PENGUATAN DESTINATION BRANDING UNTUK MENARIK INVESTOR DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DANAU TOBA

  • Sarmoko Sarmoko Prodi Magister Pariwisata Berkelanjutan, Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran
  • Evi Novianti Prodi Magister Pariwisata Berkelanjutan, Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran
  • Edwin Rizal Prodi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran
Keywords: Tourism Destination Branding, Kawasan Danau Toba, Investor, Komunikasi Pariwisata, Destinasi Pariwisata

Abstract

Kawasan Danau Toba menjadi destinasi pariwisata super-prioritas di Indonesia.  Kebijakan ini, membutuhkan peran semua pihak dalam mempercepat proses pembangunan tersebut. Tak terkecuali investor.  Tourism destination branding merupakan salah satu strategi yang dapat dikembangkan destinasi pariwisata dalam menarik minat investor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi penguatan tourism destination branding untuk menarik investor dalam pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba melalui aspek destination identity & personality, destination differentiation, dan stakeholder involvement. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan studi dokumentasi dari berbagai literatur, laporan maupun dokumen hasil kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah dilakukan berbagai upaya penguatan tourism destination branding dalam menarik investor di destinasi pariwisata Danau Toba. Pada aspek destination identity & personality, Danau Toba menghadirkan dirinya sebagai destinasi pariwisata berkelas internasional yang juga menjunjung nilai budaya lokal. Adapun pada aspek destination differentiation, Danau Toba merupakan Geopark Global UNESCO serta didukung dengan aksesibilitas yang memadai. Selain itu dalam aspek stakeholder involvement, Danau Toba terus bekerja sama untuk melestarikan lingkungan melalui konsep green investment. Dalam menjaga tourism destination branding tersebut, pengelola Kawasan Danau Toba harus melakukan berbagai program yang relevan serta terus menjaga hubungan baik dengan para pemangku kepentingan

References

[1] Aliedan, M.M. et al. (2023) ‘Who Is Going Green? Determinants of Green Investment Intention in the Saudi Food Industry’, Agriculture (Switzerland), 13(5). Available at: https://doi.org/10.3390/agriculture13051047.
[2] Baalbaki, J. and Zizka, L. (2023) ‘Egyptian crises and destination brand image: the resurrection of the mummy’, Current Issues in Tourism [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.1080/13683500.2023.2187280.
[3] Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (2020) Garis Besar Rencana Kawasan Danau Toba. Available at: https://www.bpodt.id/integrated-tourism-masterplan-for-lake-toba/ (Accessed: 27 July 2023).
[4] Basit, A., Nurlukman, A.D. and Kosasih, A. (2020) ‘The Effect of Social Media Destination Branding: The Use of Facebook and Instagram’, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 439.
[5] Boyce, C. and Neale, P. (2006) Monitoring and Evaluation-2 Conducting In-Depth Interviews: A Guide for Designing and Conducting In-Depth Interviews for Evaluation Input. Available at: https://nyhealthfoundation.org/wp-content/uploads/2019/02/m_e_tool_series_indepth_interviews-1.pdf (Accessed: 3 June 2023).
[6] BPODT (2023a) ‘Akun Instagram BPODT’. Available at: https://www.instagram.com/otorita.danautoba/ (Accessed: 1 August 2023).
[7] BPODT (2023b) Investasi. Available at: https://www.bpodt.id/investasi/ (Accessed: 31 July 2023).
[8] BPODT (2023c) Siaran Pers: BPODT MenggelarJ Jumpa Pers Awal Tahun 2023. Available at: https://www.bpodt.id/bpodt-menggelar-jumpa-pers-awal-tahun-2023/ (Accessed: 28 July 2023).
[9] BPODT (2023d) Siaran Pers: Jelang Revalidasi oleh UGGp, Komite Nasional Geopark Indonesia Tinjau Kawasan Geosite Kaldera Toba. Available at: https://www.bpodt.id/siaran-pers-jelang-revalidasi-oleh-uggp-komite-nasional-geopark-indonesia-tinjau-kawasan-geosite-kaldera-toba/ (Accessed: 1 August 2023).
