PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN LKPD MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI SATAP MATAWAI IWI

  • Ambu Banja Oru Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Riwa Rambu Hada Enda Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Keywords: Hasil Belajar, Keaktifan, Talking Stick, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Talking Stick berbantuan LKPD Mind Mapping  di SMP Negeri Satap Matawai  Iwi. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII B yang berjumlah 27 orang. Teknik dan instrumen pengambilan data yang digunakan tes, observasi dan dokumentasi pada materi Sistem Ekskresi Manusia.  Pengukuran hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif dan keaktifan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan penerapan model Pembelajaran Talking Stick berbantuan LKPD Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri Satap Matai Iwi dengan kriteria sangat baik. Hal ini dapat ditunjukan pada hasil keaktifan belajar peserta didik pada prasiklus 25,92% pada siklus I 51,85% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,18%.  Penerapan Pembelajaran Talking Stick berbantuan LKPD Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri Satap Matai Iwi. Hal tersebut berdasarkan hasil tes hasil belajar kognitif peserta didik prasiklus 63,33%, siklus I 70,92% dan siklus II 79,62%.

References

[1] R. Afdianur, A. Gani, and S. Sulastri, “Penerapan Model Talking Stick Pada Pembelajaran Materi Koloid Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Peserta Didik,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 2, pp. 61–69, 2020, doi: 10.23887/jpk.v4i2.26145.
[2] P. Aselinda, V. O Bano,. and R. R. H. Enda., ”Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Smp Kristen Payeti Hasil, J. Inov. Penelit., vol. 3, no. 9, pp. 7673–7682, 2023.
[3] I. A. Dewi Wulandari, I. M. Suarsana, and I. G. Ngurah Pujawan, “Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick, Mind Mapping, Dan Kemampuan Komunikasi Matematis,” MaPan, vol. 6, no. 1, pp. 82–93, 2018, doi: 10.24252/mapan.2018v6n1a8.
[4] Z. Nailufar and J. Susilowibowo, “Studi Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( Lkpd ) Berbasis Mind Mapping,” J. Pendidik. Ekon., vol. 15, no. 1, pp. 50–59, 2021, doi: 10.19184/jpe.v15i1.21909.
[5] P. . Nilayati, I. . Suastra, and I. . Gunamantha, “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD,” J. Pendidik. dasar Indones., vol. 3, no. 1, pp. 31–40, 2019.
[6] P. Aswirna, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa di MTsN Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota,” Nat. Sci. J. Penelit. Bid. IPA dan Pendidik. IPA, vol. 4, no. 1, pp. 503–515, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/444.
[7] N. K. M. Kusumayani, I. M. C. Wibawa, and K. Yudiana, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd,” J. Pendidik. Multikultural Indones., vol. 2, no. 2, p. 55, 2019, doi: 10.23887/jpmu.v2i2.20805.
[8] N. Listari and Z. Gazali, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berdasarkan Konsep Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” Empiricism J., vol. 3, no. 1, pp. 68–73, 2022, doi: 10.36312/ej.v3i1.790.
[9] N. Syahidah, “Metode Mind Map Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pelajaran Ekonomi,” Pros. Semin. Nas., no. 5, pp. 108–117, 2015.
[10] I. Aprinawati, “Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 2, no. 1, pp. 140–147, 2018, doi: 10.31004/basicedu.v2i1.35.
[11] W. Indriati, “Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Statistika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 7, no. 2, pp. 157–163, 2022, doi: 10.51169/ideguru.v7i2.321.
[12] E. M. Hau, V. O. Bano,. and R. R. H. Enda,"Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Umbu Ratu Nggay" J. Inov. Penelit., vol. 4, no. 1, pp. 89–99, 2023.
[13] M. Nuna, V. O. Bano, and Y. Njoeroemana, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Mind Mapping di SMA Negeri 1 Paberiwai,” J. Inov. Penelit., vol. 3, no. 9, pp. 7683–7692, 2023.
[14] D. Esti Pertiwi, A. Muliadi, and T. Samsuri, “Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Siswa Kelas X MIA SMAS NW Mataram Tahun Pelajaran,” J. Ilm. IKIP Mataram |, vol. 7, no. 2, p. 2020, 2020.
Published
2023-07-01
How to Cite
Oru, A., Bano, V., & Enda, R. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN LKPD MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI SATAP MATAWAI IWI. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(2), 401-410. https://doi.org/10.47492/jip.v4i2.2687
Section
Articles