PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI SATAP PULUPANJANG

  • Loda Ana Amah Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yohana Ndjoeroemana Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Keywords: Model pembelajaran, kooperatif, Group Investigation, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam kegiatan pra siklus, siklus 1 dan siklus II dengan jumlah siswa 36 orang. Peningkatan ranah kognitif siswa yang tuntas pada tahap pra siklus mencapai 27%, siklus I dengan rata rata 65,8 dan jumlah siswa yang tuntas 45% dan tidak tuntas 55%, dan siklus II dengan rata rata 70,2 siswa yang tuntas mencapai 80% dan tidak tuntas 20%. Pada ranah afektif tahap siklus I predikat sangat baik 16 orang, predikat baik 10 orang, predikat cukup 5 orang dan predikat kurang 5 orang dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 29 orang predikat sangat baik, predikat baik 7 orang.  Dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII IPA pada materi sistem pencemaran lingkungan di SMP Negeri Satap Pulupanjang

References

[1] Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Membuat Seni Kolase Menggunakan Model Project Based Learning Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah P2m Stkip Siliwangi, 7(2).
[2] Angraini, Temu. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Pada Peserta didik jurnal matematika dasar 8 (9), 145 -220.
[3] Aminullah, (2017). Kajian Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikkreatif Matematis. membagun generasi berkarakter melalui pembelajaran inovatif, 43-51.
[4] Herman, Alimuddin. (2017). Penrapan Model Pembealajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika ,2(1) 143-157.
[5] Ibrahim, R. (2013:31). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal ADDIN,7(1), 129- 154.
[6] Kadek, W. C., M, & D. T. S., Kadek, A. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V. Jurnal Mimbar Ilmu.2 (26), 233-242.

[7] Koi, Y. D., Bano, V. O., & Taranau, O. K. (2022). Penerapan Model Pembelajarann Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Stuktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.Jurnal Pendidikan Biologi Biogenerasi, 7(1), 225–230.

[8] D, Kondang. V. O. Bano, & Y. Ndjoeroemana, (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Nggoa, J. KRIDATAMA SAINS DAN Teknologi, vol. 4, no. 2, pp. 104–115.

[9] Muakhirin, B. (2014:51). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Peserta Didik SD. Jurnal Ilmiah GURU ‘’COPE’’.1(28),51-57.
[10] Meha, M, L. A., Bano. O., V & Y. Ndjoeroemana, (2022). Penerapan Model Pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 mauliru Formosa journal Multidisciplinary Research vol 2 no 4.
[11] Pranata, E. (2016 :36). Impelementasi Model pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, I (1), 34- 38.
[12] Putra, P. G.N., Margunayasa, I.G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Studi Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.24256/jp2. V1i2.88.
[13] Suparmi, Sarwono. & Gamal Rindarjono. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Geografi Terhadap Hasil Geografi Pada Materi Sejarah Pembentukan Bumi Dan Jagad Raya Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Sukarakarta Tahun 2013. Tesis S2, Program Studi Pendidikan Kependidikan Dan Lingkungan Hidup Proram PASCA Sarjana.
[14] G. Tarapanjang, V. O. Bano, & A. T. Ina, (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMAN 1 Kahaungueti, Quagga J. Pendidik. dan Biol., vol. 14, no. 2, pp. 175–182, doi: 10.25134/quagga. v14i2. 5747.
[15] B, Wicaksono. S. L. & Nugroho, W. (2017:3). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Aksioma, 8 (2), 1-8.
[16] Wisnawa, I. D. G. R., Renda, N.T & Widana, I.W. (20162). Penerapan Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 6 (3),1-10.
Published
2023-07-01
How to Cite
Amah, L., Bano, V., & Ndjoeroemana, Y. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI SATAP PULUPANJANG. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(2), 241-252. https://doi.org/10.47492/jip.v4i2.2674
Section
Articles