[10] BPODT (2023e) ‘Siaran Pers: Kunjungi Toba Caldera Resort, Bank Central Asia, KPNCorp dan Growth Steel Group Buka Peluang Investasi’. Available at: https://www.bpodt.id/siaran-pers-kunjungi-toba-caldera-resort-bank-central-asia-kpncorp-dan-growth-steel-group-buka-peluang-investasi/ (Accessed: 31 July 2023).
[11] Caldera Toba Geopark (2023) Toba Caldera UNESCO Global Geopark. Available at: https://calderatobageopark.org/ (Accessed: 1 August 2023).
[12] Chauhan, H., Jain, V.K. and Verma, H. (2023) ‘Destination branding as new tool for economic development: a qualitative approach with reference to Jaunsar Bawar Region, Uttarakhand’, International Journal of Spa and Wellness, 6(1), pp. 109–130. Available at: https://doi.org/10.1080/24721735.2022.2115331.
[13] Creswell, J.W. and Creswell, J.D. (2017) Research and Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Fifth Edit. California: SAGE Publications Inc.
[14] Fitriyani Pakpahan, E. et al. (2023) ‘Danau Toba Sebagai UNESCO Global Geopark Dalam Perspektif Hukum Lingkungan’, Al’ Adl:Jurnal Hukum, 15.
[15] Freire, J.R. (2016) ‘Managing destination brand architecture - The case of Cascais Municipality’, Place Branding and Public Diplomacy, 12(1), pp. 78–90. Available at: https://doi.org/10.1057/pb.2015.23.
[16] Herat, R.A., Rembang, Max.R. and Kalangi, J. (2015) ‘Peran Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Kabupaten Pualu Morotai’, Acta Diurna, 4(4).
[17] Juniawati, G.R. (2022) ‘Dampak Investasi Pariwisata terhadap Fungsi Permukiman di Ubud Bali: Transformasi Keruangan, Sosial dan Ekonomi’, Journal of Regional and Rural Development Planning, 6(3), pp. 276–286. Available at: https://doi.org/10.29244/jp2wd.2022.6.3.276-286.
[18] Kemenparekraf (2022a) Menparekraf Ajak Investor Berinvestasi Kembangkan Potensi Parekraf Danau Toba. Available at: https://wonderfulimages.kemenparekraf.go.id/read/672/menparekraf-ajak-investor-berinvestasi-kembangkan-potensi-parekraf-danau-toba (Accessed: 31 July 2023).
[19] Kemenparekraf (2022b) Siaran Pers : Menparekraf Ajak Investor Berinvestasi Kembangkan Potensi Parekraf Danau Toba. Available at: https://kemenparekraf.go.id/destinasi-super-prioritas/siaran-pers-menparekraf-ajak-investor-berinvestasi-kembangkan-potensi-parekraf-danau-toba (Accessed: 31 July 2023).
[20] Kemenparekraf (2023a) F1 Powerboat Lake Toba Ready to Roll Out. Available at: https://kemenparekraf.go.id/en/super-priority-destination/f1-powerboat-lake-toba-ready-to-roll-out (Accessed: 1 August 2023).
[21] Kemenparekraf (2023b) Siaran Pers: Menparekraf Jabarkan Update Rencana Investasi di 5 DPSP Indonesia. Available at: https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-jabarkan-update-rencana-investasi-di-5-dpsp-indonesia (Accessed: 28 July 2023).
[22] Kemenparekraf (2023c) Siaran Pers: Wamenparekraf: F1 Powerboat Berikan Multiplier effect bagi Masyarakat Danau Toba. Available at: https://kemenparekraf.go.id/destinasi-super-prioritas/siaran-pers-wamenparekraf-f1-powerboat-berikan-multiplier-effect-bagi-masyarakat-danau-toba (Accessed: 28 July 2023).
