DAMPAK COVID-19 TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) ( Studi Kasus UMKM Ikhwa Comp Desa Watesprojo, Kemlagi, Mojokerto)

  • Khofifah Nur Ihza Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Covid-19, UMKM, Pendapatan & Strategi

Abstract

Artikel ini difokuskan pada Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta Upaya meningkatkan pendapatan UMKM saat pandemi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tinggi dampak  Covid-19  terhadap UMKM dan sekaligus ada berbagai upaya guna pelaku usaha untuk meningkatkan suatu pendapatannya di tengah wabah Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, diskusi dengan pelaku usaha dan dari beberapa sumber artikel – artikel lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak Covid-19 terhadap UMKM Ikhwa Comp lumayan  tinggi, antara lain dapat menurunkan pendapatan serta penurunan tingkat daya beli masyarakat. Ada beberapa upaya pelaku usaha guna meningkatkan suatu pendapatan seperti mempelajarai lebih detail lagi tentang teknologi, memberikan pelayan yang baik bagi konsumen serta meperhatikan kualitas barang yang akan di jual ke konsumen. Selain ituhasi penelitian ini merekomendasikan  strategi bertahan umkm adalah dengan melakukan perdagangan melalui e-commerce, Digital marketing, penambahan layanan terhadap konsumen serta mengoptimalkan hubungan pemasaran dengan para konsumen, dan mempertahan produk serta menjaga pelanggan yang sudah ada.

References

[1] Chih-Cheng Lai, T.-P. S.-C.-J.-R. (2020). " Severe Acute Respiratory Syndrome Coronabirus 2 (SASR-CoV-2) and Coronavirus Sisease-2019 (COVID-19): The Epidemic and The Challenge". Internasional Journal of Antimicrobial Agents, 55.
[2] Hardilawati, W. L. (2020, Juni). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10(No. 1).
[3] Mona, N. (2020, Januari-Juni). " Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 2(No. 2).
[4] Nur Rohim Yunus, d. A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i, Vol. 7(No. 3).
[5] Pakpahan, A. K. (t.thn.). Covid-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
[6] Pratiwi, M. I. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Jurnal Ners, Vol. 4(No. 2).
[7] Purwanti, E. (2012, Juli). Pengaruh Karakteristik Wirausaha , Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Among Makarti, Vol. 5 (No. 9).
[8] Sarmigi, E. (2020). Analisis Pengaruh Covid-19 Terhadap Perkembangan UMKM Di Kabupaten Kerinci. Jurnal Al - Dzahab, Vol. 1, 3.
[9] Thaha, A. F. (2020, Juni). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, Vol.2, 148.
Published
2020-11-25
How to Cite
Ihza, K. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) ( Studi Kasus UMKM Ikhwa Comp Desa Watesprojo, Kemlagi, Mojokerto). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1325-1330. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.268
Section
Articles