ANALISIS KINERJA PETUGAS RAMP HANDLING PT GAPURA ANGKASA TERHADAP KESELAMATAN PENERBANGAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL RADEN INTEN II LAMPUNG

  • Randy Ariestama Aulia Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Maria Valeria Roellyanti Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Keywords: kinerja, ramp handling, keselamatan penerbangan

Abstract

Penelitian ini menganalisis kinerja petugas ramp handling PT Gapura Angkasa di Bandar Udara Internasional Raden Inten II Lampung terkait keselamatan penerbangan. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dengan narasumber seperti Kepala Divisi Ramp Handling, petugas engineering, dan petugas operasi, serta analisis dokumen terkait keselamatan penerbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petugas memiliki fokus pada keselamatan, tanggung jawab, dan inisiatif dalam mengatasi risiko dan situasi darurat, dengan penekanan pada Standar Operating Procedure (SOP) dan adaptabilitas. Kinerja petugas ini tampaknya berdampak positif pada keselamatan penerbangan melalui kepatuhan terhadap SOP, pemahaman risiko, dan tindakan proaktif dalam mencegah bahaya, meskipun data insiden tidak tersedia. Upaya ini berperan dalam menjaga keselamatan dan kualitas kerja di bandara tersebut.

References

[1] Achmadi, Bergas Prima (2020) Analisis Penanganan Ramp Safety Di Unit Ramp handling Pada Pt. Gapura Angkasa Di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Tugas Akhir Thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
[2] Arjuna, Fiqih Ridho. 2023. Analisis Risiko Kecelakaan Kegiatan Ramp handling Pada PT. Gapura Angkasa di Bandar Udara Radin Inten II Lampung. Student Scientific Creativity Journal, V, 1-4.
[3] Hodi, Hodi. 2020. Analisis Kinerja Ramp handling dalam Mencapai Ground Time Pesawat Air bus A320-200 Maskapai Citilink. Jurnal Manajemen Dirgantara, V, 13-1.
[4] Jasfadinar, Mochamad Zoleva. 2022. Analisis Profesionalis Kinerja Aviation Security (Avsec) Terhadap Pemeriksaan Barang Bawaan Penumpang Di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang. Jurnal Kewarganegaraan, V,6-1.
[5] Kusuma, N.M.P dan Komarani, Komarani.2016. Kegiatan Ramp handling Pada Maskapai Citilink Pt Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Jurnal Ground Handling Dirgantara, V, 3-1.
[6] Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja
[7] Muhamad, Muhamad. 2022. Peran Petugas Ramp handling dalam Mencapai Ground Time pada Maskapai Wing Air di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahudin Bima. Journal of Multidisciplinary Research, V, 1- 4.
[8] Prasetyo, Teldi dan Pradana, F.I. 2022. Analisis Kinerja Unit Ramp handling dalam Mencapai Keselamatan dan on Time Performance Batik Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Journal of Multidisciplinary Research, V, 1-3.
[9] Putri, C.A.M. 2016. Analisis Pengaruh Pelayanan Ground Handling Terhadap Kepuasan Penumpang Rute Cengkareng-Semarang (Cgksrg) Pada Maskapai Batik Air Di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Jurnal Ground Handling Dirgantara, V, 3-2.
[10] Robby, Robby. 2020. Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pulik Di Kantor Bpjs Kesehatan Cabang Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah, Makassar
[11] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alphabet.
[12] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
[13] Wastuti,Sri dan Susilowati, Tri dan Mubaraq, M. 2020. Optimalisasi Keamanan Dan Keselamatan Ramp handling Di Bandara Abdul Rachman Saleh Oleh Pt. Avia Citra Dirgantara. Jurnal Mitra Manajemen, V, 11-2.
Published
2023-08-31
How to Cite
Aulia, R., & Roellyanti, M. (2023). ANALISIS KINERJA PETUGAS RAMP HANDLING PT GAPURA ANGKASA TERHADAP KESELAMATAN PENERBANGAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL RADEN INTEN II LAMPUNG. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(4), 887-894. https://doi.org/10.47492/jip.v4i4.2777
Section
Articles