas Layanan, harga, dan kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen PT Moobel Design Konstruksi.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Harga, Kepercayaan, Kepuasan Konsumen.

References

[1] Antaranews, Kebutuhan rumah masyarakat tak surut meski pandemi masih melanda, diakses 23 Agustus 2023, https://www.antaranews.com/berita/2706181/kebutuhan-rumah-masyarakat-tak-surut-meski-pandemi-masih-melanda
[2] Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Penerbit Qiara Media.
[3] Ghozali, Imam. (2016), Aplikasi Analisis Mulvariate dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8, Semarang: Universitas Diponegoro
[4] Ghozali, Imam. (2018), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
[5] Ghozali, Imam & Latan, Hengky (2017), Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0, Edisi ke-3, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro
[6] Kementrian Keuangan Republik Indonesia 2022, Kementrian Keuangan Republik Indonesia, diakses 23 Agustus 2023. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-banjarmasin/baca-artikel/14769/Pemulihan-Perekonomian-Indonesia-Setelah-Kontraksi-Akibat-Pandemi-Covid-19.html
[7] Kompas, Tren perumahan terus membaik, diakses 23 Agustus 2023, https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2022/01/21/tren-perumahan-terus-membaik
[8] Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing (17th Edition). Pearson, London.
[9] Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing (18e Global Edition). Harlow: Pearson Education Limited.
[10] Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15 Global Edition). Harlow: Pearson Education Limited.
[11] Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
[12] Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (13th Edition). New York: McGraw-Hill Education.
[13] Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (Fall 1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 41-50.
[14] Rangkuti, F. (2017). Customer Care Excellence: Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus, Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[15] Tjiptono, Fandy (2017). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi
[16] Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (Seventh Edition). New York: McGraw-Hill Education.
Published
2023-10-05
How to Cite
fandi, fandi. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI PT MDK. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(5), 963-974. https://doi.org/10.47492/jip.v4i5.2797
Section
Articles