PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DIKELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH WAINGAPU
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah Waingapu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam kegiatan pra siklus, siklus I dan siklus II yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 25 orang. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Ranah hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif dan psikomotorik. Teknik pengumpulan data ranah kognitif menggunakan tes, sedangkan ranah psikomotorik menggunakan rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukan penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Muhammadiyah Waingapu. Peningkatan ranah kognitif siswa yang tuntas, pada tahap prasiklus mencapai 44%, siklus I mencapai 88% dan siklus II menjadi 100%. Sedangkan pada ranah psikomotor pada siklus I mencapai 69,2% dan siklus II mencapai 86,4%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah Waingapu pada materi sistem pernapasan manusia.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar
References
[2] Jannah, M.,H,F.,Y.,&Erita ,Y. (2021). Penerapan Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PKN Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (3), 992
[3] Prasetyo, A. (2016). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kreatifitas Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri Banyuanyar I Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal PGSD, Universitas Slamet Riyadi,3.
[4] Netriyani, D. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains Dan Humaniora. Vol 4. No. 2
[5]Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Infinity Jurnal, 3 (2), 164-173.
[6]Setyarini, R. (2019). Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1),30.
[7] Buzzan, T. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (mind mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar, 145.
[8] Kurniawati, D.D. (2010). Pengaruh Metode Mind Mapping Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Surakarta : UMS Surakarta ,23.
[9] Kustandi,C.(2020). Pengembangan Media Pembelajaran: konsep dan aplikasi pengembangan Media, 38.
[10] Azizah, S.N. (2015). Penerapan Metode Mind Mapping Siswa Kelas V SD Negeri Jomblangan Banguntapal Bantul, 101.
[11]Sunarti.(2020). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD N O6 Bogor
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.