PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 MAULIRU

  • Antoneta Djawa Udju Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Riwa Rambu Hada Enda Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Keywords: Model pembelajaran; TPS; Think Pair Share; Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran koopertif Think Pair Share (TPS)  untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu kegiatan pra siklus, siklus I dan siklus II yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pencapaian hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif dan psikomotorik. Teknik pengumpulan data pada  ranah kognitif menggunakan post tes, sedangkan ranah psikomotorik menggunakan rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 4 Mauliru. Peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif  yang tuntas pada tahap pra siklus mencapai 43,75%, siklus I mencapai 62,5% dan siklus II menjadi 87,5%. Sedangkan pada ranah psikomotorik  pada siklus I mencapai 53,12% dan siklus II mencapai 71,8%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Mauliru pada materi sistem pernapasan pada manusia.

References

[1] Tarapanjang, G., Bano, V. O., & Ina A. T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMAN 1 Kahaungueti,Quagga J. Pendidik. dan Biol., vol. 14, no. 2, pp. 175–182, doi: 10.25134/quagga.v14i2.5747.
[2] Koi, Y. D., Bano, V. O., & Taranau O. K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Biologi Biogenerasi, 7(1), 225-230.
[3] Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 6, no. 2, pp. 149–160.
Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

[4] Wahab, J. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipt
[5] Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
[6] Asnimar. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Pada Kelas IV SD Negeri 001 Ukui Satu, Primary: Jurnal Pendidikan Guu Sekolah Dasar, 5(3), 113-116.

[7] Rusmaryanti, D. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share ) pada Siswa kelas VIII MTs Al Huda 2 Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Volume 22 (Nomor 3).
[8] Ita, R. & Leonard (2017). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jakarta. Jurnal Formatif. Vol 3(1). ISSN : 2088- 351X
[9] Meri. (2018). Keefektifan Model Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sukamaju Luwu Utara. Skripsi. Tidak diterbitkan. Program Sarjana Universitas Cokroaminoto Palopo.
[10] Huda, M. (2012:62). Cooperative learning: metode, teknik, struktural dan model terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[11] Sani, R. A. (2013:195). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Sinar Grafika Offset.
[12] Rosadi, A., Tryanto., & Aryuna, D. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII- A SMPN 17 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016". Jurnal Pendidikan Matemtika dan Matematika (JPMM) Solusi. Vol.1, No.1
[13] Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar- Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
[14] Fiteriani, I.,& Baharudin. (2017:3). Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif yang Berkombinasi Pada Materi IPA di MIN Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2) 1-30. 8(1), 26-31
[15] Qodriyah, R. L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas IV di MI podorejo sumber gempol tulung agung, (Skripsi tidak Diterbitkan)
[16] Afoan, M. Y., Sepe, F., & Djalo,A. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan (online),Volume: 1 Nomor: 10:2054- 2058 Journal.um.ac.id>jptpp > article > view.
[17] Saenab, S. & Puspita. (2012). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Mangkutana. Jurnal BionatureVol.13 No.2:127-135. http://ojs.unm.ac.id .
[18] Munafifah, E. (2016). Pembelajaran Think Pair Share dengan kesimpulan learning song sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir dan berkomunikasi serta membuat suasana menyenangkan siswa MTsn Blitar pada pokok bahasan suhu. Jurnal pendidikanIPA,(2)1.https://journal.unes a.ac.id/index.php/jppipa/article/downlo ad/578/419
[19] Kondang, D. D., V. O. Bano, & Ndjoeroemana, Y. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisio (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Nggoa, J.KRIDATAMA SAINS DAN Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 104–115.
[20] Nuna, M., Bano, V. Ok., & Njoeroemana, Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Mind Mapping di SMA Ngeri 1 Paberiwai. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7683-7692.
[21] Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021), Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research,5(1),40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.3178 9.
[22] Santra, P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 1(4), 307– 315. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.1296 2
[23] Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas Dengan Strategi Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 310- 318 https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.1945 6
[24] Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 21-128.
https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2 016
Published
2023-05-31
How to Cite
Udju, A., Bano, V., & Enda, R. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 MAULIRU. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 155-168. https://doi.org/10.47492/jip.v4i1.2613
Section
Articles