DAMPAK DAN STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI MASA PANDEMI DAN ERA NEW NORMAL

  • Anava Salsa Nur Savitri IAIN Salatiga
  • Ahmad Ulil Albab Al Umar IAIN Salatiga
  • Ana Fitriani IAIN Salatiga
  • Muammar Taufiqi Lutfi Mustofa IAIN Salatiga
  • Yusvita Nena Arinta IAIN Salatiga
Keywords: New normal, Pandemi, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dan strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada masa pandemi dan era new normal. Metode dalam Penelitian ini menggunakan studi empiris dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan data sekunder. Hasil dalam Penelitian ini menunjukkan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah terdampak sangat besar dengan adanya pandemi Covid 19. Namun demikian, Usaha Mikro Kecil dan Menengah mendapat perhatian khusus dari pemerintah sehingga dapat membantu permasalahan yang dialami UMKM. Usaha Mikro Kecil dan Menengah kedepannya dapat menerapkan strategi baru guna meminimalisir dampak adanya pandemi ini.

References

Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87–95.
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI, 3(2).
Herman. (2020). 2.322 Koperasi dan 185.184 UMKM Terdampak Covid-19. Retrieved September 10, 2020, from beritasatu.com website: https://www.beritasatu.com/iman-rahman-cahyadi/ekonomi/642537/2322-koperasi-dan-185184-umkm-terdampak-covid19
Kumala, R., & Junaidi, A. (2020). Strategi Bisnis Dan Pemanfaatan Kebijakan Pajak Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Era New Normal (Studi Kasus Pelaku UKM Marketplace). Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 98–103. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Naili, F., Naryoso, A., & Ardyan, E. (2017). Model of relationship marketing partnerships between batik SMEs and batik distributors in central Java, Indonesia. International Journal of Social Ecology and Sustainable Development, 8(4), 1–14. https://doi.org/10.4018/IJSESD.2017100101
Pakpahan, A. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64
Pitaloka, H., Al Umar, A. U. A., Hartati, E. R., & Fitria, D. (2020). The Economic Impact of Covid 19 Outbreak: Evidance From Indonesia. Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(3).
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Republika. (2020). Pemerintah akan berikan modal kerja ke umkm dalam bentuk blt.
Setyorini, D., Nurhayati, E., & Rosmita. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 3(5), 501–509.
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575
Susanti, A., Istiyanto, B., & Jalari, M. (2020). Strategi UKM pada Masa Pandemi Covid-19 SMEs Strategy at Covid-19 Pandemic SMEs Strategy at Covid-19 Pandemic.
Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-isu Penting. Jakarta: LP3ES.
Published
2020-11-26
How to Cite
Nur Savitri, A., Albab Al Umar, A., Fitriani, A., Mustofa, M., & Arinta, Y. (2020). DAMPAK DAN STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI MASA PANDEMI DAN ERA NEW NORMAL. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1433-1437. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.271
Section
Articles