ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK SOAL CERITA BERDASARKAN TEORI NEWMAN

  • Nyamik Rahayu Sesanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Merry Gratia Susan Bere Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Keywords: Kesulitan Belajar, Soal Cerita Matematika & Teori Newman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar siswa kelas III sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah matematika berbentuk soal cerita matematika berdasarkan teori Newman. Metode penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes dan wawancara terstruktur, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDK Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas III dalam menyelesaikan masalah matematika berbentuk soal cerita materi satuan baku panjang, berat dan waktu berdasarkan teori Newman yaitu (1) kesulitan membaca yang dihadapi siswa terdapat 31,25%, (2) kesulitan memahami yang dialami siswa terdapat 33,33%, (3) kesulitan transformasi yang dialami siswa terdapat 50%, (4) kesulitan keterampilan proses yang dialami siswa terdapat 50%, dan (5) kesulitan penulisan jawaban dialami 70,66%. Faktor-faktor yang menjadi penyebabnya adalah karena siswa tidak lancar membaca soal, siswa tidak mampu menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan, siswa sulit untuk menentukan rumus apa yang akan digunakan untuk proses penyelesaian dan siswa tidak mempu menarik kesimpulan pada proses akhir. Jadi dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbentuk soal cerita banyak dialami pada tranfortasi, ketrampilan proses dan penulisan jawaban.

References

[1] Rahmawati, A. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis pembelajaran pemecahan masalah kelas V sd negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, I(2), 30–37. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/jpm/article/view/1504/1423
[2] Wati, E., & Saragih, M. J. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung [Difficulties in Learning Mathematics Concepts in Algebra: A Case Study of Grade VII Students in ABC School Lampung]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 53. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.453
[3] Apriani, E. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Perbedaan Gender. Jurnal Issues in Mathematics Education (IMED), 2(1). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9245
[4] Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
[5] Ummi Khasanah, S. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Artikel Publikasi, 2.
[6] Surya, Intan Mada, Suastika, Ketut, Sesanti, N. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Operasi. 1(1), 25–33.
[7] Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719
[8] Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.
[9] Yulianingsih, A., & Dwinata, A. (2018). A NALISIS K ESALAHAN K ONSEP P ECAHAN PADA S ISWA K ELAS VII A Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2), 199–206.
[10] Rosita, D., & Rochmad. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Adversity Quotient Pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 5(2), 106–113. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
[11] Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550
Published
2020-11-25
How to Cite
Sesanti, N., & Bere, M. (2020). ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BENTUK SOAL CERITA BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1459-1464. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.264
Section
Articles