Analisis Dampak Covid-19 Terhadap UMKM (studi kasus home industri klepon di Kota Baru Driyorejo)

  • Evi Suryani UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
Keywords: Kata Kunci: dampak pandemi, UMKM, strategi pengembangan

Abstract

Abstrak

Adanya pandemi covid-19 ini banyak sekali dampak yang dirasakan oleh pemerintah bahkan masyarakat kecil sekalipun. Salah satu dampak yang memiliki pengaruh yang sangat besar yakni masalah perekonomian. pertumbuhan ekonomi global juga menurun ditandai dengan PDB dunia yang menurun di angka 2%. Perekonomian Indonesia ke depan akan sangat bergantung pada proses penanganan pandemi ini.  Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana keadaan UMKM saat ini yang sedang mengalami resesi, dan bagaimana cara para pelaku UMKM untuk bisa mempertahankan uasahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode wawancara secara langsung dengan narasumbe pihak pertama dan analisi SWOT. UMKM pada saat ini sangat berpengaruh besar pada masa pandemi agar bisa menstabilkan perekonomian.

Kata Kunci: dampak pandemi, UMKM, strategi pengembangan

References

Amin, D. S. (n.d.). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERBASIS INDUSTRI KREATIF DI KOTA MALANG. jurnal ilmu ekonomi, 9.
Feni Dwi Anggraeni, I. H., & Hayat, A. (2018). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI FASILITASI PIHAK EKSTERNAL DAN POTENSI INTERNAL (STUDI KASUS PADA KELOMPOK USAHA EMPING JAGUNG DI KELURAHAB PANDANWANGI KECAMATAN BLIMBING, KOTA MALANG) . Jurnal Adminitrasi Publik, 3.
Hafni, A. R. (n.d.). ANALISIS USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA. 9.
Halim, A. (2020). PENGARUH PERTUMBUHAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEM MAMUJU. Jurnal ilmah ekonomi pembangunan, 7.
Permana, S. H. (2017). STRATEGI PENINGKATAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA. 6.
Resalawati, A. (2011). Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi. skripsi, 31.
Santoso, Y. I. (2020, April selasa). menghitung dampak covid-19 terhadap dunia usaha hingga UMKM. Retrieved from https://nasional.kontan.co.id/news/menghitung-dampak-covid-19-terhadap-dunia-usaha-hingga-umkm?page=all
Sudati, H. E. (2019). UMKM Sebagai pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 3-4.
Sugiri. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 3.
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 4.
Published
2020-12-20
How to Cite
Suryani, E. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap UMKM (studi kasus home industri klepon di Kota Baru Driyorejo). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1591-1596. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.272
Section
Articles