ECO-EDUTOURISM: MEMBANGUN MODEL BISNIS INOVATIF UNTUK KEBERLANJUTAN DESA WISATA ALAM ENDAH

  • Irfan Taufik Risda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elly Malihah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rini Andari Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Pariwisata Berkelanjutan ; Model Bisnis ; Eco-edutourism

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan model bisnis eco-edutourism di desa Alam Endah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Studi kasus dilakukan di desa Alam Endah yang merupakan desa wisata di Kabupaten Bandung serta mendapatkan juara kedua pada even Anugrah Desa Wisata (ADWI). Hasil dari penelitian ini adalah pemetaan model melalui sembilan balok business model canvas yang terdiri dari customer segment, value proposition, chanel, customer relationship, revenue stream, key activities, key resource, key partner dan cost structure. Dengan adanya penelitian ini diharapkan analisis yang lebih mendalam melalui value prosition canvas, SWOT, VRIO dan Five Porter’s agar pemetaan model bisnis eco-edutourism lebih komperhensif dan dapat menjadi pedoman bagi desa Alam Endah ataupun desa wisata lainnya dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan

References

[1] Arida, I. N. S. (2016). Buku Ajar Pariwisata Berkelanjutan.
[2] Asmin, F. (2018). Buku Ekowisata dan Pembangunan Berkelanjutan: Dimulai dari Konsep Sederhana. https://www.researchgate.net/publication/323309174
[3] Kennedy, P. S. J. (2020). Vuca Dalam New Normal.
[4] Kusdiyanti, H., Febrianto, I., Wijaya, R., & Agustina, N. I. (2022). The Innovation of sustainable business model in eco-edutourism: a way for creating society 5.0. 14(2), 177–191. https://doi.org/10.26740/bisma.v14n2.p177-191
[5] Moleong, L. (2005). Metode Penelitian Kualitatif.
[6] Nur, A., Gunawan, S., Rahardjo, S., Amelia, M. T. K. P., & Ds, M. (2021). Penguatan Pengelolaan Potensi Desa Wisata Alamendah melalui Perencanaan Masterplan Tata Ruang / Guna Lahan. 1–4.
[7] Oktaria, D., Ruriawan, M. F., Yasirandi, R., Makky, M. Al, Andrade, P. E., Zahib, M. A., Informatika, F., Telkom, U., & Telekomunikasi, J. (2021). PENGEMBANGAN PLATFORM DAN KONTEN PETA WISATA DESA ALAMENDAH. 2019–2022.
[8] Osterwalder, A. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers.
[9] Santoso, A. B., Kurniawan, E., & Syifauddin, M. (2019). The Development Of Eco-Edutourism Village In Mangrove Tapak Forest Area, Tugurejo, Tugu Sub-District As A Community-Based Tourism. 313(ICoRSIA 2018), 328–333. https://doi.org/10.2991/icorsia-18.2019.79
[10] Sugiyono. (2017). prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive.com ).pdf.
Published
2023-07-31
How to Cite
Risda, I., Malihah, E., & Andari, R. (2023). ECO-EDUTOURISM: MEMBANGUN MODEL BISNIS INOVATIF UNTUK KEBERLANJUTAN DESA WISATA ALAM ENDAH. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(2), 503-510. https://doi.org/10.47492/jip.v4i2.2739
Section
Articles