FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN DALAM MEMBELI JENIS PRODUK CENDERAMATA DAN MAKANAN KHAS KOTA CIREBON

  • Ety Setiawati Prodi D3 Perhotelan, Politeknik Pariwisata Prima Internasional
  • Chondro Suryono Prodi D4 Pengelolaan Perhotelan, Politeknik Pariwisata Prima Internasional
Keywords: Cenderamata, Makanan Khas, Keputusan Membeli

Abstract

Atraksi Wisata yang merupakan point of interest (POI) harus ditunjang dengan fasilitas wisata yang berkualitas contohnya hotel, fasilitas makan dan minum, cenderamata, fasilitas hiburan, kesehatan dan lain-lain serta ditunjang dengan aksesibilitas yang memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke sebuah DTW. Cenderamata dan makanan khas merupakan salah satu sarana promosi yang efektif bagi sebuah destinasi wisata karena umumnya cenderamata dan makanan merupakan produk khas atau asli sebuah destinasi wisata. Kenyataan yang terjadi, banyak daerah yang awalnya dikenal dengan keunikan dan kekhasan produk cenderamata, akhirnya menjadi daya tarik bagi wisatawan dan berkembang menjadi atraksi wisata. Metode penelitian yang akan dipergunakan dalam penelitian ini adalah sequential exploratory design, yaitu metode kualitatif dan selanjutnya dilengkapi dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian : wisatawan berkunjung ke Cirebon, menyukai  produk hasil pertanian, yang  paling diminati adalah mangga gedong (28%), kemudian tape ketan hijau (21%) dan sirup/jeruk nipis peras (15%). Umumnya wisatawan memilih kerupuk sebagai buah tangan yang berbahan dasar hasil laut (60%), kemudian ikan asin (19%) dan terasi (19%). Makanan khas Kota Cirebon yang paling diminati adalah empal gentong (41%),  nasi jamblang (35%) dan nasi lengko (12%). Produk cenderamata khas Kota Cirebon yang paling diminati adalah kain/baju batik (58%), kerajinan batik (28%) dan kerajinan tangan rotan (14%). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli produk cenderamatadan makanan khas adalah faktor budaya hidup, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Hasil akhir penelitian ini berupa rekomendasi peningkatan kualitas produk cenderamata dan makanan khas Kota Cirebon.

References

[1] Collins COBUILD advanced dictionary., Boston: Heinle Cengage Learning, 2009.
[2] P. Kotler and G. Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, PT. Erlangga, 2013.
[3] Disbudpar, "Data Kunjungan Wisatawan," Cirebon, 2023.
[4] BPS, Badan Pusat Statistik Kota Cirebon, Cirebon, 2020.
[5] A. Khalim and D. Fitriyana, "Analisa Potensi Kampung Arab Panjunan Dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Di Kota Cirebon," Jurnal Inovasi Pariwisata, 2023.
[6] "Undang-Undang Nomor 10 Tentang Pariwisata," Jakarta, 2009.
[7] Sedarmayanti, Membangun dan Mengembangkan Kebudayaan dan Industri Pariwisata, Bandung: Refika Utama, 2014.
[8] I. K. Suwena and I. G. N. Widyatmaja, Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata, Denpasar: Pustaka Larasan, 2017.
[9] I. Setyanto and E. Pangestuti, "Pengaruh Kompone Destinasi Wisata (4A) Terhadap Kepuasaan Pengunjung Pantai Gemah Tulungagung," Jurnal Administrasi Bisnis, 2019.
[10] D. P. O. Prasiasa, Destinasi Pariwisata, Jakarta: Salemba Humanika, 2013.
[11] R. Roostika, "Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Cenderamataterhadap," Jurnal Manajemen dan Akuntansi Volume 1, Nomor 3, Desember 2012.
[12] C. D. Nusastiawan, Buku Pedoman Umum Desa Wisata, Bandung: Academia Edu, 2012.
[13] K. L. K. Philip Kotler, Manajemaen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2009.
[14] W. Sanjaya, Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
[15] Sugiyono, Metode penelitian kombinasi (mixed methods), ALFABETA, 2016.
[16] S. A. Arikunto, Prosedur PENELITIAN Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[17] U. Sekaran, Metode Penelitiaan Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2006.
[18] E. Setiawati, W. Ningsi and A. Khalim, "Pengembangan Kawasan Pertanian Sebagai Daya Tarik Wisata Gastronomi Pada Era New Normal Di Desa Randobawailir Kabupaten Kuningan," Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 2, 2021.
Published
2023-07-01
How to Cite
Setiawati, E., & Suryono, C. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN DALAM MEMBELI JENIS PRODUK CENDERAMATA DAN MAKANAN KHAS KOTA CIREBON. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(2), 229-240. https://doi.org/10.47492/jip.v4i2.2673
Section
Articles