penerapan PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 NGGAHA ORI ANGU PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 NGGAHA ORI ANGU PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

  • Novita Sari Hamanay Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yohana Makaborang Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Riwa Rambu Hada Enda Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran TTW, Media Gambar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW )pada mata materi sistem pernapasan manusia  di SMP N 2 Nggaha Ori Angu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) desain model Khemis & Mc Tanggart yang tediri dari kegiatan siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP N 2 Nggaha Ori Angu. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari prasiklus, siklus I, dan siklus II melalui pembelajaran yang dilakukan. Peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif pada tahap prasiklus senilai 20,6%, siklus I mencapai 41,3%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,7%. Pada aspek psikomotorik siklus II terdapat peserta didik yang predikat baik 21 siswa dengan persentase 72,41%, yang predikat cukup 5 siswa dengan persentase 17,24%, dan yang predikat kurang 3 siswa dengan persentase 10,34% nilai rata-rata seluruh peserta didik 75,28. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi pada materi sistem pencernaan manusia di SMP N 2 Nggaha Ori Angu.

References

[1] Kresnamurti, Y. N. (2015). Pengaruh Modifikasi Bola Terhadap Hasil Belajar Lay Up Dalam Pembelajaran Bola Basket Pada Siswa Kelas X SMK Pgri 4
Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015.

[2] Setyawan, Mesterjon, & Banat. (2022). Survei Tingkat Kemampuan Servis Bawah dan Servis Atas Permainan Bola Voli Siswa Kelas VIII SMP Tenera Agricinal Bengkulu Utara. 3(2), 15–17. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/edusport/article/view/2415/2106

[3] Dewi, A., Rajab, B., & Yusuf, Y. (2016). Kemampuan Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Banda Aceh Menanya Berdasarkan Objek Dalam Teks Biografi. Jurnal Ilmiah, 1(3), 8–18. https://jim.unsyiah.ac.id/pbsi/article/view/6906/2885#

[4] Ryanti, W. O., Sudirman, & Rapani. (2016). Penerapan Model Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. PEDAGOGI:Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2). http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26849997%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1111/jne.12374
[5 ]Artayasa, P., Fitriani, T., Handayani, B. S., & Kusmiyati. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Secara Online Terhadap Literasi Informasi Siswa SMA. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 641–648. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3558

[6] Kusniana, Kartijono, N. E., & Rahayuningsih, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Model Think Talk Write Materi Ekosistem Terhadap Hasil Belajar Siswa. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(2), 35–40. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/11348/6826

[7] Romauli, H. (2018). Meningkatkan Sikap Belajar Dan Hasil Belajar Pak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Pada Siswa Kelas Vii-1 Smp Negeri 1 Babalan Tahun Pelajaran 2018/19. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 15(3), 328–338. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/13417/11373

[8] Dewi, N. R., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT) Tipe Percontohan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PPKN Kelas IV SDN 3 Peresak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1465–1474. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/265

[9] Sibuea, M. F. L. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), 44–51. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/130

[10] Daha, S. K., & Lestari, P. B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas Viiismp Negeri 5 Kodi. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 3(2), 23–29. https://doi.org/10.33503/ebio.v3i02.101

[11] Kusniana, Kartijono, N. E., & Rahayuningsih, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Model Think Talk Write Materi Ekosistem Terhadap Hasil Belajar Siswa. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(2), 35–40. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/11348/6826

[12] Iskandar, R. (2020). Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Peserta Didik Dta At-Tawakal Kota Bandung. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 97–101. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3778

[13] Fatmawati, D. N., Santosa, S., & Ariyanto, J. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas X-1 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Bio-Pedagogi, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v2i1.5264

[14] Nuna, m. Y. Makaborang, & r. R, h. Enda (2023). Peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode mind mapping di SMA Negeri 1 Paberiwai

[15] Amah, A. A, L. V. O. Bano, & Nd. Y. (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri Satap Pulupanjang

[16] Hambarandi, Y. Y. Makaborang, & Nd. Y. (2023) Penerapan metode mind mapping berbantuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Waingapu
Published
2023-08-01
How to Cite
Hamanay, N., Makaborang, Y., & Enda, R. (2023). penerapan PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 NGGAHA ORI ANGU PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(3), 691-700. https://doi.org/10.47492/jip.v4i3.2665
Section
Articles