ANALISIS DIFFERENSIASI PRODUK KULINER LOKAL DALAM MENDUKUNG WISATA KOTA CIREBON

  • Iva Yulia Mustafa Prodi D3 Perhotelan, Politeknik Pariwisata Prima Internasional
  • Abdul Khalim Prodi D3 Perhotelan, Politeknik Pariwisata Prima Internasional
Keywords: Kuliner; Cirebon; Wisata

Abstract

Potensi Wisata kuliner Cirebon sangat tinggi Kuliner Cirebon menjadi tujuan utama Wisatawan untuk berkunjung ke Kota Cirebon. Dan munculnya beberapa kuliner yang baru dengan memodifikasi jenis kuliner yang sudah adamenjadikan Kuliner Khas Cirebon semakin bervariasi dan diharapkan menambah kemenarikan kunjungan Wisatawan. Penelitian ini, diharapkan dapat membuktikan Analisis Differensiasi Produk Kuliner Lokal Dalam Mendukung Pariwisata Kota Cirebon. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pentingnya differernsiasi produk Kuliner Lokal dalam menarik Wisatawan untuk datang ke Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi atau mixed methods, metode ini merupakan penggabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Menggunakan analisa regresi berganda hasil penelitian ini membuktikan bahwa baik differensiasi produk memegang peranan dalam pengambilan keputusan konsumen

References

[1] P. Kotler and K. L. Keller, Marketing management. Upper Saddle River: NJ Pearson Education, Inc, 2009.
[2] M. T. Amir, Dinamika Pemasaran: Jelajahi & Rasakan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
[3] U. Sumarwan, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2004.
[4] A. Khalim and Y. Hardiyansyah, “Analisa Pengaruh EWOM Instagram Terhadap Keputusan Kunjungan Wisata Pada ODTW Di Kota Cirebon,” J. Inov. Penelit., vol. 2, no. 6, pp. 1813–1820, 2021.
[5] Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
[6] P. Kotler and G. Amstrong, Dasar-dasar pemasaran. Jakarta: Indeks, 2003.
[7] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
[8] M. D. Ghony and F. Almanshur, Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
[9] Detik.com, “Mi Koclok, Kuliner Legendaris Berkuah Kental Khas Cirebon,” 2022. [Online]. Available: https://www.detik.com/jabar/kuliner/d-6150315/mi-koclok-kuliner-legendaris-berkuah-kental-khas-cirebon. [Accessed: 06-Jan-2023].
[10] A. Khalim and D. Fitriyana, “Analisa Potensi Wisata Kampung Arab Panjunan Dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Di Kota Cirebon,” J. Inov. Penelit., vol. 4, no. 1, pp. 169–178, 2023.
[11] kompas.com, “Resep Empal Gentong Cirebon yang Empuk dan Tidak Amis,” 2021. [Online]. Available: https://www.kompas.com/food/read/2021/11/28/202600375/resep-empal-gentong-cirebon-yang-empuk-dan-tidak-amis. [Accessed: 12-Jun-2023].
[12] DISBUDPAR Kota Cirebon, “Legenda Empal Asem,” 2021. [Online]. Available: https://disbudpar.cirebonkota.go.id/2021/07/12/legenda-empal-asem-empal-gobag/. [Accessed: 10-Jun-2023].
[13] liputan6.com, “Cerita Haji Apud Ciptakan Empal Gentong dalam Kemasan Kaleng,” liputan6.com, 2018. [Online]. Available: https://www.liputan6.com/regional/read/3304413/cerita-haji-apud-ciptakan-empal-gentong-dalam-kemasan-kaleng. [Accessed: 12-Jun-2023].
Published
2023-08-01
How to Cite
Mustafa, I., & Khalim, A. (2023). ANALISIS DIFFERENSIASI PRODUK KULINER LOKAL DALAM MENDUKUNG WISATA KOTA CIREBON. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(3), 573-582. https://doi.org/10.47492/jip.v4i3.2747
Section
Articles