UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PMRI PADA PESERTA DIDIK KELAS III B SDN BANJARBENDO

  • Dwi Rizki Oktaviani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Terbuka
  • Noviana Desi Ningrum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Indri Sari Utami Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Hasil Belajar, PMRI, Pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model pembelajaran pmri pada peserta didik kelas III B SDN Banjarbendo. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian PTK yang dilakukan melalui dua siklus. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dan kuantitatif, data dikumpulkan dengan lembar observasi serta tes hasil belajar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III B yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang sebelumnya sebanyak 77% peserta didik yang tidak tuntas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran PMRI, model pembelajaran PMRI dianggap mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-B pada materi pecahan. Hal ini dapat dilihat dari data hasil belajar peserta didik yang diperoleh setelah diterapkan siklus I menunjukkan ketuntasan belajar mencapai 68%, dan setelah dilakukan siklus II ketuntasan belajar peserta didik naik menjadi 72%. Berdasarkan analisis data tersebut maka peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PMRI pada materi pecahaan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III-B SDN Banjarbendo

References

[1] Agusdianita, N., & Asmahasanah, S. (2020). Penyusunan Perangkat Model Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Rme Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Kreativitas, Dan Karakter Siswa Sd. Attadib Journal Of Elementary Education, vol 4.
[2] Arikunto S, d. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[3] Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori dan Implementasinya.
[4] Jakarta: Rajawali Pers.
[5] Hanapiati, I. (2016). PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI 011 BUKIT GAJAH KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN . Jurnal
[6] Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau . Volume 5 No. 3 .
[7] Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.
[8] Marhamah, d. (2011). PENGEMBANGAN MATERI AJAR PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PMRI DI SD NEGERI 21 PALEMBANG. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, VOLUME 5. NO. 2, 172-173.
[9] Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.
[10] Sri Anjuma, Y. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam Peningkatan Hasil Belajar Pecahan di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies Vol 3 No.2.
[11] Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Depok: Rajawali Pers. Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Published
2023-07-01
How to Cite
Oktaviani, D., Ningrum, N., & Utami, I. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PMRI PADA PESERTA DIDIK KELAS III B SDN BANJARBENDO. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(2), 433-438. https://doi.org/10.47492/jip.v4i2.2691
Section
Articles