[23] Kemlu (2020) Kaldera Toba di tetapkan sebagai UNESCO Global Geopark. Available at: https://kemlu.go.id/portal/id/read/1457/berita/kaldera-toba-di-tetapkan-sebagai-unesco-global-geopark (Accessed: 31 July 2023).
[24] kompas.com (2021) Jaga Warisan Danau Toba, Kemenparekraf Gelar Konferensi Internasional Heritage of Toba. Available at: https://biz.kompas.com/read/2021/10/07/093139528/jaga-warisan-danau-toba-kemenparekraf-gelar-konferensi-internasional-heritage-of (Accessed: 28 July 2023).
[25] Lanita, K.R.A., Natadjaja, L. and Febriani, R. (2019) ‘Perencanaan Destination Branding Desa Wisata Pujon Kidul Malang Jawa Timur’, Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), pp. 1–11.
[26] Lusiana, L., Neldi, M. and Sanjaya, S. (2021) ‘Analisis Investasi Sektor Pariwisata, Jumlah Objek Wisata, Jumlah Kunjungan Wisatawan Dan Retribusi Kawasan Wisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kota Padang’, Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 9(1), pp. 25–34.
[27] Malba, E. and Taher, I.M. (2016) ‘Analisis Input-Output Atas Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Maluku’, Bina Ekonomi, 20(2), pp. 213–229. Available at: www.malukuprov.go.id.
[28] Martin, P.R. and Moser, D. V. (2016) ‘Managers’ green investment disclosures and investors’ reaction’, Journal of Accounting and Economics, 61(1), pp. 239–254. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jacceco.2015.08.004.
[29] Meyke, B. et al. (2022) ‘PERKEMBANGAN BISNIS PARIWISATA SECARA PERSPEKTIF DI DANAU TOBA KOTA PARAPAT (Studi Kasus Danau Toba di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon)’, Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen, 10(3). Available at: https://ejournal.stmikgici.ac.id/.
[30] Miles, M.B. and A. Huberman, M. (1994) Matthew B. Miles, Michael Huberman - Qualitative Data Analysis_ An expanded Sourcebook 2nd Edition (1994).pdf. Second Edi. California: SAGE Publications Inc.
[31] Nafees, L. and Harish, R. (2010) ‘Brand architecture in tourism branding: The way forward for India’, Journal of Indian Business Research, 2(3), pp. 153–165. Available at: https://doi.org/10.1108/17554191011069442.
[32] Neuman, W.L. (2013) Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Seventh Ed. Harlow: Pearson Education Limited.
[33] NSI (2020) Toba Caldera Resort. Available at: https://northsumatrainvest.id/id/investment-project/toba-caldera-resort (Accessed: 28 July 2023).
[34] Nugroho, M.A. and Puspita, Y. (2021) ‘Model dan Strategi Kebijakan Investasi Sektor Pariwisata Untuk Pemerataan Pembangunan di Kabupaten Probolinggo’, Journal of Tourism and Creativity, 5(2), pp. 129–138.
[35] Nurhayati, N. (2016) ‘Analisis Investasi Sektor Pariwisata Oleh Pemerintah Daerah Kota Batam Tahun 2014’, Jurnal Dimensi, 5(2).
[36] Pancoran Tirta Siusar (2021) Geopark Indonesia Summit 2021.
[37] Parawansah, D.S. et al. (2022) ‘SENAMA Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga Peran Komponen 5A Pada Kepuasan Pengunjung (Studi Empiris Destinasi Wisata Taman Bunga Celosia)’, in Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen. Salatiga: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga, pp. 66–76. Available at: https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/senama/article/view/275/268 (Accessed: 28 July 2023).
[38] Rahardipha, L.A., Wahyu, H. and Widiartono, W. (2016) ‘Analisis Program Destination Branding Provinsi Nusa Tenggara Barat (Studi Deskriptif kualitatif Terhadap Rinjani Traccking Manajement Board pada Taman Nasional Gunung Rinjani)’, Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1).
[39] Satrio, M.A. (2021) Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Pariwisata Mandalika Melalui Kerangka Branding ‘Wonderful Indonesia’, Indonesian Perspective.
[40] Simamora, R.K., Rudi, D. and Sinaga, S. (2016) ‘Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pariwisata Alam dan Budaya di Kabupaten Tapanuli Utara’, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 4(1), pp. 79–96. Available at: http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma.
[41] Suherlan, H., Hidayah, N. and Mada, W.R. (2019) The Synergy Of Penta-Helix Stakeholders In The Development Of Smart Destination In Dieng Tourism Area, Central Java-Indonesia.
[42] Tahir, D.Y., Kiyai, B. and Dengo, S. (2021) ‘Strategi Promosi Pariwisata Bunga di Kota Tomohon’, JAP, 7(102).
[43] Trenasia (2023) F1 Powerboat Raih Total Investasi Senilai Rp70 Miliar. Available at: https://www.trenasia.com/f-1-powerboat-raih-total-investasi-senilai-rp-70-miliar (Accessed: 1 August 2023).
[44] UNESCO (2015) What is a UNESCO Global Geopark? Available at: https://www.unesco.org/en/iggp/geoparks/about#:~:text=UNESCO%20Global%20Geoparks%20are%20single,protection%2C%20education%20and%20sustainable%20development. (Accessed: 1 August 2023).
[45] Valentino Elim, Y., Istiqlaal, S. and Modena, A.P. (2019) ‘Perumusan Indeks Penilaian 5A (Attraction, Accessibilities, Amenities, Accommodation Dan Awareness) Untuk Obyek Wisata Pantai Lasiana Kupang Provinsi NTT’, FLOBAMORA, 2(2), pp. 20–38. Available at: http://www.flobamora.e-journal.id20.
[46] Wardani, M.P. (2016) ‘Kontribusi Pengembangan Pariwisata Danau Toba Melalui Skema Bop (Badan Otorita Pariwisata) Bagi Masyarakat Di Sekitar Danau Toba’. Available at: https://www.researchgate.net/publication/311451871.
[47] Wattanacharoensil, W., Kantamara, S. and Muangasame, K. (2020) ‘An investigation of the Kumamon and Sukjai mascots on destination branding’, Journal of Place Management and Development, 14(2), pp. 201–221. Available at: https://doi.org/10.1108/JPMD-11-2019-0095.
[48] Wilopo, K.K. and Hakim, L. (2017) ‘Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus pada Kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 41(1).
[49] Wu, J. and Ji, C. (2023) ‘Image Construction of China’s Rural Sports Tourism Destination from the Perspective of Rural Revitalization’, Tourism Management and Technology Economy, 6(3). Available at: https://doi.org/10.23977/tmte.2023.060301.
[50] Wulandari, N.A., Kartini, D.S. and Yuningsih, N.Y. (2021) ‘Akselerasi Pengembangan Destinasi Wisata Danau Toba (Studi Realisasi Prinsip Good Governance Pada Badan Pelaksana Otorita Danau Toba)’, Jurnal MODERAT, 7(3).
[51] Yusof, M.F.M. and Ismail, H.N. (2015) ‘Destination Branding Identity from the Stakeholders’ Perspectives’, International Journal of Built Environment and Sustainability, 1(1). Available at: https://doi.org/10.11113/ijbes.v1.n1.58.
[52] Pranatasari, F. D., & Diva, M. A. (2020). Analisis Perbedaan Persepsi Brand Equity Destinasi Wisata Borobudur Pada Generasi X, Y Dan Z. Parsimonia, 7(1), 68–79. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Published
2023-08-12
How to Cite
Sarmoko, S., Novianti, E., & Rizal, E. (2023). PENGUATAN DESTINATION BRANDING UNTUK MENARIK INVESTOR DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DANAU TOBA. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(3), 735-754. https://doi.org/10.47492/jip.v4i3.2768
Section
Articles